Perbedaan Monokotil dan Dikotil

Published by figur prasojo on

Perbedaan Monokotil dan Dikotil pada tumbuhan dapat dibedakan menjadi dua golongan berdasarkan bijinya yang berkeping satu (monokotil) dan yang berkeping dua (dikotil). Selain perbedaan dalam jumlah keping bijinya kita akan membahas dengan lebih spesifik perbedaan monokotil dan dikotil.

Selain keping bijinya tumbuhan monokotil dan dikotil dapat dibedakan melalui struktur pada tumbuhan tersebut. Mulai dari akar sampai dengan kelopak bunganya nah berikut adalah table perbandingan perbedaan monokotil dan dikotil.

Tabel perbandingan :

PerbedaanMONOKOTILDIKOTIL
Keping BijiBiji keeping tunggalBiji keping ganda
Bentuk AkarAkar serabutAkar tunggang
Struktur BatangTidak memiliki KambiumMemiliki kambium
Tulang DaunTulang daun Sejajar dan memanjangTulang daun Menjari atau menyirip
Kelopak BungaJumlah kelopak 3 atau         kelipatannyaJumlah kelopak2,4,&5 atau kelipatannya
Pembulu pengangkut    TersebarTeratur

Stuktur serbuk sari        Memiliki satu pori                                          Memiliki tiga pori

Perbedaan Pada Keping Biji

biji keping satu & dua, perbedaan Tumbuhan monokotil dan dikotil pada biji, perbedaan pada biji, perbedaan pada batang , perbedaan pada daun

pixabay.com

Perbedaan Monokotil dan Dikotil memang yang paling mudah dilihat dari keping bijinya. Tumbuhan monokotil adalah tumbuhan yang bijinya berkeping satu dan tidak akan melakuklan pembelahan biji ketika proses perkecambahan. Sedangkan tumbuhan Dikotil adalah tumbuhan yang memiliki biji berkeping dua dan akan mengalami pembelahan biji ketika perkecambahan.

Contoh biji monokotil :

  • Biji jagung
  • Biji padi
  • Kelapa
  • Biji Bayam

Contoh biji dikotil :

  • Biji kopi
  • Biji manga
  • Biji jeruk
  • Biji kacang

Perbedaan Monokotil Dan Dikotil Pada Akar

akar serabut tunggang, perbedaan Tumbuhan monokotil dan dikotil pada akar

pixabay.com

Perbedaan Monokotil dan Dikotil selanjutnya adalah perbedaan pada akarnya. Tumbuhan monokotil cenderung memiliki system perakaran serabut dan tipis untuk penyerapan zat hara. Karena tumbuhan monokotil umumnya tidak memiliki tundung akar atau kapitra.

Sedangkan tumbuhan Dikotil memiliki perakaran tunggang yang kuat dan bercabang untuk menembus tanah yang dalam. Penembusan akar yang dalam ini untuk memperkokoh poho karena umunya memiliki batang pohon yang besar.

Batang & Sistem pengangkut

perbedaan batang monokotil dan dikotil perbedaan monokotil dan di kotil pada batang

pixabay.com

Perbedaan jenis tumbuhan Monokotil dan Dikotil dapat dibedakan melalui batangnya yaitu dengan cara memeriksa lapisan setelah kulit luar pohon tersebut. Apabila memiliki cambium maka tumbuhan itu adalah tumbuhan Dikotil jika tidak itu adalah tumbuhan monokotil.

Apakah cambium itu, cambium adalah lapisan jaringa merismatik pada tumbuahan yang sel-sel aktifnya bertanggung jawab terhadap pertumbuhan skunder tumbuhan. Umumnya kambim akan terasa licin apabila di sentuh dengan tangan.

Perbedaan Monokotil dan Dikotil Pada Daun

menjari dan sejajar, perbedaan Tumbuhan monokotil dan dikotil pada daun ,perbedaan dikotil dan monokotil

pixabay.com

Tumbuhan monokotil memiliki struktur tulang daun yang memanjang atau sejajar. Sedangkan tumbuhan dikotil memiliki struktur daun yang menjari atau melebar dan ini cenderung simetris.

Contoh daun Monokotil :

  • Daun Jagung
  • Daun Padi
  • Daun Kelapa

Contoh daun Dikotil :

  • Daun Mangga
  • Daun Sawo
  • Daun Kacang

Pebedaan Monokotil dan Dikotil Pada Bunga

bunga monokotil dikotil, perbedaan Tumbuhan monokotil dan dikotil pada kelopak bunga

pixabay.com

Perbedaan jenis tumbuhan Monokotil dan Dikotil juga Dapat di lihat dari jumlah kelopak bunga yang di miliki. Pada tumbuhan monokotil umumnya memiliki kelopak bungadengan jumlah 3 ataupun kelipatannya. Sedangkan tumbuhan dikotil memiliki kelopak bunga dengan jumlah kelpatan 2,4,5 dan kelipatannya.

Contoh bunga Monokotil :

  • Bunga Anggrek
  • Bunga Sepatu

Contoh bunga Dikotil :

  • Bunga matahari
  • Bunga Geranium

Umumnya tumbuhan ini di bedakan dengan klasifikasi, Tumbuhan monokotil menjadi 5 suku dan dikotil menjadi 5 suku.

Tabel pemetaan kelompok Monokotil dan Dikotil :

NOMONOKOTILDIKOTIL
1Graminae, contohnya jagung dan padiEuphorbiaceae, contohnya karet dan singkong
2Palmae, contohnya kelapa dan pinangLeguminoceae, contohnya kacang kedelai dan kacang tanah
3Musaceae, contohnya pisangSolanaceae, contohnya terong dan tomat
4Zingiberaceae, contohnya jaheMyrtaceae, contohnya jambu
5Orchidaceae, contohnya anggrekCompositae, contohnya bunga matahari

 

Pengertian Kambium

pengertian kambium secara umum,

Sumber : www.freepik.com

Istilah cambium memang harus di ketahui dalam ilmu biologi nah bagi kalian yang belumtau pengertianya simak penjelasan berikut. Kambium adalah sebuah lapisan merismatik yang berada pada tumbuhan dimana sel-sel kambium tersebut akti membelah dan bertanggung jawab terhadap pertumbuhan skunder.

Kambium berbentuk seperti lendir yang berada setelah lapisan kulit batang yang umumnya di temui pada tanaman yang memiliki batang besar tau tananaman jenis dikotil. Fungsi kambium adalah sebagai jalur lintas zat hara yang di serap oleh akar dari tanah menuju kedaun untuk proses fotosintesis.

Xylem & Floem

Tahukah kamu bahwa kambium itu akan bertumbuh dan menghasilkan dua jaringan yang berbeda. Apabila kambium tumbuh ke arah dalam maka ia akan membentuk xylem atau yang dikenal juga dengan nama pembuluh kayu.

Apabila Kambium tumbuh ke arah luar maka ia akan membentuk kulit kayu atau floem atau yang kita kenal juga dengan nama pembuluh tapis. Pembentukan kedua pembuluh ini, baik floem maupun xylem berfungsi sebagai sarana transportasi zat.

Adapun floem secara sendiri berfungsi sebagai penganngkut hasil fotosintesis. Dan pembulu xylem sendiri berfungsi sebagai pengankut air dan mineral.

Jenis-jenis kambium

jenis jenis kambium, penegrtian kambium

Sumber : pixabay.com

Pada dasarnya kabium adalah jaringan yang bersifat meristem, Kambium memiliki kelebihan untuk membelah dan menjadi jaringan meristem sekunder. Kambium hanya dijumpai pada bagian ikatan pembulu yang kita kenal dengan nama kambium vasis atau kambium intravasikuler.

Fungsi kambium ini adalah untuk membentuk pembuluh xylem dan floem primer. Kedua jenis kambium ini kemudian memebentuk lingkaran tahunan pada pohon. Di sisi lain, kambium yang berada di akar atau batang tepatnya di antara ikatan pembuluh dikenal dengan nama kambium intervasikuler.

Pembagian jenis kambium oleh proses pembentukannya :

  1. Kambium primer yakni jenis kambium yang terletak antara floem dan xylem tumbuhan dikotil sekaligus Gymnospermae.
  2. Kambium sekunder atau kambium gabus merupakan jenis cambium yang ada di permukaan batang maupun akar yang pecah karena proses pertumbuhan sekunder. Fungsi kambium gabus ini untuk membentuk sel gabus yang merupakan pengganti dari epidermis. Sementara itu kambiumyang berada di dalam berfungsi untuk membentuk sel feloderm.

figur prasojo

life is journey, Santri, Desainer and Traveler

0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: