Rumah Adat Indonesia

Rumah Adat Indonesia- Indonesia merupakan sebuah negara yang terletak di bagian asia tenggara. Indonesia merupakan negara yang kaya, dari segi alam, kebudayaan dan bahasa. Tak hanya itu, Indonesia juga memiliki perbedaan bentuk rumah di setiap daerahnya.

Hal ini menandakan sebuah ciri khas dari penduduk yang tinggal di wilayah tersebut. Berikut dibawah ini adalah rumah adat Indonesia dan asalnya. Dibawah ini juga dijelaskan nama rumah adat indonesia dan macam macam rumah adat indonesia.

Simak pembahasan rumah adat indonesia dengan seksama, semoga menambah pengetahuan kamu dan dapat bermanfaat bagi diri sendiri maupun orang lain.

Berikut rumah adat indonesia 34 Povinsi dan gambarnya.

Rumah Adat Indonesia Papua Honai

rumah adat indonesia honai
Prasstyle.com

Gambar rumah adat Indonesia yang pertama adalah honai dari Papua. Rumah honai Papua merupakan rumah asli papua yang dihuni oleh suku Dani. Terletak di bagian dalam pulau Papua yang masih banyak hewan liar dan ditumbuhi hutan rimba.

Rumah adat honai berbentuk bundar yang seluruhnya terbuat dari kayu hutan dan jerami. Memiliki luas sekitar 5-7 meter dengan ketinggian mencapai 3 meter.

Untuk kontruksinya terbuat dari kayu yang disusun secara melingkar dan direkatkan dengan kuncian yang terbuat dari kayu dan tali. Atapnya dibuat dengan cara menyusun secara mengerucut hingga terbentuk setengah lingkaran. Atap ini terbuat jerami atau daun aren yang telah dikeringkan.

Contoh rumah adat Indonesia honai diatas terlihat sekilas seperti bentuk jamur. Mengapa membuat desain demikian, karena dapat menahan suhu agar tetap stabil yang ada di dalam rumah ketika cuaca panas atau hujan.

Rumah Adat Kalimantan Barat Panjang

rumah adat indonesia
Prasstyle.com

Gambar rumah adat Indonesia yang kedua ada rumah panjang atau radakng dari Kalimantan Barat. Kebanyakan rumah ini terletak diwilayah pontianak dan juga merupakan ikon penting dari Provinsi Kalimantan Barat.

Nama rumah adat indonesia panjang atau radakng memiliki ukuran yang relatif besar. Ukuran panjang rumah mencapai 140 meter dan lebar sekitar 7 sampai 8 meter dengan tinggi mencapai 10 meter.

Rumah ini terbuat dari bahan kayu yang dipercaya mampu bertahan hingga ratusan tahun lamanya. Kayu ini dipilih dan khusus di tanam hanya untuk pembangunan rumah radakng, sebab kayu tersebut tahan oleh rayap dan apabila terkena air daya tahan kayu akan semakin bertambah.

Rumah adat di indonesia beserta nama dan asalnya dari Kalimantan ini dihuni oleh masyarakat suku Dayak. Satu rumah mampu menampung sekitar 150 orang dengan 50 ruangan yang ada didalam nya.

Tak hanya digunakan sebagai tempat tinggal, rumah panjang juga digunakan sebagai tempat ritual adat suku dayak dan acara besar lainya seperti pertemuan kepala suku, penyambutan tamu penting dan masih banyak lagi.

Terdapat keunikan rumah adat ini yaitu terdapat patung burung enggang gading yang berda di halaman depan rumah. Patung ini merupakan simbol suku dayak yang melambangkan kegagahan dan kekuatan.

Rumah Adat Kalimantan Timur Lamin

rumah adat indonesia
Prasstyle.com

Selanjutnya ada nama nama rumah adat di Indonesia yang terletak di Kalimantan timur bernama rumah Lamin. Rumah Lamin merupakan rumah adat tempat tinggal suku Dayak. Dayak sendiri memiliki banyak sub- suku yang tersebar di Kalimantan dan penghuni rumah ini adalah salah satunya.

Rumah adat Lamin berukuran sangat besar sehingga mampu menampun 30 kepala keluarga. Memiliki panjang mencapai 300 meter dengan lebar 15 meter dan tinggi mencapai 10 meter. Terbagi menjadi beberapa bagian antara lain yaitu ruang istirahat, ruang tamu, dapur, ruang pusaka, dan ruang doa atau ibadah.

Rumah adat indonesia Kalimantan Timur Lamin merupakan rumah panggung yang memiliki daya tahan yang sangat kuat terhadap cuaca. Hal ini karena bahan dasarnya berasal dari kayu pilihan yang ditanam khusus untuk pembanguanan rumah lamin. Lamin memiliki keunikan yang terdapat pada patung di depan rumah, patung ini bernama totem.

Totem dipercaya masyarakat suku dayak sebagai patung dewa yang dapat memberikan karunia, keberkahan, dan kemakmuran bagi suku Dayak. Selain digunakan sebagai tempat tinggal, rumah ini dapat digunakan sebagai tempat upacara adat, ritual, dan pertemuan kepala suku.

Rumah Adat Indonesia Kalimantan Utara

rumah adat di indonesia
Prasstyle.com

Berikut ini adalah gambar rumah adat di Indonesia beserta asalnya dari Kalimantan Utara bernama baloy. Baloy berupakan nama yang diberikan nenek moyang suku setempat yang membangun rumah adat Kalimantan Utara pertama kali.

Suku yang menghuni rumah adat Indonesia ini adalah suku tidung yang merupakan suku mayoritas yang ada di Kalimantan Utara. Suku tidung telah membangun rumah adat ini sejak lama sebelum penjejahan.

Gambar rumah di Indonesia diatas berbentuk panggung terbuat dari kayu yang memiliki banyak sekali fungsinya. Berikut fungsi rumah adat Kalimantan Utara:

  • Tempat tinggal kepala adat atau kepala suku
  • Tempat untuk melakukan musyawarah
  • Tempat menjalankan upacara adat
  • Tempat destinasi wisata bagi pengunjung
  • Tempat untuk menyimpan perahu

Ruangan rumah adat ini terbagi menjadi enam ruang. Yaitu ambir kiri yang berfungsi sebagai tempat konsultasi perkara dalam masalah antar masyarakat sekitar. Ambir tengah yaitu ruangan yang berfungsi sebagai ruang sidang atau tempat memutuskan perkara. Ulat kemagor adalah ruangan ketiga yang berfungsi sebagai tempat istirahat.

Selanjutnya ada ruang Lubung kilong yang berfungsi sebagai tempat acara kesenian atau pertunjukan adat. Lamin Dalom berfungsi sebagai tempat kepala suku atau pembesar suku. dan yang terakhir ruangan Lubung intamu yang berfungsi sebagai tempat musyawarah besar.

Rumah Adat Kalimantan Selatan Bubungan

rumah adat indonesia
Prasstyle.com

Bubungan tinggi adalah nama nama rumah adat di Indonesia Kalimantan Selatan. Bubungan tinggi merupakan ikon penting dari kota banjar Kalimanta Selatan.

Rumah adat ini dibangun dengan bahan dasar kayu bernama kayu besi dan kayu ulin. Dengan bahan dasar kayu rumah bubungan dibangun dengan kontruksi panggung yang tingginya sekitar 2 sampai 3 meter.

Kontruksi rumah panggung ini sengaja dibuat agar mampu menahan air ketika banjir dan hewan buas yang berkeliaran. Sebab kawasan rumah masih dipenuhi pohon karena letaknya berada di dalam hutan.

Memiliki ruangan yang fungsinya berbeda beda. Berikut 7 ruangan rumah bubungan tinggi beserta fungsinya:

  • Pelatar: Merupakan teras rumah
  • Pacira: Berfungsi sebagai gudang atau alat perkakas.
  • Panampik Kacil: Merupakan ruangan setelat pintu untuk menerima tamu.
  • Panampik Tangah: Merupakan ruangan tengah yang berfungsi sebagai ruang keluarga.
  • Panampik Besar: Merupakan ruangan paling besar yang berfungsi sebagai tempat musyawarah.
  • Palidangan: Merupakan yang berfungsi untuk berdoa kepada leluhur.
  • Padapuran: Merupakan ruangan yang terletak di belakang rumah. Berfungsi sebagi tempat memasak dan menyimpan alat masak dan lain lain

Rumah Adat Kalimantan Tengah

rumah tradisional indonesia
Prasstyle.com

Gambaran rumah adat indonesia betang diatas adalah rumah khas Kalimantan Tengah. Rumah ini dibangun dengan model rumah panggung, memiliki tinggi 8 meter dan tinggi pondasi ruamh 3 meter. Rumah ini terbuat dari kayu dengan panjang rumah mencapai 150 meter dan lebar 30 meter.

Rumah betang dapat menampung sebanyak 8 sampai 10 kepala keluarga didalamnya. Terdapat 1 kepala suku dalam satu rumah betang yang menjadi pemimpin dari kepala keluarga lainya. Pembakas lewu adalah nama julukan yang menjadi kepala suku dalam satu rumah.

Rumah ini dihuni oleh suku etnik Dayak, suku melayu, dan campuran antara dayak dan melayu. Keunikan rumah ini adalah memiliki banyak ruangan yang terdiri dari ruang tidur, semedi, ruang keluarga yang sangat besar dan dapur yang banyak.

Rumah Adat Nusa Tenggara Timur

rumah adat NTT
Prasstyle.com

Macam macam rumah adat di Indonesia yang satu ini tertelat di Nusa Tenggara Timur. Gambar rumah adat indonesia diatas bernama musalaki yang juga merupakan ikon utama Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Bentuk rumah ini hampir sama dengan rumah honai namun rumah ini memiliki atap limas yang menjulang tinggi, sedangkan rumah honai atapnya menyerupai jamur. Terbuat dari bahan kayu dan jerami yang di keringkan.

Pada bagian loteng rumah digunakan sebagai tempat menyimpan makanan. Uniknya apabila disimpan di loteng, makanan ini suhunya akan tetap terjaga sehingga mampu bertahan lama.

Rumah Adat Nusa Tenggara Barat

rumah tradisional NTB
Prasstyle.com

Nama nama rumah adat di Indonesia selanjutnya terletak di Provinsi Nusa Tenggara Barat. Gambar rumah adat indonesia diatas bernama rumah Dalam Loka. Rumah tersebut dibangun dengan bahan kayu dengan kontruksi rumah panggung dengan tinggi 10 meter diatas tanah.

Dalam bahasa Sumbawa, Dalam Loka bermakna rumah istana yang dahulu memanag digunakan sebagai tempat tinggal raja dan bangsawan. Didalamnya terdapat banyak ruangan yang dipisahkan oleh atap yang berbeda.

Keunikan rumah ini terletak pada pilar rumah yaitu berjulah 100. Fantastik bukan? mengingat rumah ini dianggap rumah sultan dengan ukuran yang cukup besar.

Rumah Adat Indonesia Sumatera Utara Bolon

rumah tradisional indonesia
Prasstyle.com

Rumah bolon merupakan salah satu nama nama rumah adat di Indonesia wilayah Sumatera Utara yang berukuran sedang. Rumah ini di tempati oleh suku batak, karena di wilayah Sumatera Utara mayoritas penduduknya adalah suku batak.

Rumah yang terbuat dari jati Sumatera ini berbentuk panggung dengan atap yang menjulang tinggi. Pilar rumah berjumlah 15 dengan tinggi 1 sampai 2 meter. Rumah ini berukuran sedang dan hanya mampu memanpung 7-10 orang saja.

Rumah Adat Sumatera Barat Gadang

rumah adat indonesia
Prasstyle.com

Gambar rumah adat Indonesia selanjutnya adalah rumah gadang yang terletak di Sumatera Barat. Terdapat beberapa jenis rumah gadang yaitu gadang gajah maharam, surambi papek, gojong limo, dan batingkek. Seluruh rumah ini dihuni oleh suku Minang dan etnis melayu.

Rumah ini terbuat dari bahan kayu yang bernama juar, surian, dan jurung. Kayu ini tergolong kayu paling kuat dan keras dan membuat rumah gadang mampu kokoh selama puluhan tahun bahkan ratusan tahun. Tingkat kekuatan kayu ini setara dengan kayu jati namun memiliki bobot yang lumayan berat.

Gambar rumah adat di indonesia diatas dibangun dengan kontruksi rumah panggung disertai dengan 30 pilar yang menyangga rumah gadang. Rumah gadang memiliki keunikan yang terdapat pada atap rumah. Atap ini terlihat seperti tanduk kerbau yang menjulang tinggi.

Pembangunan rumah adat gadang ini harus ada ritual dan tidak boleh sembarang tempat. Karena bagi suku minang, rumah merupakan tempat sakral dan harus di jaga dari roh jahat.

Rumah Tradisional Sumatera Selatan Limas

rumah tradisional
Prasstyle.com

Filosofi dari rumah adat Sumatera Selatan adalah dahulu rumah adat tersebut dihuni oleh para raja kemudian diwariskan secara turun temurun kepada penerusnya. Terdapat keunikan rumah limas yaitu ada beberapa yang dapat mengapung di air karena kondisi fisik daratan wilayah Sumatera Selatan lebih sedikit dari pada perairan.

Di daerah ini juga terdapat sungai terpanjang di Indonesia bernama sungai Musi. Di tepian sungai musi inilah ada beberapa rumah yang didirikan.

Rumah adat ini bernama limas yang terbuat dari kayu uglen khas Sumatera Selatan. Kayu yang dipercaya penduduk akan ketahananya apabila terkena air. Semakin sering terkena air, kayu uglen ini akan semakin kuat dan mampu bertahan puluhan tahun.

Dibangun dengan konsep rumah panggung dan dahulu masih menggunakan atap yang terbuat dari daun aren yang dikeringkan. Namun sekarang sudah menggunakan atap yang terbuat dari papan dan tanah liat.

Rumah Adat Lampung

rumah tradisional lampung
Popbela.com

Macam Macan rumah adat di Indonesia selanjutnya adalah rumah adat lambpung yang bernama nuwo sesat. Berasa dari kata nuwo yang berarti rumah dan sesat yang berarti adat dalam bahasa lampung.

Nuwo sesat adalah salah satu rumah adat Indonesia yang mana pada bangunanya menggunakan konsep rumah panggung. Terbuat dari kayu, batu bata, dan tanah liat sebagai atap rumah (genteng). Konsep rumah panggung ini dibuat karena menghindari banjir mengingat kawasan lampung yang banyak perairan dari pada daratan.

Rumah ini berfungsi sebagai tempat tinggal, upacara adat, musyawarah, dan masih banyak lagi.

Rumah Adat Indonesia Jambi

rumah tradisional jambi
Prasstyle.com

Nama nama rumah adat di Indonesia selanjutnya adalah kontruksi rumah panggung khas Jambi yang bernama rumah adat kajang leko. Kajang leko terbuat dari kayu dengan tinggi peyangga 2-3 meter yang berjumlah 30 tiang. Rumah ini berukuran lumayan besar dengan panjang 12 meter dan lebar 9 meter.

Keunikan gambar rumah adat di indonesia ini terletak pada atap rumah yang berbentuk menyerupai perahu atau sampan. Atap ini dinamakan atap gajah mabuk mengapa demikian, karena konon dahulu orang yang pertama kali membuat rumah ini adalah orang yang sedang mabuk cinta kepada seorang wanita. Kemudian cintanya tertolak oleh restu dari kedua orang tua wanita tersebut.

Ingin tahu sejarah dan filosofi dari rumah adat Jambi ini? Baca artikel rumah adat jambi, disana akan mengupas lengkap tentang sejarah awal pembuatan dan sebab dibuatnya bangunan indah ini.

Rumah Adat Indonesia Riau Balai Salaso

rumah tradisional Riau
Prasstyle.com

Rumah yang menjadi ikon utama Provinsi Riau bernama balai salaso jatuh. Mengapa diberi nama demikian?, karena pada rumah adat ini memiliki bagian yang bernama selasar (salaso) yaitu tempat terendah yang digunakan untuk pertemuan adat baik itu pertemuan penting atau tidak.

Uniknya, rumah ini mampu menampung sebanyak 1000 orang dalam satu rumah yang berbeda beda tempat. Terlihat begitu besar sehingga pada zaman dahulu rumah ini tak hanya berfungsi sebagai tempat tinggal dan tempat musyawarah, dahulu dipakai sebagai tempat pemerintahan kota Riau.

Rumah adat di Indonesia ini terbuat dari kayu ulin yang dibangun dengan konsep rumah panggung. Suku yang menghuni rumah ini berbagai jenis yaitu Suku Sakai, Suku Akit, Suku Talang Mamak, Suku Bonai dan Suku Laut (Duano) serta Suku Melayu. 

Rumah Adat di Indonesia Aceh Krong Bade

rumah adat di indonesia
Prasstyle.com

Krong bade merupakan nama rumah adat di Indonesia wilayah Aceh. Krong bade memiliki filosofi warna rumah yang menggambarkan keunikan dan ciri khas rumah ini. Pertama ada warna kuning yang menggambarkan sifat hangat, harmonis, dan bisa memberikan nuansa yang senang dan tentram.

Kedua ada warna yang identik dengan perjuangan merah ini melambangkan gairah, kuat, dan semangat. Ketiga ada warna putih yang melambangkan sesuatu yang suci dan bersih. Dan yang terakhir warna hijau yang melambangkan hijau daun artinya kesuburan tanah Aceh.

Rumah ini terbuat dari kayu dengan konsep panggung dengan pilar berjumlah 30 pilar dari depan hingga belakang. Rumah ini dibangun menghadap ke timur karena semua hal berawal dari timur dan berakhir di barat. Oleh karena itu pengisyaratan tersebut terkonsep pada bangunan rumah adat di Indonesia ini.

Rumah Adat Sulawesi Tenggara Laikas

rumah tradisional sulawesi tenggara
Prasstyle.com

Nama nama rumah adat di Indonesia selanjutnya ada di wilayah Sulawesi Tenggara bernama laikas. Laikas merupakan rumah panggung yang memiliki 4 lantai di dalamnya. Uniknya rumah ini tidak menggunakan paku namun memakai metode bongkar pasang saat pembangunannya.

Rumah ini dihuni oleh suku tolaki sejak dahulu dan juga merupakan suku etnik Sulawesi Tenggara. Suku tolaki memiliki bahasa sendiri yaitu bahasa tolaki. Tolaki juga termasuk keturunan bangsa Austronesia yang hidupnya nomaden atau berpindah pindah.

Suku ini memiliki kerajinan tangan yang penjualannya hingga luar negeri, yaitu kain tenun. Kain tenun ini memiliki ciri khas dan motif khusus serta bahan yang sangat lebut dan halus sehingga nyaman ketika di pakai.

Rumah Adat Sulawesi Barat Boyang

rumah adat di indonesia
Prasstyle.com

Suku mandar merupakan nama suku etnik yang menghuni rumah adat boyang ini. Suku ini merupakan pecahah dari suku makasar dan suku bugis Sulawesi. Memiliki keterampilan tangan yang menghasilkan kain tenun kelas Internasional. Penjualanya sekarang tak hanya tersebar dalam negeri namun sudah hingga manca negara.

Rumah boyang adalah bangunan dengan konsep rumah panggung. Dilengkapi dengan pilar, ruangan yang banyak dan ornamen khas yang mempercantik rumah boyang.

Terdapat 7 ruangan yang ada di rumah boyang ini. Berikut adalah nama ruangan beserta fungsinya:

  • Samboyang : Samboyang adalah bagian rumah yang terletak di depan, berfungsi untuk menerima tamu, baik bangsawan maupun orang biasa.
  • Tangnga Boyang : Tangnga Boyang adalah ruangan berfungsi sebagai ruang keluarga.
  • Bui Boyang : Bui Boyang  adalah rumah yang berfungsi sebagai kamar istirahat. Ruangan ini terletak paling belakang bersebelahan dengan tangnga boyang.
  • Tapang : Tapang adalah ruangan khusus yang menjadi tempat menaruh barang antik seperti pusaka dan alat sakral lainya.
  • Paceko : Paceko berfungsi sebagai tempat memasak dan tempat meyimpan alat dapur.
  • Lego-lego : Lego-lego berfungsi sebagai tempat menerima tamu baru selain suku mandar asli.
  • Naong Boyang : Naong Boyang adalah nama lain dari kolong rumah berfungsi sebagai tempat tinggal hewan ternak mereka dan perkakas.

Rumah Adat Sulawesi Tengah Souraja

rumah tradisional sulawesi tengah
Prasstyle.com

Dibangun awal pertama kali pada abad ke 19 oleh raja setempat. Bangunan ini masih menjadi barang kuno dan antik yang masih terjaga hingga kini.

Rumah adat Indonesia ini dibangun dengan kontruksi rumah panggung, Dibuat dengan bahan dasar kayu kapas yang dipercaya memiliki daya tahan yang kuat semakin bertambahnya usia kayu. Desain rumah ini menggabungkan rumah adat bugis dan rumah kaili sehingga membuat bangunan terlihat elegan dan menarik.

Suku yang menghuni rumah adat di Indonesia souraja ini adalah suku kaili yang merupakan suku etnik Sulawesi dari dulu hingga kini. Suku ini bermata pencaharian sebagai petani dan peternak. Tanaman utamanya adalah palawija, jagung, padi dan untuk hewanya yaitu kambing, sapi, kerbau, babi, dan masih banyak lagi.

Rumah Adat Indonesia Sulawesi Utara

rumah adat Indonesia
Prasstyle.com

Rumah adat Indonesia wilayah Sulawesi Utara ini bernama Walengko. Walengko berasal dari kata Wale Wale yang berarti keharmonisan dalam keluarga. Mereka menamai demikian denga harapan agar rumah yang di huni bisa nyaman, tentram, dan aman.

Rumah walengko mampu menampung sebanyak 9 sampai 10 orang. Terbuat dari kayu dan memiliki dua tangga yang berhadapan pada sisi kanan dan kirinya. Rumah ini disangga dengan 15 pilar yang satu pilarnya memiliki tinggi setikar 3 meter.

Rumah Adat Sulawesi Selatan

rumah tradisional sulawesi selatan
Prasstyle.com

Gambar rumah adat di Indonesia diatas benama tongkonan yang terletak di Sulawesi Selatan. Dinamakan demikian karena berasal dari kata tongkon yang bermakna tempat duduk. Dapat didefinisikan yaitu dahulu rumah ini digunakan sebagai tempat berkumpulnya para pembesar dan bangsawan toraja. Perkumpulan ini membahas adat istiadat, strategi perang dan hal penting lainya mengenai suku.

Keunikan rumah adat Indonesia ini adalah patung ayam jago yang terletak di tembok depan rumah. Hal ini sangat di sakral kan sebab ayam jantan adalah gambaran manusia yang berani dan tangguh. Hal ini dapat di buktikan dengan pahlawan nasional dari makasar bernama Sultan Hasanuddin yang dengan nama asli I Mallombasi Muhammad Bakir Daeng Mattawang Karaeng Bonto Mangepe.

Rumah Adat Maluku

rumah adat indonesia maluku
Prasstyle.com

Baelio merupakan nama rumah adat indonesia daerah Maluku. Baelio adalah adalah indentitas dari masyarakat Maluku dan juga sebuah ikon utama dari provinsi Maluku.

Rumah adat Maluku dihuni oleh suku huaulu yang bermata pencaharian sebagai petani dan berburu hewan hutan. Dikhususkan untuk kaum hawa suku huaulu adalah berkebun.

Rumah adat baelio tidak memiliki dinding sekat pada ruangan dalam rumah hanya terdapat satu runagan saja. Hal ini adalah adat istiadat yang turun temurun dilakukan agar roh leluhur mudah dan leluasa dalam memasuki rumah dan memberkati.

Rumah ini terbuat dari kayu dan keunikan dari penduduknya adalah melakukan ritual ritual adat yang dipercaya agar rumah tidak ambruk dan kokoh.

Rumah Adat Jawa Barat

rumah adat Indonesia jawa barat
Prasstyle.com

Kasepuhan merupakan nama rumah adat Jawa Barat. Dahulu rumah kasepuhan digunakan sebagai tempat tinggal bangsawan dan raja yang memimpin wilayah Jawa Barat pada saat itu. Dari segi arsitekturnya, rumah ini memiliki bentuk yang sama dengan rumah joglo itulah mengapa rumah ini juga dapat disebut kraton kasepuhan.

Rumah ini terbuat dari bahan kayu, batu, dan tanah liat. Tidak sama dengan rumah yang ada di wilayah Sulawei dan Sumatera yang lantainya mengapung dengan pilar sebagai peyangganya, rumah ini menempel pada tanah dan memiliki pondasi di dalam tanah.

Rumah Adat Banten

rumah adat di Indonesia banten
rumah.com

Contoh gambar rumah adat di Indonesia diatas adalah rumah khas banten bernama Sulah Nyanda. Rumah ini dihuni oleh suku baduy yang hidup secara berkelompok.

Ciri khas rumah adat Indonesia Sulah Nyanda adalah sebagai berikut:

  1. Rumah panggung yang dibuat tidak menyentuh tanah
  2. Menggunakan bahan alam
  3. Tidak memiliki jendela dan fentilasi udara
  4. Atap rumah menggunakan bahan ijuk dan kerangka bambu

Rumah Adat di Indonesia Jawa Timur Joglo

rumah tradisional jawa timur
Prasstyle.com

Selanjunya ada rumah adat Indonesia Jawa Timur bernama joglo. Joglo adalah rumah yang terbuat dari kayu, batu bata, dan tanah liat yang memiliki atap berbentuk limas.

Joglo merupakan hunian bangsawan pada masa penjajahan Belanda. Joglo termasuk rumah modern pada saat itu karena arsitektur dan kontruksi rumah yang khas. Dilengkapi dengan hiasan dan ornamen ukir khas Jawa yang membuat rumah ini tampak indah ketika di pandang.

Rumah ini memiliki sisi sinkretisme kejawen yaitu penggabungan paham dari berbagai sisi dan kepercayaan yang menghasilkan sebuah desain dan arsitektur elegan. Arsitektur ini menghasilkan bangunan Joglo ini yang masih ada hingga sekarang.

Rumah Adat di Indonesia Jawa Tengah

rumah adat indonesia
Prasstyle.com

Nama rumah adat Indonesia wilayah Jawa Tengah adalah joglo, memiliki kesamaan nama dengan rumah adat Jawa timur dan rumah adat DIY Yogyakarta. Rumah ini memiliki bentuk yang sama dengan joglo joglo lainya dari segi bahan baku, bentuk serta atap yang berbentuk limas.

Rumah Adat DIY Yogyakarta

rumah adat bangsal kencono
99.co

Gambar rumah adat di Indonesia di atas terletak di wilayah DIY Yogyakarta bernama Bangsal Kencono. Rumah adat ini mirip dengan joglo namun aslinya rumah ini berasal dari kerajaan mataram khusunya Keraton Yogyakarta

Bangsal Kencono adalah rumah pendopo yang digunakan sebagai tempat pertemuan dan musyawarah para raja. Sedangkan untuk joglo adalah rumah rakyat menengah kebawah pada masa lampau.

Selain digunakan sebagai rumah pertemuan, bangsal kencono juga difungsikan sebagai tempat tinggal raja mataram khususnya keraton Yogyakarta. Desain rumah ini berbeda dengan joglo karena menggabungkan antara konsep Belanda, Portugis dan Cina.

Rumah Adat Bali

rumah adat indonesia bali
Prasstyle.com

Rumah adat Indonesia Bali merupakan rumah yang mana arsitekturnya menggabungkan antara sisi keagamaan hindu dan budha. Dalam satu rumah terdapat banyak sekali bangunan bangunan lainya yang memiliki fungsi tertentu misalnya pura keluarga. Bangunan ini digunakan sebagai tempat beribadah dan berdoa menurut kepercayaan mereka.

Leave a Reply

%d bloggers like this: