Ikan Hias Aquascape

Published by figur prasojo on

Ikan hias aquascape yang mungkin anda butuh kan ada di sini dan berikut adalah beberapa biota air yang bisa melengkapi keindahan aquarium anda di rumah. Tidak hanya ikan namun saya merekomendasikan juga beberapa udang dan keong untuk menambah sebuah keseimbangan ekosistem aquarium anda.

Aquascape adalah sebuah seni mengatur dan mendesain tanaman air dan aksesoris yang ada di dalamnya untuk memperindah aquarium. Istilah ini berasal dari 2 kata, Aqua yang berarti air, sedangkan Scape berarti pemandangan.

Hobi Aquascaping biasanya di iringi dengan hobi aquarium dan memelihara ikan. Meskipun demikian, hobi Aquascape itu pada dasarnya mandiri, dalam arti tidak selalu berkaitan dengan ikan atau sebagai pembuatnta saja.

Dalam membangun Aquascape selalu membutuhkan piranti media berupa aquarium dalam bentuk yang bervariasi untuk meletakan aneka tanamannya. Pada perkembangannya, Aquascaping juga menggunakan hiasan lain berupa batu, karang dan benda-benda asesoris lain dari bahan buatan.

Aquascape sering juga disebut “berkebun di dalam air”, pasalnya membutuhkan keahlian kusus dalam menanam dan menata tumbuhan bisa tumbuh dan teratur. Ilmu tentang teknik hidroponik juga mutlak harus dimiliki. Kreatifitas sangat di butuhkan di sini karena sangat menentukan hasil akhir.

Seiring perkembangan zaman Aquascape juga mengalami perubahan dari segi material yang di gunakan. Pada awaknya material yang di gunakan adalah tumbuhan hidup dan batu alam, sekarang sudah mulai di ganti dengan bahan tiruan atau buatan manisia.

Ikan Hias Aquascape

ikan hias air tawar yang bisa di campur, ikan hias air tawr terindah

Sumber : pixabay.com

Banyak cara untuk memelihara ikan hias, dan salah satunya adalah memelihara ikan hias di aquarium. Aquarium dipilih karena memudahkan kita untuk menikmati keindahan ikan hias dan mudah membersihkannya. Untuk jenis ikan hias aquascape sendiri sangat banyak dan ada beberpa biota air lain yang dapat memperindah Aquascape.

 

Jenis Ikan Hias Untuk Aquascape Yang Bisa Anda Pilih

NoNama IkanHarga/Ekor
1Ikan Hias DiscusRp 50.000
2Ikan Hias ShoaboaRp 15.000
3Ikan Hias SumatraRp 4.000
4Ikan Hias Red Eye TetraRp 6.000
5Ikan Hias Nose TetraRp 3.000
6Ikan Hias Sepat Rp15.000
7Ikan Hias CorydorasRp 20.000
8Ikan Hias Chili RasboraRp 8.000
9Ikan Hias PlatyRp 3.000
10Ikan Hias BalonRp 2.000
11Ikan Hias SaeRP 6.000
12Ikan Hias GuppyRp 10.000
13Ikan Hias RainbowRp 15.000

 

Ikan Hias Aquarium Guppy

ikan hias aquascape air tawar

wallpapercave.com

Bagi pecinta ikan sudah tidak asing lagi dngan ikan ini. Ikan guppy banyak diminati untuk ikan hias aquascape karena memiliki ukuran tubuh yang kecil. Jenis ikan hias aquascape satu ini juga memiliki warna yang terang dan cantik sehingga cocok untuk penghias aquarium.

Selain warnanya yang indah ikan guppy memiliki harga jual murah yang menjadi salah satu alasan mengapa ikan ini banyak minati. Harga jenis ikan hias aquascape yang satu ini berkisar antara Rp 5.000 sampai Rp 10.000 per ekor.

Ikan Rainbow

Ikan hias air tawar murah

Sesuai dengan namanya, Rainbow memiliki warna layaknya sebuah pelangi. Selain memiliki warna yang indah, ikan ini dipilih karena mudah dalam perawatannya dan bisa dicampur dengan jenis ikan hias aquascape lainnya. Untuk harga ikan rainbow ini Relatif murah, anda bisa membeli ikan hias cantik ini seharga Rp 15.000 per ekor.

Ikan Manfish

ikan hais air tawar terbaik

Ada banyak penyebutan nama pada ikan hias aquascape yang satu ini, seperti ikan layang-layang dan dan ikan belang. Bentuk tubuhnya yang unik melebar layaknya sebuah layar ikan manfish ini banyak dicari untuk dijadikan ikan hias aquascape.

Makanan iakn ini tidak terlalu bermacam macam kita cukup memberikan pelet kecil dan cacing sutra. Harga ikan manfish juga cukup murah, satu ekornya dijual seharga Rp 10.000.

 Ikan white cloud

Ikan hias mini

Mungkin jenis ikan hias untuk aquascape satu ini terdengar asing ditelinga anda. Ikan white cloud belum lama ini banyak dijual belikan dipara penjual ikan hias karena memiliki warna yang cantik dan harga yang relatif murah.

Ikan white cloud ini tidak jauh berbeda dengan ikan neon tetra. Jenis ikan hias aquascape yang satu ini memiiki sirip panjang dan cantik. Harga ikan white cloud biasa dibeli dalam harga Rp 6.000 per ekor.

 Ikan Neon Tetra

 ikan hias aquascape air tawar

Ikan neon memiliki jenis yang sangat banyak, dan salah satunya yang memiliki warna cantik adalah ikan neon tetra. Ikan neon tetra ini dipilih untuk ikan hias  karena mimiliki warna kebiruan yang berbeda dari jenis yang lainya.

Ikan neon ini lebih suka berkelompok, nah inilah yang membuatnya lebih terlihat pas untuk jenis aquarium aquascape. Untuk harga ikan hias aquascape satu ini di bandrol Rp 1.500 per ekornya, cukup murah bukan.

Ikan Neon Cardinal Tetra

ikan hias cantik untuk aquascape

Tidak berbeda jauh dengan ikan neon tetra, ikan hias yang satu ini juga sangat  diminati sebagai ikan hias aquascape. Ciri khas dari ikan neon tetra cardinal adalah memiliki warna biru, silver, dan merah dan terlihat cool.

Yang menjadi pembeda dari ikan neon tetra dengan ikan neon cardinal tetra adalah jenis ikan hias satu ini lebih dominan terhadap warna merah. Harga ikan hias aquascape satu ini berkisar Rp 2.000 per ekor.

Ikan Neon Diamond Tetra

ikan hias buat aquascape

Seperti namanya, jenis ikan hias untuk aquascape satu ini memiliki struktur sisik layaknya diamond/berlian. Ini karena jika dikegelapan ikan neon ini akan terlihat berkilau dan mengeluarkan warna cantiknya.

Ikan neon diamond tetra juga lebih cenderung dominan warna biru kehitaman yang membuatnya terlihat sangat indah di pandang. Harga jenis ikan hias aquascape yang satu ini dibandrol Rp 2.500 per ekor.

 Ikan Glowlight Tetra

Jenis ikan hias aquascape

Jenis ikan neon satu ini memiliki warna tubuh yang cenderung transparan, dan terdapat garis warna orange ditengah tubuh, dari kepala hingga ujung ekor. Bentuk dan warnanya yang menarik membuat jenis ikan hias aquascape ini memiliki banyak peminat dan banyak dicari. Harga ikan neon glowlight tetra per ekor sekitar Rp 2.500.

Ikan Zebra Danio

aquascape dan ikan hias

Tidak jauh beda dengan ikan neon ikan hias aquascape satu ini memiliki bentuk dan warna yang cantik. Sesuai namnya, ciri khas dari ikan zebra danio adalah memiliki pola corak garis-garis seperti zebra.

Warna dari ikan zebra danio sangatlah banyak, dan yang paling banyak diminati adalah warna biru dan merah. Harga jenis ikan hias ini berkisar Rp 10.000 per ekor.

 Ikan Cae

IKan hias murah

Ikan cae merupakan salah satu jenis ikan hias aquascape yang lebih banyak menghabisakan hidupnya di dasar aquarium. Ikan cae memiliki ukuran panjang tubuh 5 cm dengan ciri khas warna kuning emas yang cantik. Harga ikan hias cae sekitar Rp6.500 per ekor.

 Ikan Sae

ikan hias pemakan algae

www.tropical-supplies.com

Ikan hias aquascape satu ini  lebih banyak menghabiskan waktu didasar aquarium. Berbeda dengan ikan cae dan ikan sae memiliki corak pada waranya. Ikan hias untuk aquascape satu ini memiliki warna silver dengan garis hitam pada bagian tengah tubuhnya. Harga ikan hias aquascape satu ini berkisar Rp 6.000 per ekor.

Ikan Chili Rasbora

ikan hias tercantik

Samahalnya dengan ikan hias aquascape pada umumnya ukuran tubuh ikan Chili Rasbora sangat kecil. Ikan Chili Rasbora hanya memiliki ukuran 4-5 cm. Ciri khas dari ikan Chili Rasbora adalah memiliki warna merah terang dari kelapa hingga ujung ekor seperti sebuah cabai. Harga jenis ikan hias aquascape satu ini dapat di beliseharga Rp 8.000 per ekor.

Selain ikan ada beberapa hewan lain yang bisa di campurkan ke dalam aquascape anda seperti beberpa udang dan keong di bawah ini.

Ikan Guppy Termahal

Udang Mandarin Shrimp

mandarin shirp, ikan hias aquascape

Sumber : www.pinterest.com

Udang hias satu ini memiliki warna oranye transparan yang menarik dan dihiasi bintik-bintik kecil merah.

Udang Cardinal

udang cardinal tetra,, ikan hias aquascape

Sumber : redcherryshrimp.ne

Udang hias cardinal shrimp ini memiliki warna merah gelap dihiasi dengan bintik-bintik putih atau bisa dibilang polkadot pada seluruh tubuhnya dengan ujung ekor berwarna putih.

Udang Red Nose

red nose, ikan hias aquascape

Sumber : absolutelyfish.com

Udang hias red nose type dari caridina ini sangat popular. udang hias ini memiliki warna unik dan tubuhnya yang transparan dengan garis merah menyala memanjang dan memiliki ciri menyala layaknya neon.

Udang Neon Shrimp

neon shirmp, ikan hias aquascape

www.flickr.com

Neon shrimp ini berwarna hijau transparan, udang neon shrimp ini cocok sebagai pembersih akuarium terutama  bertema aquascape.

Udang Red Cherry Shrimp

red cery,

en.wikipedia.org

Red cherry shrimp satu ini berwarna merah transparan dan cantik, sangat pas untuk pembersih aquarium tema aquascape.

Udang Bumble Bee

udang bumble bee,

www.garnelaxia.at

Bumble bee juga masuk dalam golongan caridina (pembersih). Udang ini suka berkeliling untuk membereskan sisa-sisa dari tanaman, kayu, atau pecahan batu.

Udang Blue Velvet

udang blue velvet,

www.reddit.com

Dengan warnanya yang unik biru transparan udang jenis blue velvet ini dapat membersihkan lumut sebagai pembersih aquarium.

Udang Yamato

udang yamato, ikan hias aquascape

www.petfish.net

Udang amano atau yamato adalah pemakan algae yang rajin hal ini membuatnya cocok ukuran aquarium apa saja. Selera makan mereka terhadap algae akan menurun jika terlalu sering diberikan makanan komersial.

Udang Bamboe

udang bamboe, ikan hias aquascape

www.youtube.com

Udang ini adalah clawless oleh karena itu tidak berbahaya bagi ikan lain. Tetapi jangan dipelihara bersama cichlids besar atau ikan yang agresif karena akan dianggap sebagai makanan. Dapat disatukan dengan udang lain yang ukurannya sama.

Keong Turbo

keong turbo,ikan hias aquascape

forum.o-fish.com

Keong ini dapat bertugas sebagai pememakan lumut yang rakus. Keberadaan keong ini sangat membantu dalam mengkontrol pertumbuhan lumut pada aquarium.

Keong Tanduk

keong tanduk,ikan hias aquascape

www.garnelen-tom.de

Keong tanduk berfungsisebagai pemakan lumut juga. Namun cangkangnya dihiasi tanduk-tanduk yang membuat penampilannya lebih menarik dan atraktif.

Keong Malaysian Trumpet Snail

malay trumpet snail,ikan hias aquascape

www.aquascapeindo.com

Malaysian trumpet Snail berfungsi sebagai pemakan sisa tanamanyang mati atau memakan kotoran ikan bahkan menjaga aquarium dari serangan planaria.

Keong Ramshorn Snail

ramsorn snail ,

raymondsalter.cgsociety.org

sama halnya dengan keong turbo, namun keong ini memiliki cangkang seperti tanduk kambing etawa. Makanannyapun juga sama mulai dari ganggang, makanan ikan yang tersisa di akuarium hingga bangkai ikan.

 


figur prasojo

life is journey, Santri, Desainer and Traveler

0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: