Kucing Persia Peaknose

Published by figur prasojo on

Kucing persia peaknose merupakan kucing persia yang banyak di minati loh. Di Indonesia sendiri terdapat empat jenis kucing persia, yaitu kucing persia flatnose, peaknose, himalaya dan medium. Bagi kamu pecinta kucing tentunya suadah tau dan mengerti cara merawat kucing dengan benar.

Namun bagi kamu yang barau memulai atau ingin menambah pengalaman. Nah simak penjelasan di bawah ini bagi kamu yang ingin mengetahui lebih banyak mengenai kucing persiapeaknose dan cara perawatanya.

Mengenal Kucing Persia Peaknose

kucing persia peaknose

Kucing persia peaksnose yang berasal dari dataran persia. Persia merupakan panggilan bagi Iran beberapa tahun yang lalu. Kucing ini memiliki bulu tebal serta kepala yang bulat sehingga membuat kucing ini tampak lucu dan menggemaskan. Dari bentuk wajahnya juga terdapat dua jenis yaitu traditional dan doll face.

Profile Kucing

Ras kucing Persia yang ini adalah yang termasuk paling banyak digemari. Kucing persia sering diikutkan dalam perlombaan karena bentuk tubuhnya yang lucu dan tingkahnya yang menggemaskan. Kucing Persia jenis Peaknose ini memiliki hidung lumayan pesek. Namun, semakin pesek hidungnya, harganya justru malah semakin mahal.

Hidung peseknya juga membuat jenis Peaknose ini tampak semakin imut. Tubuhnya yang bulat dan agak gemuk, adalah ciri khas lainnya dari kucing Persia ini. Kucing ini dapat dibandrol dengan harga jauh lebih tinggi dari Flatnose. Harga kucing Persia Peaknose berkisar antara 3 sampai 5 juta, bahkan dapat mencapai 15 juta rupiah.

Ciri-ciri Kucing Persia Peaknose

harga kucing persia peaknose

Perlu kamu ketahu bahwa kucing persia memiliki ciri-ciri tersendiri loh seperti memiliki tubuh yang gemuk, hidung yang pesek dibandingkan dengan Ras kucing Anggora. Kucing Persia Peaknose sebenarnya merupakan nama lain atau sebutan untuk jenis kucing persia yang mempunyai hidung yang sangat pesek. Tetapi oleh orang Indonesia sendiri disebut dengan “Peaknose”.

Perlu kamu ketahui nih sebenarnya standar penamaan kucing persia pesek tersebut bisa dilihat dari bentuk wajah sikucing dan kucing persia sendiri terbagi menjadi “Pekeface Persian dan Doll Face Persian”.

Harga Kucing Persia

kucing persia peaknose long hair

  • Harga Kucing Persia Peaknose Umur 3 Bulan

Pada tahun ini masih banyak orang yang ingin mengadopsi persia peaknose berumur tiga bulan. Harga paling mahal dari kucing tersebut antara Rp 3.000.000 sampai Rp 8.000.000 yang bisa Kamu dapatkan di toko hewan yang menjual jenis itu. Walaupun mahal tetap saja banyak pecinta kucing Indonesia yang meminatinya karena kelucuan dan tingkah lakunya yang menggemaskan.

 

  • Harga Perkwainan dengan kucing anggora

Semua kucing pasti selalu melakukan perkawinan silang dengan jenis lainnya. Sama halnya dengan persia peaknose yang hasilnya nanti akan dijual dengan harga jauh lebih tinggi yaitu berkisar Rp 250.000 – 300.000 sudah divaksin dan Rp 350.000 – 400.000 belum divaksin. Jumlah tersebut khusus untuk kategori usia dua sampai tiga bulan yang baru lahir didunia.

 

Tempat membeli hewan tersebut kebanyakan ada di kota besar, namun banyak juga orang yang menjual jual kucing persia peaknose di medan karena disana terdapat populasi yang lebih besar dibanding kota lainnya. Perkawinan silang dengan anggora juga menjadi sangat menarik bila dibanding dengan jenis lain, mungkin karena sama mahalnya atau memang keduanya bagus.

 

  • Harga anak kucing persia asli

Salah satu hal yang paling disukai para cat lover yaitu ketika kucing mereka melahirkan anaknya ke dunia. Walaupun lumayan sulit untuk merawat anak kucing, namun dapat menguntungkan jika menjualnya ke orang maupun toko hewan yang mampu membelinya. Tidak tanggung-tanggung harganya sangat mahal antara Rp 5.000.000 – 6.000.000 untuk yang belum di vaksin.

Sementara harga kucing berusia tiga bulan yang sudah di vaksin berkisar antara Rp 7.000.000 – 8.000.000. Sangat mahal bagi hewan dengan usia anak-anak, namun banyak sekali orang yang mencarinya entah untuk dipelihara maupun untuk dijual kembali.

Cara Merawat Kucing Persia 

kucing persia longhair

Nah hal-hal yang perlu diperhatikan setelah harga yaitu cara merawat kucing persia paknose tersebut. Jangan sampai ketika kita memtuskan untuk mengadopsi kucing persia peaknose ini kita tidak tau atau kurang paham untuk merawatnya.

Maka dari itu untuk mecegah hal tersebut ada baiknya kita memiliki pengetahuan sedikit demi sedikit tentang cara merawat kucing persia berjenis peaknose ini. Pada dasarnya perawatan kucing persia tidak bisa dilakukan dengan semabarangan karena jenis kucing persia  ini memiliki bulu yang cukup panjang dibandingkan dengan kucing lainnya.

Hal di atas bisa mengakibatkan kucing persia bisa menjadi lebih jika terkena tebu sehingga bisa mengakibatkan bulu si kucing tidak menarik lagi dan bisa kusut terutama untuk jenis kucing persia peaknose ini yang memiliki bulu yang sangat lembut selembut sutra.

Berikut Adalah Beberapa Cara Merawat Kucing :

  1. Rajin Membersihkan Bulu Kucing

Walaupun kucing suka menjilat dan membesihkan tubunya sendiri Kamu juga harus selalu menyisir atau menyikat bulu kucing persia dengan rajin setiap harinya terutama jika bulu sikucing termasuk jenis bulu yang panjang seperti kucing persia peaknose ini.

Hal tersebut di lakuakan agar bulu sikucng bisa terlihat lebih rapi dan indah dan tidak ada bulu yang menggumpal. Karena jika bulu kucing menggumbal otomatis hal tersebut bisa menyebabkan kerontokan pada bulu si kucing.

Bahkan hal ini terkadang dapat berpengaruh pada kesehatan si kucing persia peaknose ini loh. Selain  dengan menyeka bulu kucing persia termasuk kucing persia peaknose ini dengan menggunakan tisu bayi. Karen tisu bayi dapat menghilangkan debu yang menempel pada bulu kucing persia ini.

  1. Bersihkan Telinga Kucing

Selain membersihkan bulu kucing persia ini kamu juga harus membersihkan telinga kucing loh. Biasanya telinga kucing justru menjadi sarang kuman dan bakteri yang dapat mempengaruhi kesehatan kucing kamu.

  1. Jangan Lupa Memotong Kuku Kucing

Pada umumnya kucing memiliki kebiasaan mencakar sesuatu benda atau dinding, haltersebut karena si kucing merasa kukunya sudah mulai panjang dan tidak nyaman. Nah bagi kamu yang mempunyai kucing peliharaan sebaiknya memotongnya namun jangan sampai habis.

  1. Pemberian Vitamin

Hal yang penting namun sering terlupakan adalah pemberian Vitamin kepada kucing peliharaan. Nah berikan si persia peaknose ini vitamin secara berkala. Terutama pada jenis kucing persia peaknose yang akan diikut sertakan dalam kontes kucing.

Karena vitamin tersebut dapat membuat kucing persia peaknose kamu semakin cantik dan menawan, dan juga berpengaruh untuk kesehatan dan nafsu makan si kucing tersebut.

  1. Kebersuhan kandang

Selalu rutin untuk mengecek keadaan kucing kamu dan lebih baik dilakukan sebulan sekali. Supaya kamu tau kondisi si kucing. Selalu melakukan vaksinasi terutama apabila kucing persia peknose kamu yang baru lahir.

Menjaga kebersihan kandang terutama pada pembuangan kotoran ya, supaya sikucing sellau merasa nyaman. Dan juga jangan lupa luangkan waktu untuk mengajak main sikucing ya gaes.

Salam pecinta kucing…..   🙂


figur prasojo

life is journey, Santri, Desainer and Traveler

0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: