Ikan Oscar Terindah

Published by figur prasojo on

Ikan oscar merupakan salah satu jenis ikan hias yang banyak diminati oleh kalangan hobi’is atau pecinta ikan kususnya. Karena ikan ini memiliki komposisi warna yang menarik dan dalam pemeliharaannya ikan Oscar sendiri memerlukan makanan dan perawatan khusus.

Ikan Oscar adalah jenis ikan air tawar keluarga cichlid dan dikenal dengan berbagai nama seperti burung merak cichlid, walnut cichlid, harimau Oscar, beludru cichlid atau cichlid marmer. Ikan Oscar memiliki habitat asli di Amerika Selatan, tetapi juga dapat ditemukan di daerah lain termasuk Australia, Cina, dan Amerika Serikat.

Habitat Oscar biasanya banyak di temukan di sungai yang bergerak lambat dan danau di wilayah Amazon. Ikan Oscar adalah salah satu jenis ikan hias legendaris yang banyak di minati oleh para pecinta ikan.

Karakteristik

Pada umumnya ikan Oscar memiliki warna kombinasi hitam dan merah yang terlihat sangat elok dan indah. Selain itu juga ada yang berwarna putih pucat dengan corak merah ke kuningan yang biasa di sebut Oscar Albino.

Ikan ini juga dikenal sebagai hewan yang setia kepada pasangannya dan juga memiliki tingkat kecerdasan yang cukup baik dibanding dengan sebagian ikan hias lainnya.

Bercak warna indah yang menempel pada tubuhnya tidak akan muncul apabila ikan ini mengalami stres. Terjadinya stres dapat merupakan satu langkah awal terserang nya ikan ini oleh organisme penyebab penyakit.

Ikan Oscar memiliki nama latin Astronotus ocellatus yang merupakan anggota dari super kelas Pisces. Ikan ini juga termasuk ke dalam kelas Osteichtyes karena struktur tulangnya berbentuk tulang sejati.

Tubuhnya tersusun atas caput, truncus, dan caudal. Tubuhnya ini tertutup atau terlindungi oleh sisik yang bertipe ctenoid. Warna dari tubuh atau sisik yang bervariasi. Memiliki linea lateralis yang berbentuk lurus ke belakang dan memiliki alat gerak yang berupa sirip.

 

Klasifikasi Ilmiah :

Kingdom : Animalia

Fillum : Chordata

Super kelas : Pisces

Kelas : Osteichthyes

Ordo : Percamerphi

Famili : Cichlidae

Genus : Astronotus

Species : Astronotus ocellatus

 

 

Ikan jantan biasanya memiliki tanda merah menyala pada tutup insang dan  pada bagian perut di samping. Kecerahan warna ikan ini sering berganti-ganti sesuai dengan kondisi ikan. Ikan ini memiliki pergerakan yang lincah karena ditunjang dengan bentuk badan yang ramping dan pipih ke samping.

Ikan ini bersifat karnivora dan memakan daging. Pada habitat aslinya ikan ini sering memangsa ikan-kecil dan moluska atau bisa dibilang sebagai ikan predator.

Tips Budidaya

Makanan yang biasa diberikan pada ikan oscar yang dipelihara di akuarium oleh para  pecinta ikan sangat variatif. Biasanya ikan ini di beri makan seperti ikan-ikan kecil, jentik nyamuk, ataupun potongan daging ikan-ikan kecil. Untuk menghasilkan ikan yang memiliki warna yang berkualitas hendaknya anda beri makanan yang mengandung zat chitine.

Chitine biasanya banyak terkandung dalam makanan alami ikan ini yaitu hewan-hewan yang memiliki cangkang seperti kutu air, udang kali, rayap, dan lain-lain.

Dalam budidayanya ikan ini diketahui tahan dengan segala jenis kondisi air. Meskipun dapat bertahan pada berbagai kondis air, namun umumnya dipelihara pada suhu 26° – 30° C. Ikan Oscar dapat mencapai ukuran panjang 35 cm, namun rata-rata ikan ini berukuran maksimal 30 cm.

Oscar termasuk ikan yang memiliki kepribadian yang cerdas Ikan inidapat mengingat dengan cepat tentang jadwal makan mereka. Dalam segala hal yang berhubungan dengan makanannya dapat direkam dengan baik oleh ikan ini. Mereka dapat melompat pada ketinggian 15 cm sehingga dapat dapat meraih pakan dari tangan sang pemilik apabila sudah terlatih.

Ikan ini merupakan ikan predator, meskipun demikian ikan ini dapat menerima hampir semua jenis pakan seperti flake, pellet, cacing, jangkrik, ikan mas kecil dan lain-lain.

Dalam ranah budidaya, Ikan ini dapat dipijahkan setelah berukuran panjang 15 cm dengan lebar 10 cm. Telur hasil pemijahan akan ditempatkan oleh induk sang induk pada substrat yang memiliki permukaan licin seperti kaca, porselin, ataupun pecahan genting, dan akan dijaga oleh induk sampai telur tersebut menetas.

Ikan oscar dapat bertelur setiap 10 hari sekali dengan jumlah telur sekitar 1000-3000 butir telur per induk. Sepasang induk oscar dapat dipijahkan sampai 5 musim pemijahan atau sampai dengan umur 7 tahun. Semakin tua umur ikan oscar, maka jumlah telur yang dihasilkannya pun akan semakin menurun.

Oscar Gold

ikan oscar termahal

Oscar gold memiliki sisik berwarna kunuing emas dan pada bagian kepala berwarna abu-abu dan warna hiatam pada bagian perut.

Oscar Albino

ikan oscar terbesar

youtube.com

Oscar albino sesuai dengan namaya memiliki warna putih polos, seperti hewan albino pada umunya.

Albino Red

ikan hias terindah

Sumber : AquariumDomain.com

Jenis ikan yang berikutnya adalah ikan oscar albino red. ikan ini adalah hasil kawin silang dari jenis oscar albino dengan Oscar red atau merah.

Oscar red albino memiliki ciri mata yang berwarna merah jika tekena cahaya & memiliki warna merah yang lebih dominan. Pada bagian kepala berwarna putih dengan corak merah, dan di ujung setiap siripnya terdapat warna putih.

Oscar Tiger Albino

ikan oscar terindah

Jenis ikan yang selanjutnya adalah oscar albino tiger, Ikan yang satu ini memiliki warna yang khas sekali dan membuat ikan ini mudah dikenali dengan ciri-cirinya.

Ciri-ciri oscar albino tiger adalah memiliki warna tubuh yang dominan putih dengan bercak merah pada sepanjang tubuhnya dan memiliki sirip yang berwarna abu-abu.

Oscar Super Red

jenis jenis ikan oscar

Ikan yang satu ini merupakan ikan yang sangat cantik sekali, karena warnanya yang cerah membuat ikan ini cocok sekali untuk mengisi akuarium anda di rumah kamu.

Ciri-ciri oscar super red adalah memiliki sisik berwarna merah cerah, dan pada bagian ujung sirip ekor, punggung, dan perutnya memiliki warna yang sedikit putih.

Oscar Red Tail Bahia

ikan oscar terbesar

Sumber : Pinterest

Ikan Red Tail Bahia Oscar Fish ikan ini mungkin sekilas mirip ikan mujair, karena memiliki warna yang hampir sama. Ciri-ciri oscar red tail bahia memiliki lingkaran merah pada luar matanya. Warna pada bagian tubuh berwarna hijau keabu-abuan. Ikan ini memiliki bintik merah atau orange di tubuh dan ujung belakang sirip ekor.

Oscar Batik

ikan hias air tawar

Ikan yang ini merupakan jenis oscar yang dianggap sebagai ikan Oscar original. Ikan Oscar Batik ini dikenal juga dengan kemampuan berkembang biaknya yang baik. Oscar tger merupakan ikan oscar terbesar karena beratnya bisa mencapai 3 kg.

Ciri-ciri oscar batik adalah memiliki warna dasar tubuh coklat atau abu-abu dengan kombinasi warna merah atau orange dan hampir semua siripnya berwana hitam gelap. Selain itu ikan ini memiliki ciri-ciri yang menonjol pada sisik nya memiliki corak layaknya batik.

Oscar Red Tiger

ikan oscar termahal termurah2019

Sumber : oscarfishlover.com

Oscar red tiger atau dalam bahasa inggris lebih dikenal dengan nama Red Tiger Oscar Fish. Ikan ini merupakan hasil silang dari oscar red dengan oscar tiger sehingga menghasilkan oscar red tiger ini.

Ciri-ciri oscar red tiger memiliki warna dasar coklat dan abu-abu, terdapat bintik merah atau orange pada badannya, memiliki sirip ekor, punggung, dan perut yang berwarna hitam gelap, serta pada ujung ekor dan punggung terdapat sedikit warna putih bening.

Oscar Wild

ikan oscar terbesar

Sumber : oscarfishlover.com

Oscar wild, Ikan ini biasa dikenal juga dengan sebutan Wild Oscar Fish atau nama ilmiahnya, yaitu Astronotus Ocellatus.

Ikan ini memiliki ciri-ciri warna dasar hitam atau gelap, terdapat beberapa garis warna kuning keabu-abuan yang melintang dari atas sampai bawah, memiliki lingkaran kecil pada pangkal ekor, di ujung ekor dan sirip punggung memiliki warna orange atau merah, dan pada bawah rahang ikan memiliki warna kuning cerah.

Adapun jenis lain sebagai berikut :

  •  Oscar Wild Amazon
  •  Oscar Wild Argentina
  •  Oscar Wild Brazil
  •  Oscar Wild Crassipinni
  •  Oscar Wild Florida
  •  Oscar Wild Orbicularis
  •  Oscar Wild Venezuela

Oscar Lemon

ikan oscar lemon

Sumber : Farmbos.com

Oscar lemon memang memiliki kecerahan yang mirip sekali dengan warna buah melon. Ciri-ciri dari oscar lemon memiliki warna kuning cerah dan polos. Serta pada ujung sirip berwarna putih bening atau sedikit hitam.

Lutino Red

kontes ikan hias

Sumber : ikanhias-id.blogspot.com

Ikan ini disebut dengan salmon lutino merah atau Red Lutino Oscar Fish. Ciri-ciri oscar lutino red adalah memiliki warna dasar putih cerah dengan kombinasi warna orange solid atau merah.

Oscar Slayer

 

ikan oscar slayer

Sumber : .kaskus.co.id

Oscar jenis ini termasuk golongan ikan tercantik di dunia. ikan oscar slayer mirip dengan oscar albino yang memiliki kelainan genetik dan mengalami kelebihan hormon. Hal tersebut mengakibatkan pertumbuhan pada siripnya lebih cepat dari oscar pada umumnya.

Keunikan inilah yang dapat membuat oscar jenis ini memiliki predikat sebagai jenis Oscar tercantik di dunia. Oscar jenis ini temasuk dalam golongan ikan yang lumayan mahal. Harga ikan ini dapat mencapai harga Rp 150.000 untuk per ekornya.

 

 

Categories: Fauna

figur prasojo

life is journey, Santri, Desainer and Traveler

1 Comment

KolamKoi.id · 22 November 2019 at 4:39 pm

Informasi yang dipaparkan sangat menarik sekali apalagi ditambahi dengan gambar-gambar yang sesuai dengan pembahasan. Semoga penulis dapat konsisten memberikan konten-konten seputar ikan lainnya yang jauh lebih edukatif dan menambah wawasan. Terimakasih, salam kenal!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: