Lambang K3 Lengkap (Penjelasan, Makna, dan Arti)

Published by iqbal alaudin on

Dalam dunia managemen kontraktor dan perusahaan, kata K3 sangat familiar. Sebagian tenaga kerja maupun perangkat lainya mungkin sudah paham mengenai makna lambang K3. Karena sangat pentingnya bidang ini di perusahaan, maka dari itu banyak perusahaan yang sangat membutuhkan tenaga kerja di bidang ini.

Tak semua bagian dari perusahaan mengetahui arti dan makna dari Lambang K3. Umumnya tenaga kerja di bidang ini saja yang mengerti arti dan makna lambang K3. Dari logo / Lambang K3 tersebut memiliki makna masing masing dari tiap bentuk dan warnanya.

Buat kamu yang belum mengerti penjelasan Lambang K3, mari kita simak bersama

Baca Juga :

Definisi dari Lambang K3

Dalam dunia perusahaan, perkantoran, dan kontraktor K3 menjadi salah satu bidang pekerjaan yang sangat dibutuhkan. Kepanjangan dari K3 adalah Kesehatan dan Keselamatan Kerja. K3 merupakan sebuah managemen perusahaan yang memiliki misi dan tujuan untuk mengayomi para tenaga kerja dan mencegah terjadinya kecelakaan kerjapenyakit akibat kerja (PAK)kebakaran, peledakan, dan pencemaran lingkungan.

Definisi lambang K3 Menurut OHSAS 18001:2007 yaitu keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) adalah semua kondisi dan faktor yang dapat berdampak pada keselamatan dan kesehatan kerja tenaga kerja maupun orang lain (kontraktor, pemasok, pengunjung, dan tamu) di tempat kerja.

Hal ini terbukti dengan semboyan semboyan yang ditempel di dinding kantor seperti “Utamakan Keselamatan dan Kesehatan kerja”, “Safety First”, “Safety Is My Life”,. Semboyan ini lah yang menjadi pengingat managemen perusahaan agar lebih berhati hati.

Sebuah perusahaan sangat disarankan untuk menerapkan K3 ini, mengapa? karena dalam dunia perproyekan dan perusahaan harus menjamin kesehatan dan keselamatan tenaga kerja. Maka dari itu perusahaan dalam negeri mengharuskan untuk menerapkan sistem managemen K3, menggunakan logo / lambang K3.

Lambang K3 biasanya dipajang di dinding yang sering dijumpai orang banyak. Lambang K3 tersebut di pajang untuk umum guna mengingatkan bahwa kesehatan dan keselamatan kerja sangat penting dalam menjalankan aktivitas pekerjaan sehari-hari, sehingga akan tercipta budaya K3 yang baik di dalam perusahaan / organisasi.

Arti & Makna Lambang K3

lambang K3

praastyle.com

Logo atau simbol merupakan suatu tanda, gambar, atau lencana yang menyatakan suatu hal, atau mengandung maksud tertentu. Salah satunya adalah lambang K3 yang berwarna hijau di atas. Lambang K3 ini memiliki arti dan makna dari setiap bentuk dan warnanya.

Tertuang dalam Kepmenaker RI 1135/MEN/1987 tentang bendera Keselamatan dan Kesehatan Kerja.

Berikut Adalah Penjelasan Mengenai Makna Lambang K3 :

1. Bentuk Lambang K3 : Palang di lingkari roda bergigi sebelas berwarna hijau di atas warna dasar putih.

2. Arti dan Makna Simbol / Lambang K3 :

  • Palang : Bebas dari kecelakaan dan penyakit akibat kerja (PAK).
  • Roda Gigi : Bekerja dengan kesegaran jasmani dan rohani.
  • Warna Putih : Bersih dan suci.
  • Warna Hijau : Selamat, sehat dan sejahtera.
  • Sebelas Gerigi Roda : Terdapat sebelas bab dalam Undang-Undang No 1 Tahun 1970 tentang Keselamatan Kerja.

Pemasangan Arti Logo K3 Secara umum

lLogo K3 (Keselamatan dan Kesehatan Kerja) dapat dipajang di semua tempat termasuk pada seragam kerja maupun APD (helm keselamatan). Bertujuan untuk mewujudkan komitmen tenaga kerja sebuah Perusahaan terhadap penerapan K3 di dalam tempat kerja.

Selain logo K3 di baju, juga biasa ditempatkan pada dokumen-dokumen K3, poster dinding, rambu lalu lintas, maupun papan nama pada perusahaan. Pemasangan logo tersebut adalah wujud komitmen tenaga kerja terhadap K3 di lingkungan perusahaan. Dengan adanya K3 diharapkan dapat menjadi motto dalam keselamatan serta kesehatan para pekerja. Keselamatan dan kesehatan tenaga kerja tetap menjadi prioritas utama perusahaan.

Lambang K3 ini akan menjadi pengingat bahwa kesehatan dan keselamatan kerja adalah bagian yang sangat penting dalam menjalankan aktivitas pekerjaan sehari-hari. Sehingga tercipta budaya K3 yang baik di dalam perusahaan/organisasi. Seberapa pentingnya sebuah kegiatan tetap harus mementingkan keselamatan kerja. Apabila terjadi hal yang tidak di inginkan dan merugikan karyawan itu sendiri dapat merusak citra sebuah perusahaan, dan merugikan customer.

Tujuan Utama Penerapan Lambang K3

miniatur kontruksi

pixabay.com

Lambang K3 (kesehatan dan keselamatan kerja) merupakan perlindungan bagi tenaga kerja dalam bidang kesehatan dan keselamatan kerja. Bila dijabarkan secara lebih Detail, tujuan utama penerapan lambang K3 sebagaimana dikutip dari buku Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan.

Berikut Adalah Tujuan Utama Penerapan Lambang K3 :

  • Setiap tenaga kerja mendapat jaminan keselamatan dan kesehatan kerja baik secara fisik, sosial, dan psikologis.
  • Setiap perlengkapan dan peralatan kerja digunakan sebaik-baik mungkin.
  • Agar semua hasil produksi dipelihara keamanannya.
  • Agar adanya jaminan atas pemeliharaan dan peningkatan kesehatan gizi tenaga kerja.
  • Agar meningkatnya kegairahan,ketekunan dalam bekerja.
  • Terhindar dari penyakit yang disebabkan oleh lingkungan atas kondisi kerja.
  • Setiap tenaga kerja merasa aman dan terlindungi dalam bekerja.

Baca Juga :

Perundang Undangan K3

 buku

pinterest.com

Segala perkara pasti memiliki undang undang. Sama halnya dengan K3 yang termasuk bagian penting dari perusahaan dan kontraktor. Berikut adalah perundang-undangan K3 (Keselamatan dan Kesehatan Kerja) Republik Indonesia antara lain :

Undang-Undang K3 :

  1. Undang-Undang Uap Tahun 1930 (Stoom Ordonnantie).
  2. Undang-Undang No 1 Tahun 1970 tentang Keselamatan Kerja.
  3. Undang-Undang Republik Indonesia No 13 Tahun 203 tentang Ketenagakerjaan.

Peraturan Pemerintah terkait K3 :

  1. Peraturan Uap Tahun 1930 (Stoom Verordening).
  2. Peraturan Pemerintah No 7 Tahun 1973 tentang Pengawasan atas Peredaran, Penyimpanan, dan Peredaran Pestisida.
  3. Peraturan Pemerintah No 19 Tahun 1973 tentang Pengaturan dan Pengawasan Keselamatan Kerja di Bidang Pertambangan.
  4. Peraturan Pemerintah No 11 Tahun 1979 tentang Keselamatan Kerja Pada Pemurnian dan Pengolahan Minyak dan Gas Bumi.

Contoh Lambang K3

Simbol atau lambang K3 sangat beraneka macam jenis dan bentuknya. Masing masing lambang tersebut memiliki makna yang sangat luas. Simbol dan Lambang K3 dapat digunakan sebagai icon keselamatan kerja di perusahaan, organisasi, atau sebagai logo organisasi.

1) Bendera K3

logo K3

cekpremi.com

Bentuk utama lambang K3 berupa palang dilingkari roda bergigi sebelas berwarna hijau di atas dasar putih.

Berikut Adalah Makna Lambang K3 :

  • Palang : Bebas dari kecelakaan dan sakit akibat kerja.
  • Roda Gigi : Bekerja dengan kesegaran jasmani dan rohani.
  • Warna Putih : Bersih, suci.
  • Warna Hijau : Selamat, sehat, dan sejahtera.
  • Sebelas Gerigi Roda : 11 Bab dalam undang-undang keselamatan kerja.

2) Saya Pilih Selamat

Logo “Saya Pilih Selamat” di dipublikasi pada tahun 2012 oleh Muhaimin Iskandar yang saat itu menjabat sebagai Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi. Logo “Saya Pilih Selamat” didominasi dengan warna hijau di tengahnya terdapat roda K3 dengan kurva membuka ke atas. Di bawah roda K3 disertai tulisan “Saya Pilih Selamat”.

lambang saya pilih selamat

prasstyle.com

Logo “Saya Pilih Selamat” menjelaskan bahwa keselamatan itu selalu dimulai dari “saya” dan bukan orang lain. Dengan adanya kurva yang membuka ke atas seperti bentuk senyum atau tangan yang bermaksud menopang pelaksanaan keselamatan dan kesehatan kerja.

3) Safety is My Life

Program “Safety is My Life” merupakan ikon baru selain “Saya Pilih Selamat” yang sudah di sahkan Menaker pada 2014. Hadirnya slogan baru ini diharapkan memiliki hidup yang menjunjung tinggi nilai keselamatan dan kesehatan.

logo safety is my life

safetyismylife.com

4) Burung Kolibri Loreal Indonesia Plant

Loreal adalah perusahaan kelas dunia yang memproduksi berbagai jenis produk perawatan. Komitmen yang kuat dalam keselamatan dan kesehatan kerja menjadi tujuan utama perusahaan ini. Komitmen tersebut dilambangkan pada logo burung kolibri berwarna putih yang bermakna keselamatan, kesehatan kerja, serta lingkungan.

lambang Loreal Indonesia Plant

katigaku.top

Pemakaian logo ini berawal dari sebuah kisah terjadi kebakaran hutan di suatu wilayah. Seluruh hewan besar seperti gajah, jerapah, dan lain-lain hanya bisa diam menatap kebakaran tersebut. Namun terdapat 1 hewan yang terlihat bolak-balik mengambil air yang ditaruh dalam paruhnya untuk memadamkan api. Hewan tersebut adalah burung kolibri, paruh kecil dan sempit namun yang ia miliki dan tetap berusaha memadamkan api. Dalam kisah ini burung kolibri mengajarkan untuk selalu “Do The Best That I Can “ (Lakukan yang terbaik ketika saya bisa).

5) Logo Kementerian Kesehatan

Kementerian kesehatan juga memiliki logo baru. Sebagaimana telah di luncurkan pada tahun 2016 oleh Nila Moeloek (Kementerian Kesehatan). Logo Kementerian Kesehatan ini terlihat lebih sederhana namun tetap memiliki arti yang mendalam.

lambang kemenkes

promkes.kemkes.go.id

Berikut Adalah Filosofi Logo Kementerian Kesehatan :

  • Tiga bentuk berwarna biru turquoise melambangkan tiga pilar program Indonesia sehat yaitu Penerapan Paradigma Sehat, Penguatan Pelayanan Kesehatan, dan Jaminan Kesehatan Nasional.
  • Bidang warna hijau terang berbentuk hati melambangkan semangat universal yang tulus dalam mewujudkan seluruh warga negara Indonesia yang sehat tanpa membedakan suku bangsa, ras, sosial, dan budaya.
  • Inisial K3 mewakili bentuk sederhana dari singkatan kata “kesehatan”, yaitu makna verbal dari bidang keselamatan kerja.
  • Lima ujung bidang yang membulat mewakili nilai-nilai Kemenkes yaitu pro rakyat, inklusif, responsif, efektif, bersih, dan berlandaskan Pancasila.
  • Garis busur panah mewakili target dan tujuan institusi Kementerian Kesehatan yakni mewujudkan tema “Indonesia Sehat” sesuai dengan Pancasila dan Undang Undang Dasar 1945.
  • Warna biru turqoise melambangkan unsur sehat, kepercayaan, dan integritas.
  • Warna hijau lemon memberikan efek ramah, hangat, semangat dalam melayani.
  • Hitam (warna logo type) melambangkan makna tegas dan formal selaku badan resmi negara dalam pembuat regulasi khususnya di bidang kesehatan.

6) Lambang K3 HSE Indonesia

lambang HSE

katigaku.top

HSE Indonesia adalah sebuah organisasi yang di dalamnya berisi orang orang pegiat bidang keselamatan, kesehatan kerja serta lingkungan. HSE Indonesia memiliki visi untuk menjadi organisasi kemasyarakatan yang profesional dalam usaha membudayakan keselamatan, kesehatan, keamanan, dan kelestarian lingkungan di Indonesia.

 

7) Lambang K3 APKI (Asosiasi Profesi Keselamatan Pertambangan Indonesia)

Asosiasi Profesi Keselamatan Pertambangan Indonesia merupakan kepanjangan dari APKI. Pada tanggal 29 November 2013 dibentuknya asosiasi APKI dengan dukungan dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral.

lambang apkpi

k3lh-hseindonesia.blogspot.com

Terdapat unsur inti dari lambang K3 APKI dengan bentuk utama segitiga di dalam lingkaran.

Berikut Adalah Filosofi Lambang K3 APKI :

  • Logo Gancu : Bermakna proses penambangan.
  • Logo K3 : Keselamatan dan kesehatan kerja.
  • 25 Rantai Putih : Melambangkan ketulusan niat 25 tim pendiri.
  • Roda : Melambangkan agen perubahan keselamatan pertambangan.
  • 7 Pilar : Melambangkan mengawal 7 elemen SMKP.
  • Sudut Segitiga : Melambangkan good corporate goverment yang terdiri dari pemerintah, masyarakat, dan swasta.
  • Lingkaran Besar : Melambangkan keinginan untuk menyatukan seluruh elemen menjadi 1 sinergi.

    0 Comments

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    %d bloggers like this: