Jenis Jenis Paragraf Berdasarkan Tujuan & Contoh

Published by figur prasojo on

Jenis Jenis Paragraf-Suatu teks atau narasi yang sempurna pasti tersusun oleh paragraf yang baik juga. Dan dalam pembentukan paragraf juga diperlukan beberapa struktur kalimat dan penggunaan kata yang baik. Oleh karena itu sebuah paragraf adalah suatu hal yang perlu di perhatikan dalam suatu teks.

Dalam penyusunan sebuah paragraf, tentu terdiri dari beberapa kalimat dan kata yang harus di perhatikan. Mulai dari penyusunan kata, penggunaan kata dan makna yang di sampaikan.

Berikut adalah penjelasan mengenai jenis-jenis paragraf definisi dan syarat-syarat agar paragraf itu menjadi sempurna.

Definisi Paragraf

 contoh paragraf argumentasi, contoh paragraf dan artinya

pixabay.com

Definisi paragraf menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI adalah “ Bagian bab pada suatu karangan (biasanya mengandung ide pokok dan penulisan yang di mulai dengan garis baru )”.

Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa paragraf adalah bagian penting dari sebuah karangan atau narasi yang didalamnya mengandung makna. Dan pada suatu paragraf mengandung kalimat penjelas atau ide pokok yang menerangkan maksud dari sebuah teks.

Syarat-Syarat Paragraf

syarat syarat paragraf, jenis jenis paragraf deskripsi, paragraf narasi , paragraf argumentasi

pixabay.com

Sebuah paragraf tidak hanya terdiri dari rangkaian kalimat saja, melainkan ada syarat-syaratyang harus di penuhi. Untuk menjadi sebuah paragraf yang baik, memperlukan syarat-syarat tertentu yang perlu di terapkan. Tentunya syarat-syarat ini sesuai kaedah yang baik dan benar sebagai berikut.

Kelengkapan

Syarat membuat paragraf yang pertama adalah kelengkapan, kelengkapan yang di maksud adalah kelengkapan isi pada sebuah paragraf. Beberapa unsur itu adalah struktur seperti gagasan utama, kalimat utama serta kalimat penjelas. Apabila tidak ada kalimat penjelas hanya akan membuat bingung pembacanya saja.

Kesatuan

Kesatuan merupakan hubungan yang perlu diperhatikan karena pada setiap kalimat pada sebuah paragraf. Karena apabila struktur dan unsur sudah di lengkapi namun tidak ada kesatuan, maka tidak ada hubungan antara  gagasan utama dan kalimat penjelasnya.

Kepaduan

Syarat kepaduan kalimat ini sangat penting dan perlu di koreksi. karena apabila tidak ada kepaduan antara kalimat yang dirangkai akan terjadi ke tidak serasian atau tidak logis.

Salah satu ciri sebuag paragraf sudah memiliki kepaduan adalah dengan teratunya kata konjungsi. Contohnya adalah, konjungsi antar kata adalah karena, sehingga, karena, oleh, agar dan sebagainya. Sedangkan konjungsi antar kalimat adalah kemudian, disamping itu, bahkan dan sebagainya.

Ciri-ciri Pantun & Contohnya

Jenis-Jenis Paragraf dan Tujuannya

jenis paragraf contoh dan tujuanya, jenis jenis paragraf dan contohnya

pixabay.com

Ada berbagai  jenis paragraf yang harus anda ketahui. Beberapa jenis paragraf tersebut memiliki tujuan yang tidak sama. Memang sebuah paragraf satu tidak sama dengan jenis paragraf yang lainnya dan memiliki tujuannya sendiri.

Bagi anda yang ingin tahu dengan berbagai macam jenis paragraf yang ada, berikut adalah beberapa jenis-jenis paragraf beserta contohnya.

Jenis Paragraf Berdasarkan Kalimat utama

paragraf teks kalimat efektif, jenis jenis paragraf,jenis jenis paragraf persuasi

pixabay.com

Ada 3 jenis paragraf berdasarkan letak kalimat utamanya yaitu paragraf deduktif, induktif dan campuran.

Paragraf Deduktif

Paragraf deduktif adalah sebuah paragraf yang diawali dengan mengungkapkan masalah pokok yang kemudian diikuti dengan beberapa kalimat penjelas.

contoh sebagai berikut:

  • Betapa sulitnya masuk ke perguruan tinggi favorit karena banya pesaing yang berprestasi . Oleh karena itu kita wajib belajar dengan lebih sungguh sungguh agar dapat bersaing dengan mereka.
  • Polusi udara semakin luas dan menjalar ke kota kota kecil di area ibukota. Itu semua di sebabkan oleh bertambahnya kendaraan dan industri baru.

Paragraf Induktif

Jenis paragraf induktif ini merupakan sebuah paragraf yang dimulai dengan mengungkapkan beberapa penjelasannya terlebih dahulu. Kemudian diakhiri dengan kalimat topik yang dibahas disana

Contoh sebagai berikut :

  • Kesadaran masyarakat untuk membuang sampah pada tempanya sangatlah timggi. Sehingga penyumbatan sampah pada selokan mulai berkurang tidak seperti tahun lalu. Karena penyumbatan sampah pada selokan sehingga terjadi banjir.
  • Seni lukis dan menggambar pada era ini dapat dilakukan oleh siapapun. Tidak seperti dahulu yang hanya boleh di gambar oleh seorang seniman saja. Apalagi sudah ada alat menggambar secara digital yang mudah di jangkau.

Paragraf Campuran

Jenis paragraf yang selanjutnya adalah paragraf campuran. Kalimat awal paragraf ini menjelaskan sebuah topik dan kalimat kedua adalah kalimat penjelas dan diakhiri dengan kalimat topik lagi.

Contoh sebagai brikut :

  • Di kehidupan sehari hari manusia tidak lepas dari yang namanya Gadget. Dalam agenda apapun pasti menggunakanya dan sudah menjadi gaya hidup. Ini semua memang karena kemajuanteknologi yang melahirkan sebuah Gadget.
  • Dalam kesehariannya manusia pasti membutuhkan yang namanya air. Karean air adalah sebagai pengisi ion dalam tubuh kita agar tidak dehidrasi. Manfaat minumair sangatlah banyak dan dapat melarutkan zat-zat yang pelu di buang oleh tubuh kita.

Ciri-ciri Kalimat Efektif & Contohnya

Jenis Paragraf Berdasarkan tujuannya

paragraf teks kalimat efektif, Jenis Paragraf Berdasarkan tujuannya

pixabay.com

Jenis paragraf berdasarkan tujuannya terbagi menjadi tiga yaitu paragraf narasi, deskripsi dan persuasi. Dari ketiga jenis paragraf tersebut kita akan abahas satu persatu.

Paragraf Narasi

Paragraf narasi adalah paragraf yang menceritakan tentang sebuah kejadian yang memiliki latar, tokoh,alur dan konflik. Dapat kalian temui paragraf seperti ini biasanya pada sebuah cerpen atau novel.

Contoh paragraf Narasi :

  • Pada suatuhari di sebuah gubuk kecil nan reyot hiduplah seorang pendekar yang gagah berani. Dalam kesehariannya ia membatu seluruh warga yang ,embutuhkan bantuannya.
  • Pak Doni adalah seorang PNS yang setiaphari berangkat kerja menggunakan angkot ini. Dia memang orang yang ramah dan dermawan.

Paragraf Deskripsi

Paragraf deskripsi adalah paragraf yang mendeskripsikan suatu benda atau objek. Dan seolah olah kita terbawa dan melihat objek yang di deskripsikan tadi. Biasanya objek yang diceritakan berupa objek yang dapat di bayangkan dan dirasakn oleh alat indra kita.

Contoh paragraf Deskripsi :

  • Dia adalah pendekar yang gagah berani, memiliki tubuh tinggi nan kekardengan rambut gimbalnya. Dapat dilihat dari sepatunya pria itu adalah satrio totosembodo.
  • Raja itu memiliki singgasana yang amat megah, sebuag istana putih yang di topang oleh puluhan tiang tiang besar dan kokoh. Dan di bagian bawah di landasi dengan batu-batu marmer yang terbaik dari seluruh dunia.

Paragraf Persuasi

Paragraf narasi adalah paragraf yang mengajak setiap pembacanya atau bersifat mempengaruhi. Dapat kalian temui jenis paragraf narasi biasanya digunakan untuk periklanan.

Contoh paragraf Persuasi :

  • Sarung ini terbuat dari kain yang bagus dan tidak panas ketika dipakai. Perkenalkan sarung blabla cepat beli potongan setengah harga saat promo.

Paragraf Argumntasi

Paragraf argumentasi adalah pareagraf yang isinya menyampaikan suatu pendapat. Biasanya isi dari paragraf ini adalah pendapat seseorang yang di lengklapi beberapa alasan yang mendasar.

Contoh paragraf Argumentasi :

  • Setiap warga di Indonesia belum mendapatkan rumah atau tempat inggalayang layak untuk di tinggali. Pernyataan tersebut di ungkapkan oleh kemetrian pemerintah daerah pada saat pidato pembukaan rapat daerah.

Paragraf Eksposisi

Paragraf eksposisi adalah paragraf yang menyampaikan isi pendapat atau ide pikiran yang dapat menambah pengetahuan dan wawasan setiap pembacanya. Biasanya pada paragraf ini terdapat kalimat atau data yang aktual dan ilmiah untuk menjadi refrensi.

Ataupun biasanya di lengkapi dengan sebuah tabel atau grafik data dukungan.

Contoh paragraf Eksposisi :

  • Danau Toba adalah danau Vulkanik yang paling besar di Indonesia dan terletak di pulau Sumatra dan tepatnya Sumatra utara. Danau ini memiliki luas 1.130 Km2 dan kedalaman maksimum 529 m, danau ini terletak di Sumatra utara dengan ketinggian permukaan 900 meter (2953 ft).

Berbagi ilmu itu penting semoga bermanfaat terimakasih…

 


figur prasojo

life is journey, Santri, Desainer and Traveler

0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: