Contoh Teks Ceramah

contoh teks ceramah
contoh teks ceramah
pinterest.com

Contoh Teks Ceramah— Ketika mendengar kata ceramah, pasti kebanyakan dari kita akan terpikirkan tentang pemuka agama seperti pastor, pendeta, ustadz, dan lain-lain. Padahal, kenyataannya adalah semua orang bisa melakukan ceramah. Terlebih, untuk mendukung kegiatan ceramah ada yang dinamakan dengan contoh teks ceramah.

Di dalam artikel ini, Prasstyle.com akan membahas lebih lanjut lagi mengenai contoh teks ceramah singkat meliputi pengertian teks ceramah, struktur teks ceramah, kaidah kebahasaan teks ceramah, dan contoh teks ceramah.

Baca Juga : Contoh Teks Laporan Percobaan Beserta Penjelasanya

Apa Pengertian Contoh Teks Ceramah?

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), ceramah adalah pidato oleh seseorang di depan banyak pendengar mengenai suatu hal, pengetahuan, dan lain sebagainya. Orang yang berceramah disebut penceramah. Teks ceramah adalah teks yang dibutuhkan untuk mendukung kegiatan ceramah.

Teks ceramah memiliki perbedaan dengan teks pidato dan khotbah. Perbedaan tersebut terdapat pada isi teksnya. Pidato cenderung bersifat persuasif dan ingin mengubah persepsi/sikap/tindakan, memotivasi, dan mendapatkan dukungan.

Sedangkan teks khotbah pada umumnya bersifat menyampaikan pengetahuan mengenai keagamaan dan ajakan untuk memperkuat keimanan. Sementara itu, contoh teks ceramah singkat bersifat lebih umum dan bertujuan untuk menyampaikan pengetahuan berupa informasi tentang  isu tertentu.

Baca Juga : Contoh Teks Ulasan Terlengkap

Apa Saja yang merupakan Struktur Teks Ceramah?

contoh teks ceramah
pinterest.com

Berikut adalah beberapa contoh teks ceramah singkat beserta strukturnya

Terdapat 3 bagian yang menyusun contoh teks ceramah singkat beserta strukturnya :

  • Pendahuluan (Tesis)

Pendahuluan berisi pengenalan isu, masalah, ataupun sudut pandang pembicara tentang topik yang akan dibahasnya. Struktur tesis ini sama halnya dengan isi dalam teks eksposisi, yang disebut dengan isu.

  • Isi (Rangkaian Argumen)

Rangkaian argumen ini bersisi argumen pembicara yang barkaitan dengan pendahuluan atau tesis. Pada struktur ini dijabarkan pula sejumlah fakta yang memperkuat argumen-argumen pembicara.

  • Penutup (Penegasan)

Penutup berisi penegasan kembali atas pernyataan-pernyataan pada teks sebelumnya serta rangkuman dan kesimpulan atas isu yang dibahas.

Baca Juga : Pengertian Teks Editorial Lengkap dengan Contohnya

Kaidah Kebahasaan Teks Ceramah

soekarno
pinterest.com

Berikut ini merupakan kaidahkebahasaan contoh teks ceramah singkat :

  1. Menggunakan kalimat simpleks dan kompleks
  2. Menggunakan kalimat deklaratif atau imperatif
  3. Menggunakan kata sapaan

Baca Juga : Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Lengkap

Contoh Teks Ceramah Singkat

buku
pinterest.com

Setelah menyimak perihal pengertian teks ceramah, struktur teks ceramah dan kaidah kebahasaan teks ceramah. Kita sampai pada inti pembahasan yakni contoh teks ceramah singkat

Berikut adalah contoh teks ceramah singkat menurut Prasstyle.com

Contoh Teks Ceramah Singkat 1:

Ceramah oleh guru kepada muridnya

Selamat pagi anak-anakku,

Pada Senin pagi hari yang cerah ini, izinkanlah Bapak menyampaikan sedikit petuah untuk kalian semua. Tak lupa kita haturkan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa karena kita masih diberi nikmat sehat dan dapat berkumpul di lapangan ini tanpa suatu hal apapun. Ceramah upacara kali ini akan membahas “Remaja dan Dunianya”.

Anak-anakku,

Di usia remaja kalian saat ini adalah usia yang sering membuat gelisah orang tua. Memasuki usia remaja, manusia akan berpikir suatu hal baru yang dianggap masih tabu. Rasa penasaran dan ingin tahu itu menimbulkan tindakan untuk melakukan hal-hal yang dilarang.

Sikap ingin tahu tersebut yang berujung menjerumuskan pada pergaulan yang salah. Contohnya, tawuran, mencuri, dan hal lainnya. Fase kedewasaan ini, seorang remaja berada dalam tahap stress dan storm.

Karena kebutuhan mereka harus dipenuhi oleh orang tuanya. Kondisi ini juga dapat menyebabkan kelabilan emosi dan menimbulkan tindakan yang merugikan orang lain.

Anak-anakku, perlu di pahami lebih dalam perihal ini dengan membekali diri dengan agama, pendidikan, dan pembentukan karakter yang kuat. Sebab, pembentukan karakter adalah salah satu jalan untuk mengontrol perbuatan kenakalan remaja dan menyongsong masa depan yang cemerlang.

Kalian juga harus cerdas dalam memilah dan memilih teman bergaul di setiap lingkungan. Bentuklah ketahanan diri kalian agar tidak mudah terpengaruh jika bergaul dengan teman atau komunitas yang tidak sesuai harapan.

Mengikuti berbagai kegiatan positif baik di lingkungan sekolah, rumah, maupun lingkungan lainnya juga merupakan salah satu pembentukan ketahanan diri. Misalnya saja mengikuti komunitas olahraga bola basket, karang taruna, sepak bola, dan kegiatan-kegiatan baik lainnya.

Pilihlah bentuk kegiatan disukai yang bersifat positif agar tercipta kenyamaan dan menghindari kegiatan buruk. Mari bersama-sama kita lawan kenakalan remaja dan kriminalitas yang terjadi terhadap remaja. Remaja hebat, remaja harapan bangsa.

Baca Juga : Kumpulan Contoh Teks atau Paragraf Narasi

Contoh Teks Ceramah Singkat 2:

Ceramah tentang Literasi

Pentingnya Memperkaya Literasi

Literasi merupakan satu di antara modal utama yang harus terus ditingkatkan dalam menghadapi era revolusi 4.0 ini. Apalagi Indonesia sedang dalam keadaan darurat literasi. Hal tersebut dibuktikan melalui penelitian PISA yang menempatkan Indonesia di urutan ke-62 dalam minat membaca.

Di zaman yang serbacepat dan instan ini, kebutuhan akan pengetahuan yang kaya menjadi sangat penting. Literasi adalah kunci utama untuk mendapatkannya. Jika tidak, saya pikir kita akan dengan mudah tertinggal oleh zaman yang sedang terus berlari kencang melalui teknologi informasi dan komunikasi.

Kecepatan media teknologi informasi dan komunikasi juga membuat informasi mampu menyebar dengan cepat pada semua lapisan masyarakat. Tanpa literasi yang kaya, sesesorang akan mudah terhasut oleh berita bohong yang dapat menyebar jauh lebih cepat dari pesan kebaikan.

Literasi juga menjadi gerbang utama dalam menggapai masa depan abad ini. Bagaimana tidak, percepatan industri yang tak terkendali ini mungkin akan menumbuhkan ekonomi dengan cepat, tapi juga akan banyak memberikan permasalahan.

Mengapa demikian? karena sesuatu yang dikerjakan secepat mungkin akan jauh lebih rawan untuk mendapatkan masalah purna produksi. Maka dari itu, problem solving atau pemecahan masalah adalah salah satu kemampuan yang wajib dimiliki untuk menghadapinya. Dari mana kita mendapatkannya? lagi-lagi, literasi.

Baca Juga : Contoh Paragraf Deduktif dan Contoh Paragraf Induktif

Oleh karena itu, pemahaman akan suatu wawasan dalam teks pengetahuan atau literasi harus terus ditingkatkan. Kita tidak hanya bisa mengandalkan internet untuk mengetahui sesuatu. Wawasan itu untuk dikuasai, bukan untuk diingat apalagi diketahui melalui satu klik saja. Wawasan semacam itu justru hanya menyesatkan dan tidak dapat memberikan dampak baik bagi perkembangan diri.

Sumber:

Yusnita, Ria. 2020. Struktur dan Kebahasaan Teks Ceramah Bahasa Indonesia Kelas XI. Modul Pembelajaran SMA Bahasa Indonesia. Lebak: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah, Direktorat Sekolah Menengah Atas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *