Magetan

Published by figur prasojo on

 

Magetan sebuah kota yang terletak di sebelah timur Gunung Lawu, sebuah kota kecil yang menyimpan ribuan  kisah di dalamnya. Terutama bagi saya yang lahir dan dibesarkan di kota ini, ribuan kisah yang pernah saya alami di kota ini pasti akan menjadi cerita anak cucu saya di masa yang akan datang.

Kalau bercerita sebuah kota yang berada di pulau jawa pasti tidak akan jauh dari kisah pewayangan. Begitu juga dengan kota ini, banyak kisah pewayangan yang menjadi dongeng sehari hari bagi masyarakat disini.

Selain bercerita tentang kisah-kisah pewayangan magetan juga memiliki masa-masa yang mengerikan nan berat, mulai dari penjajahan Belanda hingga masa pembrontakan organisasi terlarang di Indonesia. Semua kisah tersebut akan menjadi bukti bahwa kota ini telah berjuang dan berkontribusi untuk NKRI.

Kota Magetan terletak pada kaki gunung lawu dan memiliki wisata alam yang bisa memanjakan mata. Oleh karena itu betapa bangga nya saya bisa terlahir di sebuah kota yang bisa dibilang masih jauh dari polusi udara.

Alam

Prasstyle.com

Magetan memang termasuk kota yang memiliki curah hujan yang tinggi dari  2500 – 3000 mm, dan di bagian utara yang berbatasan langsung dengan kota ngawi, bagian selatan berbatasan dengan kota ponorogo dan timur dengan kota madiun.

Kota Magetan juga memiliki dataran tinggi yang bagus untuk di tanami bebagai macam sayuran buah buah yang hanya bisa tumbuh dan berbuah di tempat tinggi yaitu straubery. Nah bagi yang ingin mencari berbagai macam sayuran segar kalian bisa langsung datang kemari.

Tidak hanya dataran tinggi yang yang menghasilkan berbagai macam buah dan sayuran segar, di sini juga terdapat dataran rendah yang yang di gunakan untuk industry pertanian dan perternakan. Rata rata penduduk di sini sebagian besar memiliki lahan untuk pertanian dan  ber profesi sebagai pedagang.

Salah satu hasil industry di Magetan yang paling terkenal adalah aksesoris yang bebahan dengan kulit, mulai dari jaket hingga sepatu. Peminatnya pun tidak hanya dari local magetan saja namun juga banyak yang di ekspor keluar magetan untuk meramaikan dunia fasion di luar sana.

Wisata

Hellomagetan.com

Kota Magetan memiliki berbagai macam tempat wisata alam yang sebagian besar terletak pada dataran tinggi. Mulai dari air terjun dan beberapa telaga, tentunya anda pasti akan di suguhi pemandangan alam yang masih asri dan sejuk.

Letak tempat wisata yang sebagian besar berada di dataran tinggi membuat anda tidak akan bosan sepanjang jalan karena anda akan di kelilingi pemandangan yang luar biasa dari ketinggian 1000 Mdpl. Gunung lawu juga menjadi okon utama kota ini walaupun tebagi menjadi 2 antara jawa timur dan jawa tengah.

Telaga sarangan

Prasstyle.com

Telaga sarangan adalah sebuah telaga yang terletak pada dataran tinggi kota Magetan, suhu di sekitar telaga inipun tebilang dingin dan hampir setiap hari kabut selalu melengkapi keindahan telaga ini. Ada hal unik pada telaga ini yaitu memiliki pulau kecil di tengahnya bagaikan miniatur danau Toba.

Saat berkunjung disini tak lengkap rasanya kalau belum mencoba makanan yang selalu ada di sana yaitu sate kelinci, makanan ini sudah sangat lumrah di jual setiap hari disini. Makanan ini tidak di jual di restoran di sekitar sana melainkan di jual oleh kelompok pedagang masyarakat sana.

Anda juga bisa bekeliling mengarungi  telaga menggunakan speedboat yang tersedia di sana untuk merasakan kesejukan udara yang berada Di tengah tengah telaga Sarangan. Ini adalah salh satu wisata yang berada di kota ku dan masih banyak lainya.

Petualangan

Prasstyle.com

Pengalaman saya dalam menjelajah alam pada kota ini juga banyak, banyak momentum yang selalu membuat saya takjub pada pemandangan alam yang ada di sini. Dan sebagian lainya sayang sekali tidak ter abadikan.

Cerita ini terjadi ketika saya masih duduk di bagku SMK yaitu pengalaman berjalan kaki dari ALun-alun kota sampai dengan air terjun pundak kiwo. Ini adalah perjalanan yang lumayan sangat jauh berjarak 15 Km dan medan yang di tempuh adalah tanjakan.

Di sini akan terlihat seberapa besar solidaritas pertemanan yang terjalin selama ini, karena Kekompak ti yang akan mengantarkan satu tim pada tujuan. Sesampainya di sanapun sunguh tidak mengecewakan setelah tanjakan dan semak belantara yang telah di lewati.

Pemandangan yang indah nan asri dengan dihiasi butiran butiran percikan air yang jatuh dari ketinggian, serta di iringi kicauan burung yang terbilang langka (jalak lawu). Rasa lelah pun terobati dengan keindahan alam tersebut, dalam benak berkata terbayar sudah perjuangan ini.

Harapan

Prasstyle.com

Tentu stiap orang memiliki harapan tang baik untuk daerah tempat tinggal mereka masing masing, begitu pula dengan saya. Sebenarnya saya ingin kota ini menjadi kota yang selau ramai di kunjungi banyak orang baukan malah di tinggal oleh penduduknya sendiri.

Karena banyak sekali oaring dari kota ku rela merantau jauh bukan karena mencari banyak penglaman baru namun, kebanyakan mereka ingin memperbaiki perekonomian keluarga mereka. Sungguh ini adalah hal yang menjadi lumrah di masyarakat mereka rela menjadi tamu di kota orang dari pada berusaha di kota sendiri.

Ada sebuah kata kata yang selau saya dengar dari mereka “magetan di tinggal ngageni di tunggu ra sugeh sugeh” , nah kata ini bisa di artikan dalam Bahasa Indonesia yaitu magetan di tinggal bikin kagen di tempatin nggak kaya kaya.

Mungkinkata kata tersebut menjadi inspirasi bagi kita semua betapa pentingnya meningkatkan produktifitas di magetan. Kalau soal bagaimana caranya pasti setip orang memiliki cara masing masing, namun saya berharap di magetan bisa di bangun sebuah universitas yang berkelas untuk pendidikan dan lapangan kerja yang menjamin bagi setiap warganya.

Nah bagaimana mewujudkanya itu pasti menjadi tanda tanya yang besar. Saya berharap magetan mengadakan acara acara yang bersifat prduktif dan tidak sekedar bersenang senang membuang biaya banyak.

karena kota ini akan maju bukan karena betapa seringnya kita bersenag senag tapi bagaimana agar kita bisa menjadi oaring yang produktif dan membangun kesadaran masyarakat untuk berprinsip hidup secara produktif.

Akhir Kata

Mungkin itu adalah harapan saya pada kota ini agar menjadi kota yang menjadi tujuan banyak orang dari segi pendidikan,kuliner,fasion dan pariwisata. Peningkatan suber daya manu sia juga penting agar masyarakat tau betapa beratnya persaingan ekonomi yang telah berkembang di dunia ini.

Saya bersyukur kesadaran masyarakat akan pendidikan sudah sangat bagus dan bagi mereka semua yang menuntut ilmu di luar kota magetan pulang dengan membawa pengaruh positif yang dapat merubah status perekonomian di kota ini.

Sekian dari saya ….. Figur prasojo Magetan 12 maret 2019.

 

Categories: Pengalaman

figur prasojo

life is journey, Santri, Desainer and Traveler

1 Comment

figur prasojo · 6 April 2019 at 2:54 pm

Semoga Kota magetan kedepanya semakin maju amin….

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: