Contoh Teks Editorial

Contoh Teks Editorial- Banyak sekali di jumpai dalam berbagai karya tulis istilah istilah asing yang sangat jarang kita temui. Istilah asing ini dapat berupa penjelasan, arti maupun makna dari suatu hal.

Tanpa di sadari, kamu sudah menemukan istilah asing tersebut misalnya contoh teks editorial yang ada pada koran, majalah, atau karya tulis yang sering kamu baca.

Dalam artikel ini tidak akan menjelaskan tentang semua istilah pada suatu karya tulis. Namun tertuju pada satu pembahasan inti yaitu contoh teks editorial.

Untuk itu, Prasstyle.com kali ini akan membahas apa saja perihal contoh teks editorial, struktur teks editorial, kaidah kebahasaan teks editorial, pengertian teks editorial, contoh teks editorial singkat, ciri ciri teks editorial.

Simak pembahasan ini secara tuntas agar dapat menambah wawasan dan pengetahuan kamu serta dapat berguna ketika mendapati perintah untuk mencari contoh teks editorial.

Dibawah ini pembahasan lengkap mengenai contoh teks editorial adalah sebagai berikut :

Baca Juga : Contoh Teks Berita Paling Lengkap Beserta Penjelasan dan Lain Lain

Pengertian Teks Editorial

contoh teks editorial
pinterest.com

Apa yang dimaksud dengan teks editorial?

Teks editorial merupakan teks yang berupa pendapat berdasarkan fakta yang di perkuat dengan data data valid. Teks ini sering juga disebut sebagai teks opini.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) teks editorial merupakan sebuah gagasan, ide pokok, pendapat, maupun pendirian seseorang yang ditulis berdasarkan kaidah kebahasaan teks opini.

Meskipun teks ini berupa opini atau pendapat, penulisannya disertai dengan bukti, fakta, dan argumentasi yang logis sehingga dapat memudahkan pembaca dalam memahami dan mencerna kalimat yang ada di dalam teks..

Umumnya teks editorial dapat berupa sebuah artikel pada surat kabar yang memuat pendapat atau pandangan redaksi terhadap sebuah kejadian yang aktual.

Opini yang di tulis dalam teks editorial dapat berupa masalah pendidikan, politik, sosial, ekonomi maupun budaya yang aktual dan umumnya terdapat tali penyambung signifikan dengan kebijakan.

Opini yang ada pada penulisan teks editorial dapat berupa kritik, saran, penilaian, nasehat, prediksi, masukan, ataupun harapan.

Pada teks ini mengandung argumentasi yang memperkokoh sikap penulis terhadap masalah yang dibahas dalam teks berupa pernyataan ahli, data penelitian, rekam jejak, survey para ahli, dan fakta menurut referensi terpercaya.

Baca Juga : Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Terlengkap (Pengertian, Ciri Ciri, Struktur)

Ciri Ciri Teks Editorial

contoh teks editorial
pinterest.com

Pembahasan selanjutnya tertuju ciri ciri teks editorial yang dapat mempermudah kamu dalam menentukan sebuah teks tergolong teks editorial atau bukan.

Dibawah ini ciri ciri teks editorial adalah sebagai berikut :

  • Topik / tema tulisan teks editorial selalu hangat atau bersifat aktual dan faktual (sering diperbincangkan dan berkembang luas oleh masyarakat)
  • Teks editorial bersifat sistematis dan logis
  • Teks editorial adalah sebuah opini, pendapat, atau gagasan yang bersifat argumentatif
  • Kalimat contoh teks editorial singkat, padat, dan jelas.
  • Menarik minat pembaca (Audien)

Baca Juga : Contoh Teks Inspiratif +++ (Penjelasan, Struktur, dan Kaidah)

Kaidah Kebahasaan Contoh Teks Editorial

contoh teks editorial
pinterest.com

Dalam setiap teks pasti ada yang namanya kaidah kebahasaan. Kaidah kebahasaan ini perlu di perhatikan selain ciri ciri teks editorial.

Selain perlu memahami ciri ciri teks editorial, kamu juga harus memahami kaidah kebahasaan teks editorial sebelum kamu menyusunnya. Karena pada bagian ini sangat penting yang berpengaruh pada isi teks

Dibawah ini kaidah kebahasaan teks editorial adalah sebagai berikut :

  • Adverbia : yakni kata keterangan yang menggambarkan hubungan dengan kerapatan kejadian
  • Konjungsi: yakni kata hubung misalnya sesungguhnya, bahkan, malahan, dan lain lain
  • Verba Material: yakni kata kerja menunjukan peristiwa, kejadian, atau perbuatan fisik
  • Verba Relasional: yakni kata kerja menunjukan hubungan intensitas dan milik
  • Verba Mental: yakni kata kerja hubung menerapkan afeksi, persepsi, dan kognisi

Baca Juga : Contoh Paragraf Argumentasi Paling Lengkap

Jenis Jenis Teks

koran
pinterest.com

Umumnya contoh teks editorial memuat ajakan pada audien untuk ikut berpikir dalam peristiwa yang sedang terjadi dan hangat di sekitar kita.

Contoh teks editorial terbagi menjadi tiga jenis yaitu interpretative editorial, controversial editorial dan explanatory editorial.

Berikut penjelasanya

  • Interpretative Editorial

Contoh teks editorial jenis ini memiliki tujuan untuk menjelaskan isu. Teks ini menyajikan fakta dan figur untuk memberikan pengetahuan kepada audien.

  • Controversial Editorial

Contoh teks editorial jenis ini bertujuan untuk meyakinkan pembaca (audien) terhadap keinginan atau menumbuhkan kepercayaan pada suatu isu. Pada teks jenis ini umumnya pendapat yang berlawanan dengan inti akan digambarkan lebih buruk.

  • Explanatory editorial

Contoh teks editorial jenis ini bertujuan untuk mengidentifikasi suatu isu dan membuka mata pembaca untuk memperhatikannya. Umumnya memuat peristiwa atau suatu isu agar dinilai oleh pembaca.

Baca Juga : Contoh Teks Biografi Para Tokoh Paling Berpengaruh di Dunia

Struktur Teks Editorial Adalah

buku
pinterest.com

Dibawah ini struktur teks editorial adalah sebagai berikut :

  • Pernyataan Pendapat (Thesis Statement)

Struktur yang pertama yaitu pernyataan pendapat atau biasa disebut tesis. Tesis merupakan struktur dalam mengemukakan topik yang akan disampaikan dan umumnya berada di awal paragraf.

  • Argumentasi (Arguments)

Pada struktur ini berisi penyampaian fakta yang terjadi dan mengomentari atau memberi opini terhadap fakta menurut sudut pandang penulis. Argumentasi bertujuan untuk memengaruhi dan meyakinkan audien.

  • Pernyataan Ulang (Reiteration)

Pada struktur teks editorial ini merupakan penutup opini yang memuat penegasan kembali dari tesis dan argumentasi sehingga membuat pembaca lebih yakin dan percaya.

Baca Juga : Contoh Paragraf Deskripsi Beserta Pengertian Secara Lengkap

Contoh Teks Editorial Berserta Strukturnya

contoh teks editorial
pinterest.com

Dibawah ini contoh teks editorial adalah sebagai berikut :

  • Contoh Teks Editorial Beserta Strukturnya

Dikutip dari Brilio.net

Pernyataan Pendapat

Indonesia sering disebut sebagai satu di antara paru-paru dunia. Mengapa disebut demikian? Tidak lain dan tidak bukan karena luasnya wilayah tropis di Indonesia.

Wilayah hutan yang luas menyumbang banyak oksigen yang dibutuhkan masyarakat. Namun, apakah ini akan terus berlanjut melihat tingginya kerusakan hutan dan kebakaran hutan di Indonesia?

Argumentasi

Dari Januari hingga Mei, tercatat kebakaran di Indonesia sudah seluas 42.740 hektar. Kebakaran sudah seperti agenda tahunan di Indonesia. Kebakaran hutan bisa disebabkan oleh musim kemarau yang panjang atau ulah manusia sendiri.

Padahal, hutan memiliki banyak peran bagi kelangsungan makhluk hidup. Bukan hanya sebagai habitat makhluk hidup di dalamnya, tetapi juga bagi manusia.

Pernyataan Ulang

Oleh karena itu, sebaiknya masyarakat bersama pemerintah bersama-sama memberi perhatian lebih terhadap hutan di Indonesia karena pada dasarnya, hutan tersebut hanya titipan yang akan kita wariskan kepada anak cucu kita.

  • Contoh Teks Editorial di Koran

Pemilu (Pemilihan umum) Presiden dan Anggota Dewan telah usai beberapa bulan yang lalu. Walaupun telah usai, tidak membuat semua berjalan dengan lancar layaknya yang di harapkan. Sebab ada beberapa pihak yang menuding didapati pelanggaran dan kecurangan yang dilakukan oleh salah satu calon.

Isu tentang kecurangan tersebut sempat pernah membuat suasana politik negeri memanas, hal ini terlihat dari bincangan masyarakat dan postingan media sosial yang meluas.

Masalah kecurangan ini seharusnya tidak dibiarkan bergulir begitu saja sebab dikhawatirkan isu ini akan merebak dan menjalar sehingga dapat memecah belah persatuan dan kesatuan.

Peran Banwaslu dan pemerintah sangat ditunggu oleh masyarakat. Minimal dapat meredakan situasi dan kondisi yang terjadi.

Banwaslu dan Pemerintah wajib bersikap fair, walaupun hal ini dirasa cukup menyulitkan. Meninjau dari beberapa waktu lalu terdapat indikasi yang mengisyaratkan Pemerintah mendukung salah satu pasangan calon.

  • Contoh Teks Editorial Tentang Kesehatan

Pernyataan Pendapat (Tesis)

Tahun lalu banyak penduduk yang mengadu perihal pelayanan kesehatan yang ada di rumah sakit Indonesia. Satu dari sekian keluhan masyarakat tersebut yaitu penanganan dokter dan tenaga kesehatan untuk melayani pasien yang kurang maksimal.

Argumentasi

Selayaknya pemerintah lebih paham dan mengutamakan segi kesehatan masyarakat dengan cara meningkatkan mutu di setiap rumah sakit di Indonesia. Hal ini dilakukan tak lain dan tak bukan demi meningkatkan pelayanan dan memberikan kepuasan terhadap pasien.

Terdapat 268 pengaduan yang telah dilaporkan masyarakat kepada Kementerian Kesehatan. Namun, fakta dilapangan tidak sedikit laporan yang belum diterima. Pengeduan tersebut berisi bahwa masyarakat masih kurang puas pada pelayanan dan fasilitas rumah sakit yang di berikan.

Pernyataan Ulang

Masyarakat terus berharap agar mendapatkan haknya dan peningkatan pelayanan dan fasilitas rumah sakit yang ada di Indonesia yang lebih maksimal sehingga membuat pasien menjadi lebih nyaman.

Leave a Reply

%d bloggers like this: