Kucing Hutan Jawa

Published by figur prasojo on

Kucing hutan Jawa atau bisa di sebut juga macan akar (Macan Alas) atau macan rembah ini ternyata sudah hampir punah dan termasuk hewan yang di lindungi. Kucing ini memang bernama kucing hutan namun ia seringkali di jumpai di lahan perkebunan masyarakat.

Kucing hutan jawa atau macan akar ini memiliki ciri-ciri  yang hampir mirip dengan kucing pada umumnya. Memang sekilas terlihat seperti kucing rumahan namun kucing ini memiliki sifat yang liar dan cenderung menjauhi manusia.

Kucing hutan jawa ini memiliki postur tubuh besar dan berwarna coklat gelap dengan corak totol-totol. Kucing hutan jawa ini termasuk juga dalam keluarga kucing besar atau bisa di sebut Genus panthera.

kucing hutan jawa, kucing hutan, kucing hutan langka 

Populasi Kucing Hutan 

Kucing hutan ini memiliki populasi hampir seluruh Indonesia. Di Asia Tenggara, jenis kucing  hutan ini dapat di temui di daerah Laos, Vietnam, Malaysia, dan Thailand. Di Asia Selatan hewan itu bisa ditemui di daerah India, Srilanka, dan Bangladesh.

Mereka adalah hewan yang berhabitat di hutan hujan. Sebagai karnivora, mereka pemakan daging yang memburu dan memangsa burung, ular dahan, dan tupai.

Undang-undang Perlindungan

PP No 7 Tahun 1999, dan ada kententuan dalam Undang-Undang No 5 Tahun 1990 bahwa:

Kepada siapapun orangnya yang sengaja melukai, menangkap, membunuh, menyimpan, memelihara, memiliki, mengangkut, dan memperniagakan satwa yang dilindungi dalam keadaan hidup; (Pasal 21 ayat (2) huruf a), diancam dengan pidana penjara paling lama 5 (lima) tahun dan denda paling banyak Rp. 100.000.000,00 (seratus juta rupiah). (Pasal 40 ayat (2)).

Dan Barang Siapa yang Sengaja memiliki, memelihara, menyimpan, mengangkut, dan memperniagakan satwa yang dilindungi dalam keadaan mati (Pasal 21 ayat (2) huruf b), diancam dengan pidana penjara paling lama 5 (lima) tahun dan denda paling banyak Rp. 100.000.000,00 (seratus juta rupiah). (Pasal 40 ayat (2)).

Walaupun begitu banyak juga situs yang memperdagangkan dan sengaja menjual hewan liar tersebut.

Berikut Adalah Jenis-Jenis Kucing Hutan

  • Kucing Bengal Atau Blacan
  • Macan Dahan Benua
  • Kucing Batu
  • Macan Dahan Kalimantan
  • Kucing Emas Asia
  • Kucing Kuwuk
  • Kucing Hutan Jawa
  • Kucing Tandang

Kucing Bengal atau Blacan

kucing hutan indonesia

Kucing bengal merupakan keturunan ketiga dari persilangan kucing american shorthair dengan kucing asian leopard. Kucing blacan tergolong sebagai kucing hutan, walaupun begitu banyak yang menggemari hewan ini untuk dijadikan peliharaan.

Hewan ini berasal dari California, Amerika Serikat. Ciri kucing adalah memiliki ukuran badan yang panjang dan otot-otot pada tububhnya juga kuat. Selain itu tulang tubuhnya besar dan tebal, dengan bulu rapat dan halus.

kucing bengal atau blacan dalam proses pemeliharaanya membutuhkan perawatan khusus terutama pada bulunya.

  • Cerita Kucing Bengal

Kucing ras bengal merupakan hasil perkawainan silang dari pola soptted wild cat oleh dr. Centerwall seorang ahli genetik. Awalnya ia mengawinkan kucing american shorthair dengan kucing asian leopard. Dari hasil perkawainan itu melahirkan anak betani kemudian anak kucing tersebut dikawinkan dengan ayahnya. Hasilnya lahirlah kucing bengal.

Nama latin kucing bengal adalah Leopard Cat Iaitu Felinebengalenis dan biasa di sebut dengan nama Bengal Tiger Cat.

  • Ciri-ciri fisik Kucing Bengal

Ciri fisik ras bengal adalah postur tubuh yang besar dan gagah. Sebagai ketunan kucing liar, kucing bengal memiliki fisik yang kuat. Berat tubuh kucing bengal  ini bisa mencapai 10 kirogram untuk kucing jantan dan sekitar 4 samapi 5 kilogram untuk kucing betina. kucing ini di dominasi dengan warna cokelat dan hitam.

  • Sifat Kucing Bengal

Seperti kebanyak jenis kucing lain, kucing bengal juga termasuk kucing yang aktif dan pemberani. Yang membedakan ini dengan kucing pada umumnya ialah kucing bengal suka dengan air atau suka mandi.

Macan Dahan Benua

kucing dahan benua, kucing hutan

Macan dahan benua dengan nama ilmiahnya Neofelis nebulosa adalah jenis kucing yang memiliki ukuran sedang.

  • Cerita macan dahan benua

Kucing ini banyak tersebar di daerah asia tenggara terutama di daerah pegunungan Republik Rakyat Cina, indocina, india dan semenanjung Melayu. Bahkan kucing ini telah punah di alam bebas.

Di indonesia juga ada macan dahan yang hidup di pulau kalimantan dan sumatera. Namun jenis itu tak dianggap satu spesies dengan macan dahan benua sejak tahun 2006.

  • Ciri fisik macan dahan benua

Panjang tubuh kucing dahan dapat mencapat 95 cm. Bulu kucing ini juga cukup menarik yaitu bulu berwarna kelabu kecoklatan dan bintik hitam pada tubuhnya. Pada kepalanya terdapat bintik hitam kecil-kecil sama dengan yang ada di tubuhnya.

Macan ini memiliki kaki pendek dengan telapak kaki yang besar dan ekor panjang dengan garis dan bintik hitam.

  • Sifat kucing macan dahan benua

Macan dahan merupakan hewan yang aktif berburu di malam hari atau nocturnal. Kebiasaan kucing ini ialah mengahbiskan waktunya berada diatas pohon. Gerakan kucing dahan sangat lincah untu melompat-lompat diatas pepohanan.

Kucing Batu

kucing batu

Sumber : Mongabay.co.id

Kucing batu atau Pardofelis marmorata adalah kucing hutan yang hidup di dataran asia sealatan dan asia tenggara. Kucing ini termasuk dalam kategori yang rentang akan kepunahan oleh IUCN ( Uni Internasional untuk Konversi Alam). Total populasi hewan ini kurang 10.000 kucing dewasa.

  • Cerita kucing batu

Pada awalnya kucing ini dianggap memiliki garis keturunan dari pantherine atau kucing besar. Setelah analisis genetik menujukkan bahwa ia erat kaintannya denga kucing emas.

  • Ciri fisik kucing batu

Kucing batu memiliki panjang tubuh 46 sampai 62 cm dan panjang ekor 35 sampai 55 cm. berat tubuh kucing ini bisa mencapai 5 kg. Dari warna, bulu kucing ini mirip dengan kucing dahan yaitu coklat abu-abu, kuning dan hitam.

  • Sifat kucing batu

Kucing ini suka beburu hewan seperti burung, tupai, tikus dan reptil. Sama seperti kucing hutan pada umumnya, kucing batu juga bersifat nocturnal.

Macan Dahan Kalimantan

kucing hutan kalimantan

Macan dahan Borneo memiliki nama latin Neofelis Diardi merupakan kucing liar dengan postur tubuh yang sedang. Hewan ini memiliki habitat di pulau kalimantan dan sumatera. Pemberian nama Borneo Clouded leopard atau macan dahan kalimantan pada 14 maret 2007 oleh WWF (World Wide Funt for Nature).

  • Cerita macan dahan kalimantan

Macan dahan kalimantan tidak sama dengan spesies macan tutul. Nama Neofelis diardi disematkan pada macan dahan kalimantan untuk penghormatan kepada seorang penjelajah dari Prancis.

  • Ciri fisik macan dahan kalimantan

Macan dahan kalimantan adalah jenis kucing pemangsa terbesar yang ada dikalimantan Dengan tubuh yang besar dan kekar. Bobot tubuhnya mencapai 25 kg sedangkan panjangnya dapat mencapai 90 cm.

Taring giginya memiliki panjang? dua inci, hal ini proposional dengan ukuran tengkoraknya. Bulu kepala macan dahan kalimantan berbentuk oval tak beraturan dengan sisi tepi warna coklat dan warna hitam pada titik tengahnya.

  • Sifat macan dahan kalimantan

Macan dahan kalimantan memiliki banyak kebiasaan yang yang sama denganhewan liar pemakan daging pada umumnya. Untuk berburu hewan ini banyak melakukan di atas tanah dan memanfaatkan keahlian memanjatnya untuk menghindari bahaya.

Kucing Emas Asia

kucing hutan

Kucing emas asia atau Pardofelis temmincki, Catopuma temmincki adalah kucing hutan yang hidup di asia tenggara. Menurut IUCN pada tahun 2008, kucing ini masuk dalam klasifikasi kucing yang hampir punah. Hal ini disebabkan maraknya pemburuan dan hilangnya habitat aslinya.

  • Cerita kucing emas asia

Kucing emas asia hidup hampir di seluruh Asia Tenggara. Seperti dataran Tibet, Nepal, Bhutan, India dan Bangladesh kemudian myanmar, Thailand, Kamboja, Laos, Vietnam, Malaysia dan Indonesia.

Habitat yang mereka adalah wilayah hutan yang diselingi daerah berbatu. Kucing ini juga banyak ditemui di hutan hujan topis yang hijau dan subtropis.

  • Ciri fisik kucing emas asia

Kucing emas asia memiliki panjang tubuh sekitar 66 sampai 105 dan panjang ekor kucing ini juga mencapai 40 sampai 57 cm. Bobot tubuhnya berkisar antara 9 sampai 16 kg, atau lebiuh besar tiga kali lipat dari ukuran kucing rumahan.

  • Sifat kucing emas asia

Kucing emas asia aktif ketika malam hari untuk berburu burung, tikus yang besar serta reptil. Kucing ini mampu menjatuhkan mangsa yang lebih besar dari tubuh mereka. Contohnya lembu.

Mereka memiliki suara mendesis, mengong, mendengkur dan mengeram. Cara berkomunkasi kucing ini juga unik yang dengan menandai aroma, penyemprotkan urin, menggaruk pohon dengan mencakar layaknya harimau.

Kucing Kuwuk

kucing hutan langka

Kucing kuwuk atau kucing congkok dengan nama latin Prionailurus Bengalensis adalah kucing hutan yang berukuran kecil. Kucing jenis ini banyak ditemui di Asia Selatan dan Timur.

kucing masuk dalam spesies terancam punah karena habitat dan perburuan di beberapa wilayah.

  • Cerita kucing kuwuk

Kucing kuwuk memiliki nama leopard cat karena dari bintik-bintiknya seperti macan tutul. Hewan ini memiliki penyebaran yang luas mulai dari wilayah Amur di Timur Rusia samai ke semananjung Korea. Ada juga di daerah china bahkan sampai di Indonesia.

  • Ciri Fisik kucing kuwuk

Kucing kuwuk memiliki ukuran seperti kucing kampung namun lebih ramping dengan kaki panjang dan selaput antara jari kaki. Bulu kepala hewan ini ditandai dengan dua garis warna gelap.

Warna bulunya juga bermacam-macam, pada populasinya di wilayah selatan kucing ini berwana coklat kekuningan. Sedangakn untuk populasi di wilayah utara berwarna abu-abu perak pucat.

  • Sifat kucing kuwuk

Termasuk keluarga kucing hutan, kucing kuwuk hidup dengan berburu. Hewan ini juga aktif dimalam hari atau bersifat nocturnal. Dengan penglihatan yang tajam kucing ini mudah berburu di dalam kegelapan.

Kumpulan Gambar Kucing Anggora


figur prasojo

life is journey, Santri, Desainer and Traveler

2 Comments

10 Danau Terbesar Dan Terluas di Indonesia - Prasstyle Media Online · 28 November 2019 at 8:23 pm

[…] Kucing Hutan Jawa […]

25+ Flora dan Fauna di Indonesia yang Wajib Dilestarikan - Prasstyle.com · 5 December 2019 at 3:50 pm

[…] Harimau ini merupakan satu dari enam subspesies harimau yang masih bertahan hidup sampai sekarang. Fauna ini termasuk dalam klasifikasi satwa yang terancam punah (critically […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: