Contoh Teks Pidato Persuasif

Dalam berpidato umumnya pembicara akan membawakan tema yang sangat cocok bagi pendengarnya. Topik ini dibawakan mengenai peristiwa atau sebuah hal yang umumnya sering diperbincangkan. Contoh teks pidato persuasif tersebut disusun rapi dengan pembawaan yang sangat menghayati.

Seseorang akan membawakan pidatonya dengan irama dengan kata kata yang menyentuh hati sehingga pendengar akan takjub dan berpikir dua kali pada isi yang di bawakan.

berikut dibawah ini adalah pembahasan mengenai contoh teks pidato persuasif beserta ciri ciri, struktru, dan penjelasan yang lengkap.

Simak pembahasan contoh teks pidato persuasif dibawah ini

Pengertian Teks Pidato Persuasif

contoh teks pidato persuasif
pinterest.com

Contoh Teks Pidato Persuasif adalah kegiatan penyampaian lisan atau berbicara di depan umum yang bertujuan untuk menyampaikan pendapat, maksud, dan tujuannya mengenai suatu hal yang ia bicarakan. Umumnya dalam berpidato seseorang akan menghadirkan tema atau topik mengenai peristiwa atau hal yang penting dan layak diperbincangkan di depan umum.

Berdasarkan tujuannya, pidato memiliki ragam jenis. Salah satu di antaranya adalah pidato persuasif. Jenis pidato yang satu ini bersifat mengajak atau menghimbau masyarakat untuk melakukan suatu hal yang berguna di dalam kehidupan.

Contoh teks pidato perfuasif ini merupakan satu di antara banyak jalan untuk mengajak masyarakat agar bergerak, kreatif, dan lebih baik. Dilihat dari sifat dan definisi nya pun sama, yakni mengajak, mempengaruhi, dan menghimbau para pendengar nya untuk melakukan hal yang dianggap benar demi kepentingan bersama.

Sebelum memahami secara lanjut tentang pidato persuasif, kamu perlu mengetahui ciri-ciri, tujuan, langkah menyusun, kaidah kebahasaan, dan struktur nya. Agar kamu dapat membuat bahkan mempraktikkan nya di depan banyak orang. Mari membaca dan memahami ulasan berikut ini!

Ciri-Ciri Pidato Persuasif

Berikut Ciri Ciri Contoh Teks Pidato Persuasif:

  • Bersifat mengajak/ mendorong/ menghimbau
  • Harapannya adalah untuk memacu emosi agar pendengar meyakini dan menyetujui hingga memunculkan kemungkinan bahwa para pendengar mengambil tindakan tertentu sebagai perubahan dan pergerakan.
  • Menggunakan kalimat-kalimat yang bersifat membangun.
  • Menyertakan topik pembicaraan yang akan dibahas dan dijelaskan.

Baca Juga : Contoh Teks Prosedur Sederhana

Tujuan Pidato Persuasif

contoh teks pidato persuasif
pinterest.com

Sebuah pidato umumnya mengajak dan mempengaruhi pendengar yang memiliki tujuan untuk menimbulkan sebuah gerakan atau dorongan pada diri pendengar. Contoh teks pidato persuasif bermaksud ingin membujuk dan mengajak pendengar agar terpengaruh terhadap isi pidato yang disampaikan. Contoh kecilnya adalah pidato mengenai budaya bersih dan pidato keagamaan.

Topik yang sesuai dengan gambaran diatas, di antaranya:

  • Buanglah sampah pada tempatnya
  • Jagalah kebersihan lingkungan
  • Berhenti menggunakan narkoba dan obat obatan berbahaya
  • Go Green dll

Struktur Pidato Persuasif

teks pidato
pinterest.com

Struktur contoh teks pidato persuasif terbagi ke dalam tiga bagian, yakni pembukaan, isi pidato, dan penutup.

1. Pembukaan

Pembukaan contoh teks pidato persuasif sendiri juga terdiri atas tiga bagian, yaitu salam pembuka, ucapan penghormatan, dan ucapan syukur. Ucapan penghormatan umunya akan menyebutkan nama-nama orang yang dianggap lebih tinggi jabatannya atau yang lebih dihormati. Dan ucapan rasa syukur akan dilimpahkan kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan orang-orang sekitarnya.

2. Isi Pidato

Contoh teks pidato persuasif memiliki isi atau inti dari pidato itu sendiri. Sang pembaca pidato akan menjelaskan lebih rinci mengenai topik pembahasan yang akan dibawakan.

3. Penutup Pidato

Penutup pidato merupakan ujung atau akhir dari pidato yang dibawakan. Pidato yang sempurna biasanya akan di akhiri dengan adanya:

– Kesimpulan materi

– Permintaan maaf kepada para audiens apabila terjadi kesalahan, dan

– Salam penutup.

Kaidah Kebahasaan Pidato Persuasif

Bisa juga disebut dengan ciri-ciri atau karakteristik contoh teks pidato persuasif yaitu:

  1. Bersifat memengaruhi, menghimbau dan mengajak.
  2. Terdapat kata-kata persuasi atau bujukan, seperti ayo dan marilah
  3. Menyertakan sejumlah pendapat dan fakta.
  4. Lebih banyak menggunakan kata ganti kita, sebagai tanda bahwa tidak ada pembeda antara penulis dengan pembaca/ pendengar sehingga daya bujuk terhadap mereka akan lebih kuat.
  5. Menggunakan kalimat yang bersifat membangun.
  6. Menggunakan intonasi yang baik
  7. Apabila penyampaian secara lisan, maka harus jelas dan lantang.

Langkah Menulis Pidato Persuasif

karya tulis
pinterest.com

Dalam menulis contoh teks pidato persuasif ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan demi tersampainya pidato kamu dengan baik dan benar, juga mendapatkan apa yang menjadi tujuan kamu dalam menyampaikan pidato. Berikut beberapa hal yang perlu kamu perhatikan:

1. Pelajari Topik

Sebelum menyampaikan pidato yang akan kamu bawa, kamu tentunya harus memahami seluk beluk contoh teks pidato persuasif tentang apa yang kamu sampaikan. Carilah banyak referensi dan literasi dari sumber-sumber yang penting dan valid agar dapat menguatkan argumen kamu ketika berpidato.

2. Pahami Tujuan

Kamu harus memahami dan merencanakan akan dibawa kemana tujuan pidato yang kamu bawakan. Tujuan itu juga harus sesuai dengan urgensi topik.

3. Pahami Audiensi

Pelajari siapa pihak-pihak yang akan kamu aja bicara. Perlu juga kamu mengetahui latar belakang mereka. Untuk menciptakan suasana yang friendly namun tetap tertuju fokus pada pidato.

Contoh Teks Pidato Persuasif Singkat

contoh teks pidato persuasif
pinterest.com

1. Contoh Teks Pidato Persuasif Singkat Tentang Game Online

Kawan-kawanku semua yang berbahagia, siswa-siswi SMA Negeri 03 Surabaya. Bermain game online rupanya telah menjadi kebiasaan yang hampir dilakukan oleh setiap anak-anak yang masih seumuran dengan kita. Hampir semua anak-anak usia remaja memang memiliki smartphone untuk memungkinkan mereka mengakses game online. Lingkungan dalam lingkup pertemanan kita pun kini lebih banyak dihabiskan dengan bermain game online.

Game online memang bisa menjadi salah satu hiburan yang dapat membantu kita terhindar dari stres. Kita dapat menghabiskan waktu luang dengan bermain game online semau kita. Tapi, bukan berarti bermain game online secara terus menerus akan berdampak baik bagi kita.

Satu hal yang perlu diingat adalah kewajiban dan tugas kita sebagai pelajar. Tugas utama kita ialah belajar dan menuntut ilmu. Kita masih harus mengejar kesuksesan selagi kita mampu untuk meraihnya, apalagi di masa muda.

Jangan sampai waktu muda kita yang harusnya produktif justru hanya terbuang sia-sia untuk bermain game online. Jadikanlah game online hanya sebagai sarana untuk refreshing pikiran saja. Jangan jadikan game online sebagai kegiatan utama yang dapat menyita waktu dan tenaga kita menjadi terbuang percuma.

Ingatlah bahwa orang tua kita yang susah payah dan membanting tulang demi menyekolahkan kita. Sudah sepatutnya kita fokus untuk menimba ilmu dan mengejar prestasi demi kesuksesan di masa depan.

2. Contoh Teks Pidato Persuasif Tentang Pendidikan

Assalamu’alaikum Wr.Wb

Di kesempatan pada pagi hari yang cerah ini, marilah kita panjatkan rasa puji syukur kita ke hadirat Allah SWT yang mana telah melimpahkan rahmat-Nya sehingga kita dapat berkumpul bersama di aula sekolah SMPN 3 Bojong Gede dalam keadaan sehat wal afiat. Amin.

Siswa dan siswi SMPN 3 Bojong Gede yang sangat saya cintai,

Sebagai seorang pelajar yang seperti seharusnya, sudah sepatutnya kalian semua mencintai ilmu pengetahuan yang sebagian besar sudah tertuang dalam buku-buku atau media lainnya. Buku adalah jendela ilmu karena dari sanalah kalian akan mendapatkan banyak sekali wawasan, ilmu pengetahuan, dan pembelajaran.

Jadilah kalian generasi yang gemar membaca. Mengapa demikian? Karena membaca akan mendatangkan banyak sekali manfaat seperti berikut:

Meningkatkan wawasan dan kemampuan terhadap perkembangan ilmu dan pengetahuan.

Meningkatkan kemampuan dalam berpikir secara logis, kritis dan bijak.

Meningkatkan lebih besar peluang untuk sukses di bidang akademik maupun non-akademik.

Melatih kecerdasan memori, konsentrasi dan daya ingat.

Memperbanyak kemampuan kosakata yang kita miliki.

Meningkatkan kemampuan untuk berbahasa, terutama secara tertulis.

Anak-anakku yang berbahagia,

Semua tokoh besar nasional maupun internasional pasti hampir semua memiliki kegemaran membaca. Contohnya Bapak BJ. Habibie, mantan presiden kita yang mana di perpustakaan pribadinya telah mengoleksi lebih dari 5.000 buku.

Kalian sebagai generasi penerus bangsa, jangan sampai kalah dengan beliau. Kalian harus lebih banyak membaca dan memperbanyak referensi supaya dapat mengikuti jejak langkah beliau menjadi manusia yang gemilang.

Sisa-siswi SMPN 3 Bojong Gede yang saya cintai..

Jikalau selama ini kalian terlalu banyak menghabiskan waktu luang untuk sekedar bermain game atau bersenda gurau belaka, maka mulai sekarang cobalah mengalihkan untuk membaca buku. Semoga dengan adanya minat dan kian gemar membaca buku, kalian menjadi orang-orang yang lebih bermanfaat di masa depan.

Wassalamu’alaikum Wr.Wb.

Baca Juga: Ciri-Ciri Kalimat Efektif & Contohnya

3, Contoh Teks Pidato Persuasif Tentang Lingkungan

Assalamualaikum wr.wb

Yang terhormat Bapak Kepala Sekolah SMAN 07 Surakarta, yang saya hormati Bapak serta Ibu guru dan para karyawan SMAN 07 Surakarta, dan teman-teman semua yang saya sayangi.

Pertama-tama hendaklah kita panjatkan rasa puja dan puji syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, karena berkat limpahan rahmat serta karunia-Nya kita dapat berkumpul pada siang hari ini dalam rangka memperingati Hari Lingkungan tanpa ada halangan suatu apapun.

Oleh karena itu, perkenankanlah saya menyampaikan sepatah dua patah kata mengenai pentingnya bagi kita menjaga kebersihan lingkungan sekolah.

Kebersihan lingkungan merupakan salah satu hal yang sangat penting. Penting bagi kita menjaga kesehatan diri sendiri dan juga lingkungan sekitar. Lingkungan yang sehat akan menghambat penyebaran penyakit dan akan memberikan rasa kenyamanan saat berada di sekitar lingkungan tersebut.

Maka dari itu, lingkungan juga merupakan salah satu faktor pendorong keberhasilan terhadap proses belajar mengajar di kelas. Siswa dan guru memungkinkan untuk melaksanakan kegiatan pembelajaran secara efektif karena didukung oleh kondisi lingkungan yang nyaman.

Oleh karena itu, marilah kita sebagai warga sekolah bersama-sama menjaga kebersihan lingkungan sekolah dimulai dari diri sendiri, seperti membuang sampah pada tempat yang semestinya dan tidak meninggalkan barang-barang apapun di laci karena dapat menjadi sarang untuk nyamuk. Dengan demikian, menjaga kebersihan lingkungan menjadi sangatlah penting dengan tujuan menciptakan lingkungan yang sehat dan nyaman.

Saya rasa mungkin cukup sekian pidato yang dapat saya sampaikan, semoga kita semua bisa menjadi partisipan aktif dalam menjaga kebersihan lingkungan sekitar kita. Terima kasih atas perhatian dan kesempatan yang diberikan. Apabila terdapat salah kata ataupun hal-hal yang mungkin kurang berkenan, saya mohon maaf. Terima kasih.

Wassalamualaikum wr.wb

4. Contoh Teks Pidato Persuasif Tentang Kebersihan Lingkungan

Assalamualaikum Wr.Wb

Yth. Bapak Bupati beserta staf yang saya hormati

Serta warga sekalian yang saya banggakan.

Marilah bersama-sama kita memanjatkan puji dan syukur kita ke hadirat Allah SWT karena atas berkah dan karunia-Nya kita semua dapat berkumpul dalam keadaan sehat wal’afiat pada hari yang cerah ini tanpa halangan suatu apapun.

Para warga masyarakat yang saya cintai..

Pertama-tama perlu kita sadari bahwa peran lingkungan adalah tempat untuk menggantungkan hidup bagi kita semua, yakni umat manusia. Maka dari itu, kita harus menjaga lingkungan kita dengan baik agar bumi memberikan hasil dan keuntungan untuk kita. Bukan kerugian atau bahkan bencana seperti yang tidak kita inginkan. Salah satunya cara adalah dengan menjaga kebersihan lingkungan.

Sebelum menjaga kebersihan lingkungan sebaiknya kita harus mengetahui terlebih dahulu apa arti kebersihan lingkungan. Arti kebersihan lingkungan yang sesungguhnya adalah suatu keadaan dimana lingkungan tersebut adalah layak untuk ditinggali manusia, dimana keadaan kesehatan manusia secara fisik dapat terjaga. Maka wajib bagi kita menjaga kebersihan lingkungan agar dapat tercipta kehidupan yang layak, damai dan sejahtera.

Menjaga kebersihan lingkungan adalah cara terbaik untuk mencegah berbagai penyakit yang mengintai kita pada musim hujan seperti sekarang ini. Menjaga kebersihan lingkungan dapat dimulai dengan membersihkan lingkungan desa kita tercinta. Apabila lingkungan kita bersih maka orang lainpun tak segan untuk mencontoh kebiasaan cemerlang kita dalam membersihkan lingkungan kita ini. Dan sebagai penghuninya, tentu kita juga terkena dampak positifnya yaitu kegiatan bersosialisasi dan aktivitas sehari-hari menjadi nyaman karena lingkungan kita bersih.

Saya rasa cukup sekian yang dapat saya sampaikan, apabila terdapat kesalahan dalam berbuat maupun berucap. Saya sampaikan mohon maaf sebesar-besarnya, Terima kasih.

Wassalamu’alaikum wr. wb.

5. Contoh Teks Pidato Persuasif Tentang Jangan Buang Sampah Sembarangan

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Yang saya hormati, ibu wali kelas 6 A..

Serta teman-teman yang saya sayangi..

Pada kesempatan ini saya ingin menyampaikan sedikit penjelasan mengenai sebuah motto yaitu “Jangan Buang Sampah Sembarangan.”

Kebersihan adalah sebagian dari iman, jadi sudah seharusnya kita menjaga kebersihan di lingkungan sekitar kita. Untuk menjaga kebersihan lingkungan, langkah pertama yang dapat kita lakukan adalah dengan tidak membuang sampah sembarangan. Langkah ini sangat sederhana dan mudah untuk memulainya, tetapi langkah ini juga terkadang dianggap langkah tersulit.

Mengapa demikian? Karena jika kita sudah memiliki kebiasaan untuk membuang sampah sembarangan, tentu akan sulit untuk dibiasakan tidak membuang sampah sembarangan lagi. Tapi akan lebih sulit lagi jika kita tidak memiliki kemauan untuk memperbaikinya. Maka dari itu sedikit demi sedikit namun pasti kita harus menghilangkan kebiasaan yang buruk itu. Karena kebiasaan buruk membuang sampah sembarangan dapat mengakibatkan bencana alam seperti banjir. Jadi, tunggu apa lagi? Perubahan yang lebih baik ada di tangan kita. Kalau bukan kita, lalu siapa? Dan kalau bukan sekarang, lalu kapan lagi?

Cukup sekian pidato dari saya kali ini, apabila ada kesalahan baik dalam bertindak maupun bertutur kata, saya sampaikan mohon maaf yang sebesar-besarnya.

Atas perhatiannya, saya ucapkan banyak terima kasih.

Akhir kata, saya ucapkan Wassaalamu’alaikum Wr. Wb.

 

Demikianlah penjelasan berupa pengertian dan juga contoh-contoh teks pidato persuasif. Have a nice study!

Leave a Reply

%d bloggers like this: