Danau Terbesar di Indonesia

Published by iqbal alaudin on

Danau Terbesar di Indonesia- Danau adalah sebuah kubangan air dalam jumlah yang besar dan terbentuk karena faktor alami atau non alami. Terbentuknya sebuah danau secara alami terjadi karena aktivitas vulkanisme / gunung, tektonik / pergerakan lempeng bumi dan Floodplain (aktifitas sungai).

Danau di Indonesia di perkirakan ada 1.575 yang terdiri dari 840 danau besar dan 735 danau kecil. Dan sebagian besar di manfaatkan masyarakat untuk sebagai pusat pariwisata sampai sumber kehidupan sehari-hari. Seperti halnya pengairan saawah, sumber PLTA, perikanan dan sebagainya.(dikutip dari kementrian kehutanan dan lingkungan hidup)

Berikut adalah daftar Danau terbesar di Indonesia dan terluas yang dilihat dari rata-rata luas, volume dan kedalamanya.

14 Danau Terbesar dan Terluas di Indonesia

Dari ribuan danau di indonesia dengan berbagai jenis danau, berikut telah kami rangkum mengenai danau terluas dan terbesar di indonesia. Oh iya selain ukurannya yang luas danau ini juga memiliki pemandangan yang eksotis dan fenomenal.

selain menjai objek wisata, danau danau terbesar di Indonesia ini juga menjadi tempat pengembangan sumber tenaga alam hingga menjadi tempat mata pencarian penduduk sekitar.

1. Danau Terbesar di indonesia Danau Toba

Danau vulkanik, danau terbesar di indoesia

Sumber : newstoday.id

Yang pertama ada danau terbesar di indonesia adalah danau Toba. Danau ini merupakan danau Vulkanik yang paling besar di Indonesia yang terletak di pulau Sumatra tepatnya Sumatra Utara. Danau toba terbentuk sejak 70.000 tahun silam akibat letusan gunung berapi yang mengakibatkan perubahan iklim dan kondisi fisik dataran bumi.

Danau ini memiliki luas 1.130 Km2 dan kedalaman maksimum 529 m, danau ini terletak di Sumatra utara dengan ketinggian permukaan 900 meter (2953 ft).

Penduduk di sekitar Danau Toba adalah suku Batak dengan rumah adat Sumatera Utara yang atapnya melengkung layaknya perahu. Penduduk sekitar Danau Toba sebagian juga memanfaatkan air danau tersebut sebagai tambak ikan air tawar maupun udang galah.

Danau terbesar di indonesia ini juga memiliki ciri khas yaitu terdapat pulau yang cukup besar berada di tengah-tengah danau. Di sekitar danau ini juga di penuhi hutan hujan tropis dan hutan pinus di bagian dataran tingginya. Adapun ikan endemik danau ini adalah Rasbora tobana dan (Neolissochilus thienemanni) yaitu biasa di sebut ikan Batak.

Luas                                   : 1.130 km2
Kedalaman Maksimum  : 529m
Jenis Danau                     : Vulkanik
Provinsi                             : Sumatera Utara
Pulau                                 : Sumatera

2. Danau Terbesar di Indonesia Towuti 

danau terbesar di indonesia , perairan tektonik terluas

Sumber : praharamenulis.ml

Danau Towuti adalah danau tektonik yang terletak di provinsi Sulawesi Selatan tepatnya di kabupaten luwuk timur. Danau ini memiliki ciri khas yang istimewa yaitu memiliki 5 pulau yang menawan di tengahnya.

Towuti adalah danau terbesar di indonesia nomor 2 setelah danau Toba dan juga merupakan danau terbesar di Sulawesi. Danau ini juga termasuk danau purba karena sudah ada sejak jutaan tahun silam.

Suku luwuk yang tinggal di rumah adat Sulawesi Selatan ini akan melakukan upacara larung di danau towuti selama setahun sekali. Upacara adat ini sudah menjadi adat turun temurun dari nenek moyang mereka.

Terdapat banyak pulau yang ada di tengah danau towuti ini. Pulau pulau ini tidak berpenghuni karena ukuran yang tidak terlalu besar dan kurangnya sumber makanan.

Lima pulau tersebut bernama pulau Loeha, Pulau Bolong dan Pulau Kembar. Danau ini di nobatkan oleh World Wide Fund for Nature dalam kategori Global Ecoregions karena keragaman hayati yang endemis dan keunikan danau tersebut.

Luas                                   : 561,1 km2
Kedalaman Maksimum  : 203m
Jenis Danau                     : Tektonik
Provinsi                             : Sulawesi Selatan
Pulau                                 : Sulawesi

3. Danau Poso Sulawesi Tengah

Danau tektonik

Sumber : tunawisma.com

Danau Poso adalah danau Tektonik yang terletak di Sulawesi Tengah dan danau ini adalah danau terdalam nomor tiga di Indonesia. Danau ini mememilliki panjang 32 km, lebar 16 km serta kedalaman yang tak tanggung tanggung yaitu sedalam 450m. Danau poso ini di kelilingi oleh beberapa kota yang mayoritasnya adalah suku Bancea.

Suku bancea memiliki rumah adat Sulawesi Tengah yang bernama Tambi. Sedikit dari suku ini yang memanfaatkan perairan danau untuk budidaya ikan dan udang.

Danau terbesar di Sulawesi ini memiliki banyak ikan endemik khas Sulawesi. Flora dan Fauna di sekeliling danau masih sangat terjaga ke asrian dan memiliki nuansa sejuk.

Danau ini mengalirkan air ke sungai Poso hingga ke teluk Tomini yang terletak di kota Poso. Salah satu danau terbesar di Indonesia ini masih terdapat banyak hewan liar di sekitar danau seperti Anoa, babi, dan rusa. Binatang binatang tersebut adalah binatang endemik yang ada di pulau Sulawesi Tengah.

Luas                                   : 323,2 km2
Kedalaman Maksimum  : 450m
Jenis Danau                     : Tektonik
Provinsi                             : Sulawesi Tengah
Pulau                                 : Sulawesi

Kucing Hutan Jawa

4. Danau Terbesar Setarum

danau floodplain di indonesia

Sumber : robinusantaraa.blogspot

Danau Setarum adalah danau Tektonik yang berada di hulu sungai Kapuas Kalimantan Barat. Danau ini adalah danau musiman karena hanya di penuhi air hanya selama 10 bulan saja dalam setahun. Dan pada saat surut danau ini akan membentuk kolam kecil-kecil yang di penuhi oleh ikan.

Saat kemarau tiba danau ini hanya mendapat air dari aliran sungai Kapuas dan luas keseluruhan danau ini mencapai 132.000 hektare. Danau ini juga merupakan Taman Nasional cagar alam dan suaka margasatwa sejak 1981.

Di sekitar daerah danau ini di huni oleh suku Dayak iban, sebaruk, sontas, kenyah dan punan. Mereka tinggal dalam rumah adat Kalimantan Barat panjang (Betang) yang bisa di huni oleh lima sampai delapan kepala keluarga.

Luas                                     : 275 km2.
Kedalaman Maksimum    : 8m
Jenis Danau                       : Floodplain
Provinsi                               : Kalimantan Barat
Pulau                                   : Kalimantan

5. Danau Terdalam Matano

danau terdalam di indonesia

Sumber : kepo-licious.blogspot

Danau terbesar di Indonesia selanjutnya adalah danau Matano. Danau matano adalah danau Tektonik yang terletak di ujung timur pulau sulawesi tepanya pada provinsi Sulawesi Selatan. Danau ini hanya berjarak 50 Km dari kota Malili dan danau ini tergolong besar karena memiliki luas 164 km2 dan kedalaman 590 meter.

Matano adalah danau terdalam di Indonesia yang juga di nobatkan oleh Wide Fund for Nature karena memiliki keragaman ekosistem dan hayati yang sangat endemis.

Terdapat jenis ikan purba yang masih hidup hingga kini yaitu bernama ikan butini. Dianggap purba karena bentuk dan warnanya tidak seperti ikan pada umumnya.

Danau terbesar di indonesia matano adalah danau terdalam nomor 2 se Asia Tenggara dan mendapat rekor ke nomor 12 danau terdalam di dunia. Pemandangan yang menakjubkan dapat dinikmati dengan berkeliling menggunakan perahu disana.

Luas                                    : 164,1 km2
Kedalaman Maksimum   : 590m
Jenis Danau                      : Tektonik
Provinsi                              : Sulawesi Selatan
Pulau                                  : Sulawesi

6. Danau Jempang Kalimantan Timur

danau jempang, Terbesar di asia

Sumber : jelajahsamboja

Danau Jempang adalah danau floodplain yaitu danau ini terbentuk karena aliran sunggai yang menutupi sebuah dataran, pasir atau lembah. Danau ini terletak di Kecamatan Jempang Kabupaten Kutai Barat, Kalimantan Timur.

Danau ini memiliki luas 15.000 Hektar dan memiliki kedalaman 7-8 meter. Danau Jempang adalah termasuk 76 danau terbesar di aliran sungai Mahakam dan menjadi objek wisata kebanggan rakyat Kalimantan timur.

Danau terbesar di indonesi ini memiliki keunikan yaitu pada setiap 5 tahun sekali danau jampang akan mengering hingga benar-benar kering seperti gurun pasir. Fonemena alam yang unik dan menjadi daya tarik wisatawan karena terjadi cukup lama dan hanya sekali.

Luas                                    : 150 km2 (15.000 hektar)
Kedalaman Maksimum   : 6m
Jenis Danau                      : Floodplain
Provinsi                              : Kalimantan Timur
Pulau                                  : Kalimantan

7. Danau Terbesar di Indonesia Paniai (Papua)

danau paniai yang terhubung dengan samudra

Sumber : YouTube.com

Danau Paniani adalah danau Tektonik yang terletak di provinsi Papua tepatnya di kota Paniani. Danau yang memiliki luas 14.500 hektar ini dapat memanjakan setiap pengunjung yang datang. Di sekitar danau ini juga terdapat bebatuan dan pasir dan di hiasi dengan tebing tebing tinggi yang menambah eloknya pemandangan.

Pemandangan danau ini menjadi salah satu danau terindah yang ada di atas pegunungan dan sudah di akui banyak negara pada konferensi pers. Terdapat pancaran sinar yang dapat kamu lihat di atas perairan danau atau biasa di sebut fenomena Aurora.

Lokasi danau terbesar di Indonesia ini terletak di pegunungan pada ketinggian 1700 mdpl. Hal ini membuat tempat dan susana bernuansa damai serta berhawa menyejukan.

Danau ini juga menyimpaan banyak jenis ikan dan udang air tawar. Apabila beruntung pengunjung dapat menemui udang endemik papua yang mulai langka yaitu udang selingkuh.

Luas                                    : 145 km2 (14.500 hektar)
Kedalaman Maksimum   : 50m
Jenis Danau                       : Tektonik
Provinsi                               : Papua
Pulau                                   : Papua

8. Danau Rombebai Terbesar Tanah Cendrawasih

danau rombebai terluas di papua

Sumber : humasjayapurakota

Danau Rombebai adalah danau Floodplain yang terletak di Papua Indonesia dan memiliki luas 13.749 hektar. Danau terbesar di Indonesia adalah jenis danau floodplain karena terbentuk oleh aliran sungai danau ini juga terhubung dengan sungai Mamberamo yang terhubung dengan Samudra Pasifik.

Danau ini merupakan danau terbesar ke 2 setelah danau sentani yang ada di tanah cendrawasih. Danau yang juga di gunakan sebagai tempat pariwisata ini menyimpan banyak sekali flora dan fauna endemik papua.

Apabila berkunjung ke danau ini pada pagi hari atau sore hari akan di suguhkan dengan sunset dan sunrise yang sangat indah. Fenomena matahari terbit dan tenggelam ini sering di abadikan oleh wisatawan yang berkunjung ke danau rombebai.

Selain panorama yang indah danau terbesar di indonesia ini digunakan masyarakat sekitar untuk budibaya ikan air tawar. Dalam danau ini juga terdapat 26 spesies ikan air tawar endemik papua.

Luas                                   : 137,49 km2 (13.749 hektar)

Kedalaman Maksimum  : 299m
Jenis Danau                     : Floodplain
Provinsi                             : Papua
Pulau                                 : Papua

9. Danau Tempe

danau tektonik di indonesia

-Kompasiana.com

Danau Tempe adalah danau Tektonik yang terletak di provinsi Sulawesi selatan, kabupaten Wajo. Danau ini memiliki luas 35.000 hektar dan kedalaman mencapai 5 meter. Danau ini mendapat pasokan air dari sungai Bila dan Bulu Cenara.

Salah satu danau terbesar di indonesia ini terdapat banyak ikan air tawar yang jarang ditemui di tempat lain karena danau ini terletak pada lempengan benua Australia dan Asia.

Danau terbesar di Indonesia adalah danau tempe yang juga merupakan salah satu danau purba yang ada di Indonesia. Dengan luas sekitar 350 km2 danau ini menjadi yang terluas di Sulawesi.

Terdapat beberapa aturan pada danau tempe ini yaitu :

  • Dilarangan menangkap ikan pada hari Kamis malam hingga Jumat siang.
  • Dilarangan menyeberangkan mayat di danau.
  • Larangan menangkap ikan tanpa penutup kepala.
  • Dilarangan menyanyi di tengah danau, kecuali nyanyian pemanggil ikan (elong bale)

Larangan ini di buat oleh masyarakat setempat untuk melestarikan ekosistem dan budaya nenek moyang mereka. Adat istiadat ini di percaya dan tidak boleh di langgar karena sudah peraturan dari leluhur.

Luas                                    : 350 km2 (35.000 hektar)
Kedalaman Maksimum   : 5m
Jenis Danau                       : Tektonik
Provinsi                               : Sulawesi Selatan
Pulau                                   : Sulawesi

10. Danau Terbesar di Indonesia Danau Semayang

danau semayang

Wartakaltim.com

Danau Semayang adalah danau jenis Floodplain yang terletak di kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur, Indonesia. Danau Semayang berada di dekat sungai Mahakam dan bersebelahan dengan Danau Melintang. Danau ini memiliki luas 13.000 hektar dan kedalaman mencapai 6 meter.

Danau terbesar di indonesia Semayang ini berada di Daerah Mahakam Tengah yang merupakan lahan basah paling luas di Kalimantan. Danau ini juga memiliki kekayaan plasma nutfah yang ekologis dan memiliki nilai ekonomi untuk berbagai kegiatan.

Danau terbesar di Indonesia ini merupakan danau yang memiliki aliran air tenang. Danau ini juga digunakan sebagai destinasi wisata Kalimantan Timur.

Danau semayang merupakan tempat tinggal atau habitan utama ikan pesut mahakam. Ikan pesut yang bisa disebut sebagai ikan purba, karena tergolong hewan yang di lindungi.

Luas                                   : 130 km (13.000 hektar)
Kedalaman Maksimum  : 6m
Jenis Danau                     : Floodplain
Provinsi                             : Kalimantan Timur
Pulau                                 : Kalimantan

11. Danau Terbesar di Indonesia Sentani

Danau terbesar di Indonesia selanjutnya adalah danau sentani. Danau sentani adalah danau yang berada di wilayah tanah cendrawasih (papua) tepatnya di bawah lereng Pegunungan Cagar Alam Cyclops.

Danau ini memiliki luas sekitar  9.360 hektare dengan jarak 50km dari pusat kota Jayapura. Danau ini merupakan sumber kehidupan masyarakat sekitar karena mengandalkan danau ini untuk kebutuhan sehari hari seperti budidaya perikanan, air minum, sarana transportasi, ikan tangkap, pariwisata, pemukiman.

Selain untuk kebutuhan hidup, Danau ini juga memiliki panorama yang tak kalah indah dengan danau danau lainya. Fenomena sunset dan sunrise serta terdapat banyak pulau yang ada di tengahnya menjadi daya tarik wisatawan yang cukup di gandrungi ketika berkunjung kesini.

Danau ini termasuk danau tertinggi yang ada di Papua karena terletak pada ketinggian 75 mdpl. Legenda mengatakan bahwa dahulu danau ini adalah tempat tinggal naga yang kemudian menjadi pulau pulau yang ada ditengah danau.

Luas                                   : 104 km
Kedalaman Maksimum  : 52m
Jenis Danau                     : Tektonik
Provinsi                             : Jayapura
Pulau                                 : Papua

12. Danau Tertinggi di Indonesia (Segara Anak)

Salah satu danau terbesar di Indonesia selanjutnya adalah danau segara anak. Danau egara anak terletak di kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani (TNGR), pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat.

Kawasan yang menjadi jalur pendakian gunung rinjani ini juga menyimpan gunung berapi yang masih aktif dan menjadi gunung berapi tertinggi di Indonesia nomor 2. Danau segara anak termasuk dalam danau tertinggi di dunia dengan ketinggian mencapai 2.000 mdpl.

Setiap orang yang melintasi jalur pendakian gunung Rinjani pasti akan melewati tempat yang bernama segara anak. Kamu akan di suguhkan dengan pesona danau di atas ketinggian dengan kabut yang menjadi pemanis pemandagan.

Selain itu terdapat sumber air panas dan belerang yang terletak tak jauh dari danau segara anak ini. Konon katanya sumber air panas ini dapat menyembuhkan berbagai penyakit kulit yang ganas.

Luas                                   : 11,3 km
Kedalaman Maksimum  : 230m
Jenis Danau                     : Kawah
Provinsi                             : Nusa Tenggara Barat
Pulau                                 : Lombok

13. Danau Terindah di Indonesia (Danau Batur)

Bali sangat terkenal dengan panorama pantai yang sangat indah namun jangan salah, Bali juga memiliki salah satu danau terbesar di Indonesia bernama danau batur.

Danau batur termasuk dalam jenis danau vulkanik dengan luas 16,05 km dengan kedalaman rata rata 50m. Danau ini bernama batur diambil dari bakcground dan letak danau yang ada di lereng gunung batur.

Danau ini berada di ketinggian 1.050 meter di atas permukaan lalu (dpl). Kawasan ini juga merupakan objek wisata di pulau Dewata yang tak kalah dengan pantai pantainya.

 

Luas                                   : 16,05 km
Kedalaman Maksimum  : 50m
Jenis Danau                     : Vulkanik
Provinsi                             : Bali
Pulau                                 : Bali

14. Danau Terbesar di Jawa Timur (Ranu Kumbolo)

Jawa timur yang dikenal dengan bahasa dan logat jawanya juga memiliki salah satu danau terbesar di Indonesia yaitu bernama Ranu Kumbolo. Danau ini termasuk dalam danau tertinggi berada pada ketinggian 2.389 meter diatas permukaan laut (dpl).

Danau ini berada di lereng gunung semeru Jawa Timur dengan luas 20ha dengan kedalaman rata-rata 28 meter. Para pendaki gunung semeru tidak di anjurkan untuk berenang di danau ini karena suhu yang cukup dingin dan memiliki air yang cukup dalam.

Jika ingin berkunjung ke kawasan ini kamu harus mendaki gunung semeru kemudian pada tekinggian 2.389 mdpl akan di suguhkan keindahan danau yang cukup fenomenal.

Pesona Ranu Kumbolo akan terlihat pada saat matahari terbenam dengan hawa yang sejuk dan air yang cukup tenang.

Luas                                   : 20 hektar
Kedalaman Maksimum  : 28m
Jenis Danau                     : Vulkanik
Provinsi                             : Jawa Timur
Pulau                                 : Jawa

 

Penjelasan Mengenai Vulkanik / Tektonik dari Danau Terbesar di Indonesia

Penjelasan :

  • Danau Vulkanik : Yaitu danau yang terbentuk karena aktivitas gunung berapi atau Vulkanisme.
  • Danau Tektonik :Yaitu danau yang terbentuk akibat terjadinya pergeseran atau pergerakan lempeng bumi.
  • Danau Floodplain : Yaitu danau yang terbentuk akibat sungai-sungai yang mengairi sebuah dataran pasir atau lumpur.
  • Danau Kawah : Danau yang terbentuk akibat proses letusan gunung berapi. Umunya berada di lereng gunung
  • Danau Gasial : Danau yang terjadi akibat proses erosigletser yaitu pencairan es kutub akibat erosi.

0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: