Kucing Bengal Si Kucing California

Published by figur prasojo on

Taukah kamu Kucing Bengal atau Blacan adalah keturunan ketiga dari hasil persilangan antara kucing domestik dengan kucing Blacan/kuwuk. Kucing ini berasal dari California, Amerika Serikat. Meskipun tergolong kucing hutan, namun ras Bengal termasuk hewan yang banyak digemari dan di jadikan hewan peliharaan.

Harga kucing bengal sendiri dapat mencapai 20 jt lebih loh, namun bagi pecinta kucing seberapapun harganya tidak akan menjadi masalah. Nah seperti apakah kucing tersebut dan bagaimana cara merawatnya simak pengertian berikut.

Kucing Bengal Asli

kucing bengal asli

Sumber : pixabay.com

Kucing bengal merupakan keturunan ketiga dari persilangan kucing american shorthair dengan kucing asian leopard. Kucing blacan tergolong sebagai kucing hutan, walaupun begitu banyak yang menggemari hewan ini untuk dijadikan peliharaan.

Hewan ini berasal dari California, Amerika Serikat. Ciri kucing adalah memiliki ukuran badan yang panjang dan otot-otot pada tububhnya juga kuat. Selain itu tulang tubuhnya besar dan tebal, dengan bulu rapat dan halus.

kucing bengal atau blacan dalam proses pemeliharaanya membutuhkan perawatan khusus terutama pada bulunya.

  • Cerita Kucing Bengal

Kucing ras bengal merupakan hasil perkawainan silang dari pola soptted wild cat oleh dr. Centerwall seorang ahli genetik. Awalnya ia mengawinkan kucing american shorthair dengan kucing asian leopard. Dari hasil perkawainan itu melahirkan anak betani kemudian anak kucing tersebut dikawinkan dengan ayahnya. Hasilnya lahirlah kucing ini.

Nama latin kucing bengal adalah Leopard Cat Iaitu Felinebengalenis dan biasa di sebut dengan nama Bengal Tiger Cat.

  • Ciri-ciri fisik Kucing Bengal

Ciri fisik ras bengal adalah postur tubuh yang besar dan gagah. Sebagai ketunan kucing liar, kucing bengal memiliki fisik yang kuat. Berat tubuh kucing ini bisa mencapai 10 kirogram untuk kucing jantan dan sekitar 4 samapi 5 kilogram untuk kucing betina. kucing ini di dominasi dengan warna cokelat dan hitam.

  • Sifat Bengal

Seperti kebanyak jenis kucing lain, kucing ini juga termasuk kucing yang aktif dan pemberani. Yang membedakan ini dengan kucing pada umumnya ialah kucing bengal suka dengan air atau suka mandi.

Tips Memilih Bengal

kucing bengal

Sumber : pixabay.com

Di Indonesia sendiri ada banyak macam kucing bengal yang berbeda corak bulu sampai postur tubuh. Kucing ini memang sudah menjadi hewan peliharaan dan banyak di minati oleh para pecinta kucing. Nah bagi kamu yang ingin memiliki kucing ini hendaknya memperhatikan hal hal berikut ini.

  • Perhatkan Coraknya

Jika berbicara mengenai corak tentunya menjadi piihan sesuai selera masing masing. Namun Banyak orang yang menyarankan untuk memilih bulu yang tidak terlalu mengembang sepaya tidak sulit dalam perawatannya.

  • Perhatikan Postur Tubuh

Dalam pemilihan postur tubuh kucing juga relatif, Saran sih pilih yang kepalanya bulat dan berahang lebar serta kaki panjang dan ramping.

  • Pilih karakter

Pemilihan karekter kucing juga penting karena kucing ini pada dasarnya adalah kucing huatan yang memiliki sifat alami yang liar. Jika kamu memilih kucing yang belum berjiwa PET biasanya daia akan sedikit liar layaknya kucing hutan.

Makanan Kucing Bengal

makanan kucing bengal

Sumber : pixabay.com

Dalam pemilihan makanan biasanya orang lebih memilih hal yang simple dengan memberikan makanan yang di dapat dari pet shop. Namu ada juga yang berusaha meracik sendiri makanan kucing bengal agar dapat tumbuh dan berkembang dengan baik.

Nah pastikan makanan yang kalian berikan memenuhhi asupan nutrisi si kucing agar selalu sehat dan fresh.

  • Daging Ayam

Kalian bisa memberikan daging ayam yang telah di kukus pada kucing sebagai makanan kucing hutan.

  • Ikan

Pemberian makan dengan ikan atau daging ayam akan membantu pertumbuhan kucing secara alami sesuai dengan makanan alaminya.

  • Dry Cat Food

Makanan kering yang kamu dapat dari pet shop

Ciri kucing stress

cara menangani kucing stress atau sakit

Sumber : pixabay.com

Pada umumnya kucing yang mengalami stress atau gangguan akan emnunjukan sifat yang berbeda dari biasnya. Nah hal inilah yang harus kita pahami dan ketahui agar bisa mengatasinya dan tau apa yang terjadi pada peliharaan kita.

Sering Menyendiri

Yang pertama adalah apabila kucing sering menyendiri di dalam kandang atau di ruang tertutup maka itu adalah ciri kucing sedang mengalami stress. Kucing juga akan mengabaikan kedatangan pemiliknya dan cenderung tidak banyak tingkah.

Nah jika haltersebut terjadi secara berkelanjutan dapat membuat kucing bisa terkena penyakit dan stress berkepanjangan.

Sakit

Apabila kucing mengalami muntah atau mencret hal tersebuat bukan masalah biasa, namun bisa jadi kucing mengalami gangguan pencernaan. Sebagai pemiliki kucing kamu aharus tau dan memperhatikan makanan yang baik dan sehat untuk kucing.

Tidak Kawin

Memberikan pasangan bagi kucing kamu juga penting loh, karna apa tentu saja kucing juga memiliki nafsu birahi. Nah hal tersebut harus kamu perhatikan agar kucing tidak sering berkeliaran keluar rumah dan tidak kembali lagi.

Kucing juga dapat mengalami sterss jika tidak memiliki pasangannya (kamu jaga begitu kayaknya hehe). Nah tipsnya kenalkan kebada betina supaya kucing menjomblo.

Cara Merwat Kucing Bengal

cara merawat kucing bengal

Sumber : pixabay.com

Tugas yang paling penting bagi setiap pecinta kucing yang mempelihara kucing tentunya Merawatnya dengan baik. Nah berikut adalah tips merawat kucing bengal.

Bersihkan Dengan Rutin

Kucing bengal memiliki bulu yang tebal dan lebat dalam pemeliharaannya memperlukan perawatan kusus. Bersihkan secara rutin supaya telihat bersih karena daya tarik utama daari kucing ini adalah bulunya.

Namun jangan terlalu sering menyisirnya karena bulu kucing ini yang sangat lembut (seperti kain satin). Namun agak berbeda dengan jenis kucing lainnya, jika kamu mulai menyisir bulunya sejak usianya masih kecil, ia akan berkembang menjadi kucing yang menyukai perhatian (terutama perhatian secara fisik).

Nah dalam memandikannya kamu juga jangan takut kesulitan karena kucing bengal tidak takut pada air. Nah hal ini sangat membantu kita dalam memandikan kucing karena kucing ini tidak takut pada air justru suka dengan air.

Bermain Bersama Kucing
kcing bengal bermain

Sumber : pixabay.com

Bermain bersama kucing juga perlu loh.  Pastikan kamu bermain bersama kucing  dua kali dalam sehari, dengan waktu minimal selama 10 menit (atau sampai kelelahan). Kucing bengal adalah hewan yang cerdas dan sangat enerjik sehingga kamu perlu menyediakan “pelampiasan” untuk perilaku berburu yang ia miliki.

Jika kamu membiarkannya tanpa memberikan pelampiasan dengan bermain, kemungkinan si kucing akan mencari kesenangan sendiri dengan menghancurkan barang / aksesoris kesayangan kamu.

Kucing bengal juga memiliki kecerdasan yang tinggi dan pintar dalam menyelesaikan masalah. Ini artinya, ia bisa mencari cara untuk membuka lemari makanan, atau kulkas. Bersiaplah untuk memasang kunci di pintu dan ruangan-ruangan yang memiliki objek-objek yang dapat membahayakan si kucing.

Sediakan Tempat Buang Air

Sediakan penutup atau atap pada kotak tempat buang air si kucing tersebut agar dapat memberikan privasi bagi kucing kamu. Selain itu, pastikan kamu menyediakan kotak buang air dengan yang tinggi.

Hal itu di lakukan karena Kucing Bengal dapat melompat dengan ketinggian tiga kali dari panjang tubuhnya sehingga tidak perlu ragu untuk menyediakan kotak buang air dengan dinding yang sedikit lebih tinggi.

Dinding yang tinggi juga berguna agar urinenya tidak sampai terciprat keluar kotak. Namun Jika kamu ingin mengajari kucing untuk buang air di kloset, prosesnya juga akan jauh lebih mudah ketika kamu mengajari kucing Bengal.


figur prasojo

life is journey, Santri, Desainer and Traveler

0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: