Fungsi Elektroskop Beserta Definisi Secara Lengkap

Pada penjelasan sebelumnya kita sudah pernah membahas topik tentang fungsi voltmeter. Dan kali ini kita akan membahas definisi, cara kerja, serta fungsi elektroskop. Sebelum itu kamu pasti berpikir apa itu fungsi elektroskop, bagaimana cara penggunaannya, dan komponen apa saja yang ada di dalamnya. Mau tau lebih dalam mengenai fungsi elektroskop?

Simak Penjelasan Dibawah Ini 🙂

Definisi Elektroskop

 

elektroskop
Prasstyle.com

Elektroskop adalah sebuah alat yang digunakan untuk mengetahui muatan listrik pada suatu benda. Alat ini memiliki prinsip kerja yang sama dengan induksi listrik. Dengan menggesekkan maka akan timbul gaya listrik pada suatu benda tersebut. Tak hanya mengetahui muatan listrik, Elektroskop juga bisa digunakan untuk menentukan jenis muatan negatif atau positif pada suatu benda.

Alat ini Memiliki dua bagian pada intinya yaitu bagian luar dan bagian dalam. Pada bagian luarnya terdapat konduktor dan isolator. Sedangkan bagian dalam nya terdapat 2 (dua) buah batang emas yang dapat bergerak bebas. Kedua buah batang ini yang digunakan sebagai penentu hasil muatan pada suatu benda.

Ketika ingin mengetahui muatan listrik kita cukup menggosok gosokkan benda tersebut pada elektroskop. Fungsi elektroskop yang lain dengan cara menempelkan benda yang Non muatan dengan yang bermuatan listrik pada elektroskop. Dengan demikian dua keping emas elektroskop akan mekar, mekarnya daun elektroskop tersebut menjadi tanda bahwa benda yang ditempelkan tersebut memiliki muatan.

Bagian Bagian Elektroskop

bagian bagian elektroskop
pendidikan.co.id

Elektroskop memiliki 2 bagian penting yaitu bola logam dan daun elektroskop. Bagian bagian elektroskop terdiri dari tabung kaca, 2 buah daun elektroskop, insulator, serta bola logam. Bola logam berfungsi untuk penutup atau ujung elektroskop sebagai penghantar muatan dari luar. Daun elektroskop berfungsi sebagai penanda adanya muatan pada sebuah benda. Daun daun elektroskop akan mekar ketika mendapat muatan.

Daun elektroksop biasanya berada di dalam tabung kaca tersebut, yang nantinya akan terhubung dengan bola logam yang terdapat di luar tabung kaca. Muatan yang berada diluar tabung kaca akan diterima oleh bola logam kemudian dihantarkan ke daun elektroskop. Penghantar antara bola logam dan dan elektroskop adalah konduktor yang berada tepat dibawah bola logam.

Baca Juga :

  1. Fungsi Voltmeter, Definisi, dan Cara Menggunakannya
  2. Simbol B3 (Bahan Berbahaya dan Beracun) Klasifikasinya

Fungsi Elektroskop

Fungsi Elektroskop adalah untuk mengetahui jenis muatan pada suatu benda. Ketika ingin mengetahui jenis muatan perlu dilakukan pemisahan muatan dengan cara konduksi, sehingga elektroskop ini menjadi bermuatan. Hal ini dilakukan karena tidak semua benda memiliki muatan. 

Dibawah ini adalah fungsi elektroskop yang harus anda ketahui :

  • Mendeteksi adanya muatan pada suatu benda.
  • Memisahkan muatan.
  • Mendeteksi negatif atau positif muatan suatu benda.
  • Guna Menguji ada atau tidaknya muatan listrik pada suatu benda.
  • Mengetahui jenis muatan listrik pada suatu benda.
  • Mengetahui jumlah muatan listrik pada suatu benda.

Cara Kerja Elektroskop

cara kerja elektroskop
ilmudasar.id

Fungsi elektroskop sebagai alat untuk mengetahui muatan pada suatu benda. Prinsip kerja elektroskop bersifat muatan yakni akan tolak menolak apabila saling didekatkan dengan muatan yang sejenis. Dalam hal ini terdapat 2 cara untuk mengetahui muatan yaitu dengan induksi dan konduksi.

Induksi dan konduksi listrik adalah sebuah peristiwa pemisahan muatan listrik pada suatu benda yang netral. Apabila sebuah elektroskop di dekatkan dengan benda yang mempunyai muatan listrik, maka daun elektroskop tersebut akan mengembang (apabila benda itu mempunyai muatan listrik) serta begitu pula sebaliknya (tidak berubah).

Fungsi Elektroskop Dengan Cara Induksi

Fungsi elektroskop dengan cara induksi dilakukan pada elektroskop netral. Sebuah benda yang bermuatan negatif didekatkan pada elektroskop netral kemudian benda tersebut akan menarik muatan positif dari daun elektroskop ke bola logam yang berada di atas.

Muatan negatif bola logam akan tolak-menolak dengan muatan benda yang di dekatkan. Kemudian insulator akan menghantarkan muatan negatif menuju daun elektroskop. Sehingga kedua daun elektroskop memiliki kelebihan elektron yang bermuatan negatif, Alhasil kedua daun elektroskop akan saling menjauh karena sama-sama bermuatan negatif.

Semakin besar muatan, maka akan semakin jauh jarak antara kedua daun elektroskop. Kondisi tersebut sama halnya saat benda bermuatan positif diinduksi pada elektroskop. Fungsi elektroskop dengan cara induksi tidak dapat menentukan jenis muatan suatu benda. Untuk menentukan muatan suatu benda dapat dilakukan dengan cara konduksi.

Fungsi Elektroskop Induksi Negatif

induksi elektroskop muatan negatif
Prasstyle.com

Fungsi Elektroskop Induksi Positif

induksi elektroskop muatan positif
Prasstyle.com

 

Fungsi Elektroskop Dengan Cara Konduksi

Fungsi elektroskop dengan cara konduksi dilakukan pada elektroskop yang tidak netral atau bola logam dan daun-daun elektroskop memiliki sutu jenis muatan. Muatan pada bola logam tersebut diperoleh dengan cara konduksi oleh konduktor logam.

Cara kerja elektroskop dengan konduksi yaitu kondisi awal bola logam dan daun elektroskop memiliki muatan negatif atau positif ketika di dekatkan dangan benda bermuatan. Sebuah elektroskop dikonduksi, sehingga bermuatan negatif.

Kondisi yang terjadi saat benda bermuatan didekatkan pada bola logam adalah sebagai berikut :

  1. Jika benda bermuatan negatif didekatkan pada bola logam, elektron akan turun menuju daun kaki sehingga kedua daun kaki akan semakin saling menjauh.
  2. Jika benda bermuatan positif didekatkan pada bola logam, elektron akan tertarik dari daun kaki menuju bola logam sehingga kedua daun elektroskop akan saling mendekat.
  3. Begitu juga kondisi sebaliknya.

Fungsi Elektroskop Konduksi Negatif

konduksi muatan negatif
Prasstyle.com

Fungsi Elektroskop Konduksi Positif

Konduksi muatan positif
Prasstyle.com

Cara Membuat Elektroskop Sederhana

Alat dan Bahan :

  1. Botol Kaca Bekas
  2. Aluminium Foil
  3. Kawat Tembaga ± 15 cm
  4. Amplas
  5. Gabus
  6. Penggaris Plastik
  7. Kertas
  8. Gunting

Langkah Langkah :

  1. Ambil kertas dan potong kertas itu menjadi kecil kecil.
  2. Masukkan kertas itu ke dalam botol kaca.
  3. Ambil Aluminium foil secukupnya kemudian potong dengan ukuran ±5 cm x 5 cm.
  4. Kemudian amplas kawat tembaga dan tekuk salah satu ujung kawat tembaga tersebut hingga berbentuk seperti setengah lingkaran atau seperti huruf U.
  5. Letakkan potongan Aluminium foil di ujung kawat tembaga yang sudah ditekuk, lalu lipat Aluminium foil tersebut.
  6. Masukkan kawat tembaga yang sudah diberi Aluminium foil ke dalam botol.
  7. Tutup botol dengan gabus.
  8. Buat Aluminium foil seperti bola kemudian tancapkan pada ujung tembaga yang diluar botol.
  9. Gosokkan penggaris plastik dirambut lalu dekatkan pada aluminium foil yang sudah dibentuk seperti bola tadi, amati apa yang terjadi apakah aluminium foil di dalam botol diam atau bergerak membuka dan bagaimana kertas di dalam botol tersebut diam/bergerak.

Kesimpulan

Dari seluruh penjelasan dan percobaan yang telah kita bahas, dapat disimpulkan bahwa kita telah dapat membuat elektroskop dengan benar karena hasil percobaanya sesuai dengan dasar teori. Prinsip kerja dari fungsi elektroskop adalah induksi listrik serta hubungan tolak-menolak atau tarik-menarik apabila pada muatan sejenis.

Cara kerja elektroskop adalah dengan mendekatkan benda yang akan dideteksi apakah bermuatan atau tidak pada ujung elektroskop. Benda tersebut bermuatan ketika posisi daun elektroskop berubah. Jika tetap menguncup maka benda tidak memiliki muatan, dan jika mekar atau membuka maka benda memiliki muatan.

Demikian penjelasan mengenai definisi, cara kerja, dan Fungsi elektroskop. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan kamu 🙂

    Leave a Reply

    %d bloggers like this: