Contoh Teks Inspiratif

Dalam seluruh pelajaran yang ada di sekolah khusunya mata pelajaran indonesia pasti mempelajari jenis jenis teks. Jenis jenis teks tersebut dapat di gunakan dalam surat perintah, maupun surat keterangan lainya. Dari sekian banyak teks, kali ini kita akan mempelajari tentang penjelasan lengkap dan contoh teks inspiratif.

Berikut di bawah ini pembahasan lengkap tentang contoh teks inspiratif dan struktur strukturnya.

Selamat membaca:)

Pengertian Teks Inspriratif

contoh teks inspiratif
pinterest.com

Contoh Teks Inspiratif, atau cerita inspiratif adalah rangkaian cerita yang berbentuk narasi. Cerita yang disajikan dalam teks inspiratif biasanya diambil dari kisah hidup seseorang, rekaan, atau kisah-kisah yang dikutip dari perilaku binatang di kehidupan yang nyata.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kata inspiratif berasal dari kata inspirasi atau ilham. Dalam contoh teks inspiratif ini pembaca akan disajikan banyak pembelajaran moral maupun sosial dengan tujuan agar mampu menambah dan memacu semangat pada diri mereka. Pembaca akan terinspirasi dan termotivasi sehingga terketuk hatinya dan tergugah supaya menjadi insan yang lebih baik.

Sama seperti jenis teks lainnya, contoh teks inspiratif tentunya juga memiliki struktur atau bagian yang akan menyusun teks tersebut menjadi padu dan sesuai. Lalu, sulitkah bagi kita untuk membuat contoh teks inspiratif ini? Mari kita pelajari selengkapnya!

Baca Juga: 

Contoh Teks Pidato Persuasif

Ciri-ciri Kalimat Efektif & Contohnya

Struktur Contoh Teks Inspiratif

contoh teks inspiratif
pinterest.com

Contoh teks inspiratif memiliki 5 struktur yang berfungsi sebagai pembangun cerita. Kelima struktur tersebut memiliki peran yang besar sebagai penentu kesempurnaan teks inspiratif.

Kelima Struktur Contoh Teks Inspiratif Sebagai Berikut:

  • Orientasi: Orientasi merupakan tahap awal dalam teks inspiratif. Dimana pada bagian ini akan dijelaskan pembukaan dan gambaran tentang kisah yang akan disajikan seperti pengenalan tokoh dan latar belakang cerita. Sebagai penulis teks inspiratif kalian harus membuat orientasi dengan kalimat-kalimat pilihan yang menarik. Sehingga membuat pembaca kalian merasa penasaran hingga mereka menjadi tertarik untuk membaca kisahnya sampai selesai.
  • Rangkaian Peristiwa: Rangkaian peristiwa merupakan tahap kedua dan termasuk bagian inti dalam contoh teks inspiratif. Pada tahap ini penulis akan menyajikan sebuah kisah mulai dari awal sampai munculnya konflik. Umumnya pada bagian ini semua tokoh, setting dan alur cerita akan ditampilkan.
  • Komplikasi: Komplikasi merupakan tahap ketiga dari struktur teks inspiratif. Pada tahap ini akan menceritakan mengenai puncak permasalahan atau klimaks dalam kisah tersebut. Tahap ini juga menjadi tanda bahwa kisah yang di sajikan akan segera berakhir.
  • Resolusi: Resolusi merupakan tahap yang berisi tentang penyelesaian konflik dalam sebuah cerita pada bagian komplikasi.
  • Koda. Koda biasanya berisi mengenai kesimpulan dari seluruh kisah yang disajikan dalam teks inspiratif. Kesimpulan ini berupa pesan, pelajaran, dan nilai moral yang di dapat dalam teks tersebut.

Setelah kamu memahami struktur isi contoh teks inspiratif, kamu akan mudah untuk membuat dan menganalisa teks inspiratif. Kamu harus memberikan perhatian yang khusus dalam membuat struktur teks inspiratif, sebab jika kurang atau salah pada satu bagian saja,teks kalian akan terlihat berantakan dan terkesan ngawur.

Terdapat banyak jenis contoh tema teks inspiratif seperti tema persahabatan, kehidupan, alam, binatang, dan lain-lain. Lalu, seperti apa sih contoh-contoh teks inspiratif?

Baca Juga: Contoh Teks Prosedur Sederhana

Contoh Teks Inspiratif Beserta Strukturnya

contoh teks inspiratif
pinterest.com

Berikut dibawah ini adalah contoh teks inspiratif beserta strukturnya yang dapat kamu pelajari dengan mudah.

1. Pahlawan di Balik Covid-19

Orientasi

Sejak wabah covid-19 melanda Indonesia, perawat muda bernama mbak Safitri sudah ditugaskan menjadi tenaga kesehatan di Rumah Sakit Gunawan Sukoharjo. Beliau yang masih terbilang muda itu sangatlah totalitas dalam melayani pasien. Orangtua nya pun sangat mengapresiasi kinerja nya.

Rangkaian Peristiwa

Meski Mbak Safitri sudah totalitas dalam bekerja, tetap saja ia sering diremehkan karena usianya dianggap masih muda. Istilahnya, dirasa belum memiliki pengalaman. Tentu ini membuat Mbak Safitri sakit hati. Namun, ia membulatkan tekadnya untuk terus bekerja guna menyembuhkan pasien-pasiennya.

Komplikasi

Nasib Mbak Safitri ditakdirkan untuk tidak dapat tinggal dengan nyaman di rumah orang tuanya. Sebab, selain di rumah sakit ia diremehkan oleh orang-orang yang berada di tempat kerjanya, di lingkungan kontrakannya pun orang-orang juga menjauh melihatnya. Semua orang takut Mbak Safitri membawa virus dan menular kepadanya. Bahkan, Mbak Safitri juga pernah mendengar dari mereka kalau virus Corona hanyalah konspirasi. Sungguh menyakitkan sekali!

Resolusi

Akan tetapi, semua masalah yang dihadapi oleh mbak safitri, ia memilih untuk fokus bekerja. Bekerja untuk membantu orang-orang yang pada saat ini sedang membutuhkan jasanya. Beberapa pasien yang dinyatakan sembuh banyak memuji Mbak Safitri dan teman-temannya. Katanya, pahlawan itu ternyata memang kalian. Kalian yang sudah melayani kami dengan maksimal dan totalitas! Mbak Safitri berharap, mudah-mudahan dunia kembali seperti semula. Bahkan lebih dari itu, ia berharap agar semua orang mematuhi protokol kesehatan dan peduli akan kesehatan.

Koda

Pesan moral dalam cerita:

Bekerja dengan totalitas seperti yang diaplikasikan Mbak Safitri memunculkan keikhlasan. Diuji oleh berbagai macam ujian, ia tetap kuat. Dia adalah salah satu dari sekian banyak pahlawan yang patut kita apresiasi.

2. Kisah Kupu-Kupu dan Kepompongnya

kumbang
prasstyle.com

Orientasi

Seorang anak sedang bermain dan menemukan kepompong kupu-kupu di sebuah dahan yang rendah. Diambilnya kepompong tersebut dan ia melihat ada lubang kecil disana.

Rangkaian Peristiwa

Anak itu tertegun mengamati lubang kecil tersebut karena ia melihat ada seekor kupu-kupu yang sedang berjuang untuk keluar dan membebaskan diri lewat lubang tersebut. Lalu tampaklah kupu-kupu itu berhenti mencoba, dia nampak sudah berusaha semampunya dan kelihatannya sia-sia untuk keluar melalui lubang yang kecil dari ujung kepompongnya.

Komplikasi

Melihat hal itu, si anak merasa iba dan bermaksud ingin membantu kupu-kupu tersebut keluar dari kepompong nya. Ia mengambil sebuah gunting lalu mulai memotong bagian kepompong agar si kupu-kupu bisa keluar dan terbang. Namun ia salah, kupu-kupu itu hanya merangkak di tanah dengan tubuh yang bulat dan kecil juga sayap yang masih berkerut tidak mengembang sempurna.

Resolusi

Si anak sepertinya tidak tahu bahwa kupu-kupu perlu berjuang dengan usahanya sendiri untuk membebaskan diri dari kepompong nya. Lubang kecil yang menjadi jalan keluar nya akan memaksa tubuhnya mengeluarkan cairan dari tubuhnya yang yang akan masuk kedalam sayap-sayapnya agar ketika keluar akan mengembang sempurna dan ia siap terbang.

Koda

Pesan moral dalam cerita:

Dalam mencapai cita-cita dan tujuan hidup, perlu bagi kita untuk berusaha dengan kemampuan diri kita sendiri. Karena itulah yang nantinya akan menentukan jati diri kita. Apabila kita berjaya tanpa menggunakan usaha kita sendiri, sesungguhnya kita sama saja. Kita masih nol dalam apapun.

Baca Juga: Contoh Teks Negosiasi

3. Contoh Teks Inspiratif Persahabatan

Orienasi

Dikatakan bahwa dua orang telah berteman, Andy dan Azka. Andy adalah tipe orang pendiam yang selalu memahami karakter Azka. Azka adalah tipe orang yang suka berbicara, jadi dia terkadang menyakiti orang.

Rangkaian Peristiwa

Meski persahabatan mereka sudah terjalin sejak SD, Andy terkadang tersakiti oleh karakter Azka. Andy sering bergumam, kenapa karakter sahabatnya tidak berubah sejak awal?

Komplikasi

Suatu ketika, Andy menasehati Azka. Dia berkata: “Azka, kamu bisa mengubah karaktermu! Jika ini terus berlanjut, semua orang di sekitarmu bisa menjauh, termasuk aku.” Azka menjawab: “Kamu adalah sahabatku Andi. Kamu lebih tahu bagaimana aku dari awal. Kamu adalah orang yang selalu mengerti karakterku. Tapi jika kamu tidak tahan dengan karakterku, ayolah, jika persahabatan kita ingin berakhir di sini. “

Resolusi

Sebagai sahabat Azka, niat Andy sangat baik. Dia sangat kesal dengan kepribadiannya yang lugas sehingga dia menyarankannya untuk mulai berubah. Namun, di sisi lain, ia merindukan kebaikan yang Azka tunjukkan padanya sejak mereka masih kecil, jadi ia menerimanya. Selama beberapa hari berikutnya, Andy tidak memaksa Azka untuk dapat berubah. Andi yakin Azka pasti menyadari bahwa tidak baik menyakiti orang lain, bahkan jika dia tidak diminta.

Koda

Dalam persahabatan, terkadang kita perlu membangunkan sahabat. Ini untuk teman-teman kita. Tetapi ketika mudah untuk mengakhiri persahabatan anda dengan teman masa kecil anda, pikirkan lagi. Karena teman-teman kita mungkin telah menunjukkan banyak kebaikan kepada kita. Dalam persahabatan, jika teman kita menolak untuk menerima nasihat (terutama tentang perubahan sikap), yakinlah saja bahwa suatu hari dia bisa berubah.

Baca Juga: Contoh Teks Eksplanasi

4. Contoh Teks Inspiratif Ibu

contoh teks inspiratif
pinterest.com

Orientasi

Toko florist Pak Tono sedang kebanjiran pesanan. Ia sangat sibuk memuat ratusan karangan bunga ke atas mobil baknya. Ditengah kesibukannya itu, seorang gadis muda tiba-tiba datang menghampirinya, lalu berkata

“Maaf pak, berapa harga untuk karangan bunga yang kecil itu?”

Pak Tono masih menghiraukannya untuk beberapa menit, kemudian ia menjawab “Rp.50.000, nak” jawabnya.

“Maaf pak, adakah yang Rp. 30.000 saja?” balas gadis itu.

Pak Tono menatap wajah gadis itu dan tersadar sepertinya gadis itu baru berumur belasan tahun dan mungkin baru menginjak bangku SMP. Hanya saja postur badannya hampir mengelabui Pak Tono. Ia lantas balik bertanya

“Untuk siapa bunga itu nak? Kamu boleh mengambil nya dengan Rp. 30.000 saja” jawabnya sembari tersenyum.

“Terima kasih pak, bunga itu untuk Ibu saya”.

Rangkaian Peristiwa

“Apa kamu ke sini jalan kaki? Lalu hendak pulang kemana?”

“Ke arah Sukamadu pak,” Jawab gadis itu.

“Saya kebetulan akan menuju ke arah sana, kalau kamu mau sekalian bapak antar saja” Awalnya, gadis itu tampak ragu, namun pada akhirnya ia menerima tawaran Pak Tono.

Kemudian Pak Tono berangkat bersama dengan gadis yang membeli satu karangan bunga tadi.

“Kamu nanti bilang mau berhentinya di mana ya” “Iya pak, sebentar lagi akan sampai

Beberapa saat kemudian, dari kejauhan Pak Tono melihat kerumunan di dekat gapura sebuah pemakaman umum.

“Inalillahi, sepertinya ada yang sedang dimakamkan nak” ucap Pak Tono sembari mengurangi laju kendaraannya.

Komplikasi

Perempuan itu tidak mengindahkan nya dan meminta pak Tono untuk menghentikan mobilnya. “Saya akan turun di depan pak”. Pak Tono kemudian menepikan mobilnya di depan gapura TPU yang telah ia lihat dari kejauhan. Gadis itu lantas turun dan mengucapkan terima kasih kepada pak Tono dengan senyum yang menutupi air matanya. Pak Tono terdiam sejenak sembari melihat gadis itu memasuki gerbang pemakaman.

Resolusi

Lalu ia memutarbalikkan mobilnya dan menancapkan gas sekencang-kencangnya. Ia tidak lagi mempedulikan pesanan bunga yang harus ia hantar. Pikirannya hanya terfokus pada rumah orangtua nya yang berjarak sangat jauh dari pusat kota.

Koda

Sudah terbilang dua tahun lebih Pak Tono tidak sempat pulang untuk menjenguk ibunya. Mengingat peristiwa tadi, ia tersadar betapa beruntungnya karena ibunya masih diberi kesehatan hingga masih mampu mengenjakkan kakinya di dunia ini. Padahal, gadis tadi nampak masih sangat muda dan kemungkinan besar ibunya pun meninggal di usia yang juga jauh lebih muda dibandingkan dengan orangtua Pak Tono. Terkadang apa yang kita miliki akan terasa lebih berharga ketika kita akan melihat kemungkinan terburuk kedepannya.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami

5. Contoh Teks Inspiratif Diri Sendiri

beribadah
prasstyle.com

A. Rasa sakit yang ku balas dengan kebahagiaan

Orientasi

Saat masih berumur 6 tahun, orang tuaku berpisah dan aku harus diasuh oleh nenekku. Kami hidup dalam kemelaratan, aku bahkan harus menggunakan karung goni untuk pakaianku. Sampai suatu hari, nenekku jatuh sakit parah dan aku harus tinggal bersama ibuku.

Ibuku ialah seorang ART yang menghabiskan sebagian besar waktunya hanya untuk bekerja. Saat umur 9 tahun, aku mendapatkan pelecehan seksual secara bergiliran oleh sepupu, paman, dan temanku. Akhirnya aku lari dan kabur dari rumah pada usia 13 tahun dengan keadaan tengah hamil.

Rangkaian Peristiwa

Saat usiaku 14 tahun aku melahirkan bayi pertamaku. Sayangnya, ia harus meninggal dalam kandungan. Lalu aku mengunjungi ayahku yang bekerja sebagai tukang cukur rambut di Tennessee. Saat itulah aku meluapkan segala kekecewaan dan kesedihanku untuk kujadikan pelajaran. Lalu aku mulai sekolah.

Komplikasi

Kerja kerasku tak sia-sia, aku menjadi salah satu siswa unggulan dan lulus sebagai siswa terbaik. Aku juga memenangkan banyak penghargaan dalam bidang berpidato.

Resolusi

Aku kemudian kuliah di Tennessee State University dan mengambil kuliah jurusan Komunikasi.

Di samping waktu kuliah, aku bekerja part time sebagai penyiar di radio lokal. Setelah lulus, aku mulai menapak karir di dunia pertelevisian. Tidak mudah menjadi orang kulit hitam untuk berkarir di dunia televisi karena dianggap kurang menarik.

Koda

Pesan moral dalam cerita:

Akan tetapi aku memiliki mimpi besar dan tidak ingin menyerah. Di usia 19 tahun aku akhirnya menjadi wanita kulit hitam pertama yang menjadi pembawa berita acara. Aku ditunjuk menjadi news anchor di program AM Chicago, acara yang kemudian menjadi program televisi paling banyak di tonton di Amerika Serikat pada saat itu. Pada 1986, AM Chicago merubah namanya menjadi Oprah Winfrey Show.

B. Penebang Kayu

Orientasi

Suatu ketika, seorang pemuda yang sangat kuat dan gagah meminta pekerjaan pada salah seorang saudagar kayu, dan akhirnya dia mendapatkannya. Upah yang diberikan sesuai dengan keinginannya, lokasi pekerjaannya pun sangat dekat dengan rumahnya. Oleh karena itu, si pemuda berjanji untuk bekerja dengan sungguh-sungguh. Akhirnya, saudagar memberinya kapak dan menunjukkan kawasan tempat penebangannya. Hari pertama Sang pemuda membawa 21 batang pohon.

“Luar biasa pemuda, kamu sangat hebat! bisa membawa pulang kayu sebanyak ini dalam waktu satu hari,” kata saudagar kayu yang merupakan atasannya sekarang.

Rangkaian Peristiwa

Termotivasi oleh perkataan itu, sang pemuda menebang kayu dan mengerahkan usaha yang lebih keras keesokan harinya. Tetapi, hari itu ia hanya mampu membawa 17 batang pohon. Hari ketiga dia berusaha lebih keras lagi, tapi dia hanya bisa membawa pulang 10 pohon. Hari demi hari berlalu, jumlah pohonnya semakin berkurang.

Komplikasi

“Aku pasti telah kehilangan kekuatanku,” pikir pemuda itu. Dia menemui saudagar kayu dan meminta maaf, dan mengatakan bahwa dia tidak mengerti atas apa yang sedang terjadi.

Resolusi

“Kapan terakhir kali kau mengasah kapak yang kau gunakan wahai pemuda?” si saudagar itu bertanya. “Mempertajamnya? Saya sama sekali tidak memiliki waktu untuk mengasah kapak saya. Saya sangat sibuk mencoba menebang pohon dan hanya menebang pohon.”

Koda

Pesan moral dalam cerita:

Terkadang bekerja dengan keras saja tidaklah cukup untuk menggapai kesuksesan. Kita juga perlu bekerja dengan cerdas! Pemuda itu sebenarnya memiliki potensi yang hebat dan tangguh untuk memotong kayu. Sayangnya, ia tidak mempunyai sikap yang tepat untuk dapat berhasil dalam tugas itu. Akan tetapi, melalui kerja keras dan sikap yang cerdas, tidak akan ada yang mustahil dalam hidup ini.

C. Siswa yang Suka Menyontek

Orientasi

Putra adalah siswa yang duduk di bangku kelas 3 SMP. Ia adalah siswa yang selalu mendapatkan juara di urutan pertama dikelas saat ulangan maupun ujian.

Rangkaian Peristiwa

Dan ketika waktu ulangan tiba, siapa sangka ternyata Putra adalah siswa yang gemar menyontek saat ulangan. Ia mengerjakan ulangan dengan tidak jujur. Ia selalu membawa catatan kecil yang ia sembunyikan di loker mejanya. Dan itulah yang selama ini membantunya mendapatkan juara di kelas.

Komplikasi

Tibalah saat Ujian Nasional yang mana peraturan sangat ketat dan Putra sama sekali tidak memiliki celah untuk menyontek. Dan nilai nya kali ini benar-benar hancur. Ia tidak lulus SMP dan harus mengulang tahun depan.

Resolusi

Ia ditegur oleh guru perihal nilai nya yang tiba-tiba menjadi sangat buruk. Lalu ia menceritakan semua yang terjadi dan ia sangat menyesali hal itu. Lalu ia berjanji untuk tidak mengulanginya lagi dan berjanji akan belajar sungguh-sungguh.

Koda

Pesan moral dalam cerita:

Dalam belajar kita harus melakukan nya dengan bersungguh-sungguh dan jujur. Jangan sampai menyontek atau melakukan hal tidak terpuji yang lainnya. Ketika kita menyontek saat ulangan maupun ujian dan mendapatkan hasil yang sangat memuaskan, itu akan percuma saja. Percuma kita mendapatkan nilai yang bagus saat kita sendiri tidak memiliki apapun di otak kita. Karena kita mendapatkan nya dari menyontek. Bukan dengan usaha kita sendiri. ?

Baca Juga: Kumpulan Contoh Teks atau Paragraf Narasi

6. Contoh Teks Inspiratif Singkat

Orientasi

Alkisah, terdapat seorang pengusaha yang memiliki hutang pada seorang rentenir tua. Rentenir itu ternyata tertarik dengan anak gadis si pengusaha.

Rangkaian Peristiwa

Suatu hari, ia datang dengan memberikan sebuah penawaran besar kepada si pengusaha. Ia bisa saja mengikhlaskan hutang si pengusaha asal ia diperbolehkan menikahi anaknya. Si pengusaha pun menolak keras tawaran dari si rentenir tua itu. Tapi, rentenir itu tidak menyerah dan justru mengajukan sebuah penawaran baru lagi.

Komplikasi

Ia lantas mengambil dua batu dan dimasukkannya baru itu ke dalam kantung, si pengusaha diminta untuk mengambil satu buah batu dari kantung itu. Jikalau ternyata yang ia ambil adalah batu hitam, maka hutang si pengusaha akan dicoret tapi anak gadisnya akan dinikahi oleh si rentenir. Si pengusaha lantas menyetujui usulan itu. Mereka kemudian mengambil dua batu dari pekarangan rumah. Ketika mengambil batu, pengusaha itu melihat kalau si rentenir memasukkan dua batu hitam ke kantung.

Resolusi

Pengusaha itu berpikir keras untuk keluar dari kondisi yang tidak menguntungkannya itu. Saat kantung disodorkan padanya, ia mengambil satu batu dan ia berpura-pura tersandung lalu menjatuhkan batunya.

“Aduh, maafkan atas kecerobohanku, Tuan. Aku sudah mengambil satu batu tapi batu itu terjatuh. Mungkin kita bisa memakai warna batu yang tersisa, karena tentunya saya mengambil batu yang sebaliknya,” kata si pengusaha itu.

Koda

Pesan moral dalam cerita:

Rentenir tua pada contoh teks diatas merupakan gambaran atas seseorang yang menghalalkan segala cara baik benar maupun salah untuk mencapai tujuan. Pantang menyerah adalah hal yang sangat baik dan utama, tapi bagaimana caramu mendapatkan nya dan mencapai hasilnya juga penting. Dengan cara menipu, merampas, dan memanfaatkan orang lain suatu ketika akan membuatmu sangat merugi nantinya.

7. Contoh Teks Inspiratif Pendidikan

Orientasi

Dikisahkan ada seorang pemuda yang tinggal di desa terpencil di suatu daerah dekat dengan ibukota. Namanya Hasan, tinggal di sebuah gubuk reyot bersama neneknya. Neneknya bekerja sebagai buruh cuci di lingkungan sekitar tempat tinggal mereka.

Rangkaian Peristiwa

Hasan adalah pemuda yang duduk di bangku kelas 3 SMP. Ia adalah murid yang rajin dan cerdas, ia selalu mendapatkan rangking teratas di kelasnya. Sampai tiba waktu kelulusan dan ia menjadi murid teladan di sekolah nya. Namun, dengan keadaan ekonomi yang sulit Hasan tidak melanjutkan pendidikan ke tingkat SMA. Dan memilih membantu serta merawat neneknya dirumah.

Komplikasi

Neneknya selalu menyayangkan keputusan Hasan untuk berhenti sekolah. Karena Hasan memiliki prestasi dan potensi yang cukup besar. Tapi Hasan adalah Hasan.. Ia lebih menyayangi neneknya dan tidak ingin neneknya membanting tulang untuk membiayai pendidikan Hasan lagi. Walaupun terkadang ia juga merasa ingin seperti teman-temannya yang lain. Yang bisa bersekolah dan mengembangkan ilmu di dalam kelas.

Resolusi

Dan sampailah berita itu kepada kepala sekolah SMP nya dahulu. Ketika mengetahui Hasan tidak melanjutkan sekolahnya, sang kepala sekolah beserta stafnya mendatangi rumah Hasan. Mereka bertemu dan membicarakan perihal keputusan Hasan yang sangat merugikan dirinya. Sampai akhirnya, sang kepala sekolah memberikan rekomendasi ke SMA favorit di kotanya. Hasan di daftarkan disana, dan ia tidak perlu membayar uang SPP dan lain-lain. Karena atas kecerdasannya, sang kepala sekolah memberikan hadiah berupa sekolah gratis dan beasiswa sampai ke Perguruan tinggi.

Koda

Pesan moral dalam cerita:

Dari kisah diatas, kita dapat mengambil pelajaran bahwa pendidikan merupakan hal yang penting. Pendidikan adalah jembatan untuk kita meraih mimpi yang kita inginkan. Terkadang mungkin ada teman-teman kita yang terhalang keadaan ekonomi dan lainnya. Akan tetapi, dengan prestasi yang kita punya dan juga disertai dengan ribuan doa. Tuhan pasti membantu kita melalui segala cara yang tidak di duga-duga. Tetaplah semangat dalam belajar dan buatlah orangtua mu bangga.

 

Masih banyak lagi contoh contoh teks inspiratif. Kamu dapat membuat nya sendiri setelah memahami kaidah-kaidah di atas. Jangan lupa untuk selalu mempelajari hal-hal baru agar pengetahuan kita menjadi lebih luas.

Have a nice study!

Leave a Reply

%d bloggers like this: