Melintasi Waktu

Perjalanan melintasi waktu pasti di lewati oleh setiap orang. Namun tidak banyak dari mereka yang mau mengingat atau pun menuliskan kisah hidup mereka untuk pelajaran hidup di masa depan. Bagi saya setiap detik adalah motivasi, bagaiman untuk memperbaiki diri agar menjadi insan yang tidak di anggap sepele oleh setiap pribadi.

Betapa pentingnya menjadi pribadi yang mempunya kepedulian yang besar terhadap sesama insan yang berada di sekitar kita, karena sudah berapa berguna nya kita hidup di dunia ini adalah, bagai mana besar manfaat kita bagi orang yang berada di sekitar kita.

Namun pasti kita memiliki teman atau sahabat yang selalu mendorong kita untuk selau berkembang, Karena merekalah yang kelak akan tertulis dalam history perjalanan hidup ini yaitu perjalanan lintas waktu.

Orang Dalam

prasstyle.com
prasstyle.com

Di dalam hiruk pikuk kehidupan dunia yang sangat memilukan & menantang ini pasti kita memiliki orang orang istimewa di belakang kita, yaitu teman & sahabat. Bagi saya tenman dan sahabat adalah kesatuan yang tidak bisa saya pisahkan karena itulah oaring yang selalu menjadi inspirasi atau pun memberikan dorongan istimewa dalam menjalani perjalanan lintas waktu ini.

Indahnya mengingat memori kehidupan di masalau, melewati ribuan rintangan bersama dan saling memotivasi dan mengingatkan untuk bagai mana menjalin hubungan persahabatan yang utuh, Sulit senang kita lalui bersama tanpa ada yang merasa terbebani.

Sama hal nya dalam menjaga ke utuhan NKRI, yaitu bagai mana kita tau caranya untuk menjaga persatuan. Walu pun kita dari latar brlakang keluarga yang berbeda, adat yang berbeda dan lain-lain hal yang tidak bisa di ungkapkan dengan kata-kata.

Pertemuan & Perpisahan

prasstyle.com
prasstyle.com

Di dalam kehidupan ini pasti ada pertemuan dan perpisahan, Di antara kedua hal tersebut pasti sngat tidak terduga namun itu adalah sebuah kepastian, Sama hal nya dengan kematian, hal yang pasti namun tidak akan ada yang menduganya.

Bertemu dengan orang orang baru dalam kehidupan kita sering melupakan oaring-orang yang telah lama dalam kehidapan kita dulu, (tentu ini bukan masalah cinta Ea…) namun juga ada yang tidak bisa menerima akan hadir nya orang baru dalam kehidupan kita.

Justru dengan mengenal lebih banyak manusia di kehidupan kita akan menjadi hal yang positif, Karena dengan itu semua kita akan mendapat banyak hal baru yang belum kita ketahui.

Pada suatu waktu saya pernah bertemu dengan direktur sebuah perusahaan, Dan orang ini belum lama saya kenal namun ia telah memberikan satu kata yang tidak bisa di lupakan yaitu “ jika engkau dudu di sebelah orang yang belum engkau kenal dan dalam waktu lima menit engkau belum akrab dengan nya jiwa sosial anda perlu di benahi” (terbatas dalam hal ber iktilad dan kholwat ).

Bukan Masa ini

prasstyle.com
prasstyle.com

Masa-masa sekolah memang penuh dengan cerita dan kenangan namun tidak semua hal tersebut dapat di cerita kan untuk umum secara gamblang. Dan mungkin beberapa di antaranya dapat menjadi pelajaran bagi orang lain.

Jika engkau membahas atau bercerita tentang masa lalu pasti tidak aka ada habisnya, selalu ada hal-hal yang selau membuat kita teringat dan tidak akan bisa di lupakan. Mungkin ini sama hal nya dengan ilmu, Di masa lalu saat mempelajarinya di bangku sekolah terasa hal yang biasa dan hanya rutinitas saja.

Namun ketika sudah terjun langsung pada masyarakat dan menemui banyak permasalahan, Seketika itu pasti enkau langsung befikir “owh ini ternyata apa yang selama ini saya pelajari adalah hal yang sungguh bermanfaat”.

Jangan sampai kalian menjadi orang yang menyesal karena tidak ada kesungguhan menuntut ilmu di kala masih ada yang membimbing. Dan beruntunglah kalian yang masih bisa besekolah karena Banyak di luar sana yang haus akan ilmu namun tidak dapat merasakanya karena keterbatasan ekonomi, sosial & kesadaran orangtua akan penting nya belajar.

Ilmu dan keberkahan

prasstyle.com
prasstyle.com

Setelah saya menyelesaikan pendidikan di sekolah dasar, saya melanjutkan pendidikan di sebuah pesanteren yang bernama Darut Taqwa. Banyak hal yang saya pelajari di sana namun tidak pada saat itu juga saya langsung memahami manfaat ilmu yang saya dapat.

Sebagian besar ilmu yang saya dapat tersebut pada saat itu saya rasa tidak berguna dan apa manfaat nya. Nah ini kembali kepada pribadi masing-masing bagaimana untuk mencerna dan memahami bahwa ilmu tersebut suatu saat pasti akan bermanfaat bagi kita kelak.

Jika membahas ilmu pasti ada sangkut paut nya dengan keberkahan, Apakah keberkahan tersebut. Tanda ilmu yang berkah adalah salah satunya dapat bermanfaat bagi orang lain dan berpengaruh baik pada diri kita, Nah bagai mana cara agar ilmu ter sebut menjadi sebuah keberkahan.

Kuncinya adalah bagaimana kita bisa menghargai seorang yang memberikanya yaitu guru. Selain dengan belajar dengan penuh ke iklasan kita juga wajib mencari keberkahan dari seorang guru kita dengan belajar tawadu’ dan rendah diri.

Hari-Hari yang Berat

prasstyle.com
prasstyle.com

Setiap manusia pasti pernah mengalami hari-hari yang berat dan itu pun tidak terjadi sekali atau dua kali dalam kehidupan kita. Pasti ada saat-saat dimana kita mengalami ujian hidup yang sangat berat,seakan kita ingin lari dari sebuah kenyataan.

Dalam menghadapi hal tersebut kita dorongan dari orang orang terdekat kita atau pun orang yang kira nya paham dengan kondisi tersebut. Nah di sinilah betapa penting nya menjaga hubungan pertemanan. Suatu hari suatu saat pasti kita membutuh kan mereka atau juga mereka yang membutuh kan bantuan kita.

Jika engkau berfikir dengan engkau lari dari kenyataan dapat menyelesaikan masalah, Hendaknya kalian buang jauh-jauh pemikiran tersebut. Hal tersebut hanya akan membuat masalah tambah rumit dan terkadang menimbulkan masalah baru.

Sebesar apa pun maslah mu pasti engakau bisa menyelesaikannya, Karena allah tidak akan menguji hambanya melebihi kemampuan hamba Nya.

 

 

Kemampuan & Keterbatasan

Setiap manusia pasti memiliki keterbatasan masing-masing, Namun hidup ini bukan tentang apa yang tidak engkau bisa namun bagai mana kita bisa melewati batas kemampuan kita. Dengan kelebihan atau kemampuan special yang di miliki setiap insan, Pasti kita dapat menutupi kekurangan dalam keterbatasan kita.

Ini adalah salah satu rasa syukur kita terhadap sang pencipta, Tentang apa yang telah allah anugrahkan kepada kita. Bagaiman kita menggunakan kelebihan atau pun nikmat yang telah ia berikan dengan sebaik baik nya.

Jika engkau merasa diri mu rendah dan tidak percaya diri akan kemampuan yang engkau miliki, Rubahlah pola piker tersebut. Karena setiap orang pasti memiliki keterbatasan yang berbeda beda. Jangan hanya menagisi dan mengeluh karena roda kehidupan dunia ini akan selalu berputar dengan atau tanpa dirimu.

Leave a Comment

%d bloggers like this: