21 Jenis Ikan Cupang Hias & Liar Terlaris di Pasaran

Published by figur prasojo on

Ikan Cupang merupakan jenis ikan yang unik, karena tampilannya begitu cantik dan menawan. Di masyarakat luas ikan ini bayak di budidaya sebagai ikan hias maupun ikan petarung. Ikan cupang adalah termasuk hewan yang agresif dan suka menyerang.

Hampir semua jenis ikan cupang memiliki warna tubuh yang menarik. Mulai dari bentuk siripnya yang unik hingga gerakannya yang begitu tenang dan berwibawa. Karena keindahan dari warna ikan itulah yang membuat kebanyakan orang mengoleksi ikan ini untuk dijadikan hewan peliharaan.

Adapun di dunia ini terdapat banyak macam dan jenis ikan cupang. Jika dijabarkan, ada total sekitar 73 spesies ikan di muka Bumi ini, tidak semua jenis cupang memiliki warna yang indah. Memang ada beberapa jenis ikan cupang yang hanya bisa digunakan sebagai ajang aduanatau kontes.

Nah secara umum ikan cupang ini di bagi menjadi 3 jenis yaitu cupang aduan, Hias dan Liar. Untuk penjeasan lebih lengkapnya mari kita simak jenis jenis ikan cupang berikut ini.

Jenis-jenis Ikan Cupang

  • Cupang serit
  • Cupang Crown Tail
  • Cupang Plakat
  • Cupang Double Tail
  • Cupang Giant
  • HMPK (Halfmoon Plakat)
  • Cupang Big Ear
  • Cupang Sawah
  • Cupang Paradise
  • Cupang Sarawak
  • Cupang Surga
  • Cupang Fancy
  • Cupang Emas
  • Cupang Coccina
  • Cupang Veiltail

Cupang Halfmoon

jual ikan cupang

Sumber : Bahasikan.com

Seperti namanya, jenis ikan cupang halfmoon memiliki sirip dan ekor yang seakan menyatu membentuk setengah lingkaran layaknya bulan. Ikan cupang Halfmoon ini dikenal dan dipelihara karena keindahannyabentuk sirip dan ekornya.

Varian warnanya juga tidak kalah menarik, mulai dari merah menyala, kuning hingga putih.

Cupang Serit

jenisk ikan hias

Sumber : bahasikan.com

Seperti namanya, ikan cupang serit memiliki bentuk sirip bercabang cabang dan ikan ini beda dari jenis ikan cupang lainnya. Bentuk sirip ikan cupang ini seperti ikan yang habis bertarung, karena bentuk siripnya sobek-sobek dan tak beraturan.

Karena keunikannya ikan cupang jenis ini menjadi salah satu jenis cupang hias yang paling sering dicari untuk dijadikan ikan hias dirumah dan memiliki harga jual tinggi.

Ikan Cupang Crown Tail

harga ikan cupang

Sumber : kediribetta.com

Cupang crown tail suadah sangat mendunia dikarenakan variasi keindahannya yang beraneka ragam. Ikan ini disebut crown tail karena memiliki ekor layaknya mahkota, dan apabila dibalik menghadap ke atas serit-serit pada ekornya terlihat seperti mahkota ratu.

Jenis cupang ini banyak di minati orang karena budidaya ikan yang satu ini cukup langka. Dan jenis yang ini sama dengan cupang serit

Ikan Cupang Plakat

jual ikan cupang

Sumber : tokopedia.com

Ikan cupang plakat banyak digunakan sebagai ikan aduan. Namun, juga banyak orang yang memelihara cupang jenis plakat ini sebagai ikan hias. Selai bentuknya yang indah, ikan cupang plakat memiliki kesan sirip yang tegas dan kekar.

Berbeda dengancupang hias pada umumnya gerakan ikan cupang yang satu ini lebih jantan dan berwibawa.

Ikan Cupang Double Tail

ikan cupan

Sumber : youtube.com

Disebut double tail, ya tentu sesuai degan namanya ikan ini memiliki ekor yang terbelah dua. Jenis ikan cupang double tail tergolong sulit dikembangbiakan. Oleh karena itu, keberadaan ikan ini masih jarang dijumpai di pasaran dan terkenal langka.

Ikan Cupang Giant

ikan cupang giant

Sumber : youtube.com

Ikan cupang Giant ini berhasil di budidayakan di Thailand. Sesuai dengan namanya ukuran ikan ini memiliki postur ubuh yang lebih besar dari ikan cupang pada umumnya. Ukuran terbesarnya pun dapat mencapai 12 cm, sungguh sangat besar bukan ,, dari jenis ikan cupang lainnya.

Karena ukuran tubuhnya yang besar, ikan cupang ini tidak bisa bergerak lincah dibandingkan jenis lainnya dan cenderung kalem.

HMPK (Halfmoon Plakat)

ikan cupang terindah

Sumber : Youtube.com

Ikan cupang HMPK adalah hasil budidaya dari ikan cupang jenis plakat dan halfmoon yang kemudian disingkat menjadi HMPK. HMPK menuai banyak pujian di kalangan pencita ikan karena bentuk dan warnanya yang indah dan menawan.

Ikan Cupang Big Ear

cupang giant

Sumber : pixabay.com

Nah yang selajutnya adalah ikan cupang big ear. Ikan ini sering disebut cupang dumbo karena memiliki sirip telinga yang sangat lebar layaknya sepasang sayap. Pada dasarnya ikan jenis cupang ini adalah salah satu variasi ikan cupang yang baru dikembangkan.

Adapun di Indonesia sendiri sudah banyak di temui di pasaran.

Ikan Cupang Sawah

cupang liar

Sumber : alimustikasari.com

Cupang liar atau cupang sawah adalah cupang yang belum mengalami persilangan, dan ikan inipun jauh dari jangkauan manusia. Warna tubuhnya juga ber variasi bergaris kuning dan biru.

Harganya pun juga bervariasi jika semakin bagus dan langka maka bisa sangat mahal. Namun, sebaliknya jika sudah umum bisa sangat murah.

Cupang Paradise

cupan paradise

Sumber : pinterest.com

Cupang paradise atau nama ilmiahnya Marcopodus opercularis, ikan ini banyak ditemukan di daerah persungaian Sumatra, Kalimantan dan Sulawesi. Ciri-ciri ikan cupang ini adalah ekornya bercabang dan  memiliki warnanya bergaris-garis lurus vertical dengan warna hijau terang.

Cupang Sarawak

cupang sarawak

Sumber : jeniscupang.blogspot.com

Ikan cupang jenis ini memiliki ciri khas semacam garis yang berada di sisi kanan kiri ikan dari kepala hingga pangkal ekor. Cupang Sarawak biasanya sangat mudah beradaptasi pada segala kondisi alam.

Cupang jenis ini juga memiliki ketahanan hidup yang baik sehingga ia bisa sangat nyaman berada di air dengan tekanan yang tinggi. Jenis cupang liar yang satu ini memiliki warna lebih sederhana dan transparan.

Cupang Fancy

fancy fighting fish

Sumber : pinterest.com

Ikan cupang fancy memiliki ukuran sirip yang tidak terlalu besar seperti ikan cupang halfmoon, namun jenis ikan cupang ini memiliki warna yang indah dan bervariasi. Ikan ini terkenal karena kombinasi warna gradasi layaknya lukisan.

Karena warnanya yang indah dan sangat cantik lah yang membuat harganya relatif mahal dan bisa menjadi yang termahal.

Cupang Emas

ikan cupang gold

Sumber : freepik.com

Ikan cupang emas seing ditemukan di sungai, dan rawa. Sebutan latin cupang emas adalah Betta unimaculata yang berarti berwarna ke emas-emasan (cupang gold).

Cupang Coccina

jenis jenis cupang

Sumber : cianjurupdate.com

Tubuhnya berbentuk silinder dengan warna merah tua pada sirip hingga kepala. Bentuk kepalanya bulat panjang berwarna perak kekuning-kuningan. Sedangkan pada sirip insangnya cenderung transparan dan agak merah. Sedangkan pada bagian sirip bawah cenderung polos dan panjang.

Nama lain dari ikan tersebut adalah cupang Belgi Bangkok.

Cupang Veiltail

jenis ikan cupang

Sumber : pixabay.com

Jenis cupang veiltail memiliki postur tubuh yang hampir mirip dengan double tail dan halfmoon. Perbedaan antara Ikan cupang veiltail dengan halfmoon dan double tail dapat di lihat dari ekornya.

Dulu ikan cupang veiltail ini banyak diminati orang karena mudah untuk didapatkan, namun karena semakin banyak ikan cupang persilangan yang bervariasi, cupang veiltail ini mulai tersisihkan.

 

Categories: FaunaHobi

figur prasojo

life is journey, Santri, Desainer and Traveler

0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: