Seni dan Perkembangannya

Seni dan Perkembangannya-Saya adalah termasuk orang yang selalu takjub & menghargai sebuah seni, terkusus adalah seni yang di tuangkan pada suatu media sehingga tercipta ilustrasi yang indah. Seni bagi saya adalah bagian dari hobi yang menuju pada gaya hidup, oleh karena itu saya akan menceritakan sebagian pengalaman saya dalam membuat suatu maha karya.

Dalam pembuatan seni pun saya hanya mengandalkan pengalaman saja & hampir semua  ilmu saya mengenai seni saya dapat dengan otodidak. Memang ini adalah hobi saya sejak kecil, oleh karena itu penilaian saya pada suatu maha karya sangat tinggi.

 

Seiring perkembangan zaman seni semakin berkembang dan selalu membuka cabang baru di setiap variasinya. Dan yang semakin berkembang pada saat ini adalah seni pada bidang digital, karena mudah di akses dan siapun dapat menuangkan idenya tanpa keterbatasan bahan dan media.

 

Seni & Pekembangannya

Prasstyle.com
Prasstyle.com

Seni sendiri memiliki sejarahnya sendiri dan telah mengalami perkembangan yang sangat pesat untuk era ini. Seiring perkembangan teknologi seni juga telah berkontribusi banyak dalam bidang teknologi seperti halnya dalam pembangunan rumah atau pun pembuatan bodi kendaraan yang menggunakan seni yang telah di proses melalui software.

 

Dalam mendesain sesuatu pasti setiap orang memerlukan jiwa seni yang luar biasa, karena tanpa imajinasi yang hebat pasti tidak akan terbayang gambaran sesuatu papa yang akan kita tuangkan agar menjadi sebuah seni dalam wujud nyata.

Namun pada era ini seni tidak bisa di samakan pada zaman Van gogh dan Davinchi, karena pada zaman itu seni atau lukisan hanya bisa di buat oleh orang orang kusus yaitu para seniman.

Karena pada saat ini seni bisa dibuat oleh siapa saja di mana saja dalam wujud yang berbagai macam, teerutama adalah sebuah gambar. Gambar atau seni digital yang biasa disebut dengan desain grafis dapat di buat oleh siapa saja yang walaupun tidak memiliki kemampuan menggambar.

Komputer pada awal nya hanya di gunakan untuk menghitung dan memiliki ukuran satu ruangan besar pada saat ini telah berkembang menjadi alat utama dalam bidang apapun, terutama imbasnya pada perkembangan seni itu sendiri.

Desain Grafis

Prasstyle.com
Prasstyle.com

Desain grafis ini merupakan perubahan atau perkembangan dari seni lukis yang dulunya di poles pada sebuah kanvas. Dan sekarang telah berubah menjadi pemolesan gambar menggunakan software yang di oprasikan menggunakan sebuah Personal computer.

Namun itu semua tidak dapat menghilangkan dari semua dasar-dasar dari sebuah seni yang harus dipenuhi, karena sebuh seni selalu membutuhkan sebuah keseimbangan, ritme, tekanan, proporsi dan kesatuan yang tepat. Apabila hal tersebut telah terpenuhi maka akan mejadi karya yang memiliki nilai tinggi.

Seiring pekembangan zaman berikut adalah software yang sering di gunakan di dunia international.

Software Desain Grafis

  1. Adobe Photoshop
  2. Adobe Illustrator
  3. Adobe Indesign
  4. Coreldraw
  5. GIMP
  6. Inkscape
  7. Macromedia Freehand
  8. Adobe image ready
  9. Adobe Page Maker
  10. Paint Tool SAI

 

Dari software di atas mungkin yang paling terkenal adalah adhobe photoshop,

Saya pernah mempelajari software tersebut walaupun saya hanya berguru pada sebuah youtube dan belajar secara otodidak itu semua membuah kan hasil yang manis. Dengan itu semua saya mendapatkan hasil dari skill yang saya miliki pada software tersebut mulai dari Jasa pembuatan logo, pamflet, banner, vexel dan kartu undangan.

Animasi

Hdwallpaper.com

Selain mempelajari desain grafis secara otodidak saya juga mempelajari sebuah cara untuk membuat animasi. Nah animasi ini sendiri termasuk  merupakan perubahan dari seni lukis yan mulai di kembangkan dengan pergerakan yang di tampilkan secara digital melalu sebuah media yang di sebut computer.

Sebenarnya membuat animasi sendiri tidaklah sulit, menurut pengalaman saya membuat ani masi hanya membutuhkan budget yang sangat berbobot. Karena pembuatan animasi sendiri juga perlu menggunakan PC dengan spesifikasi yang sangat tinggi.

Pengalaman saya membuat animasi menggunakan adhobe after effect saat itu hanyalah sebuah keisengan yang awalnya hanya untuk mengisi waktu luang. Nah setelah itu saya mulai tertari dan mulai serius mempelajarinya karena menurut saya adalah sebuah ungkapan seni yang lebih imajinatif dari sebuah gambar.

Kendala

Clashofclans.com

Dalam menghadpai sesuatu hampir semua memiliki kendala, nah bagai mana kita mengkadapi kendala tersebut. Kenda;a itu juga banyak macamnya kendala waktu, kendala keuangan, atau pun kendala kekurangan fisik dan lain-lain.

Smua masalah pasti bisa kita hadapi karena sebuah ujian yang kita terima bukan untuk di tinggal namun kendala yang kita terima untuk kuat hadapi dan selesaikan.

Hobi

Hdwallpaper.com

Setiap oang pasti memiliki hobi masing masing dan hobi saya dari kecil adalah menggambar. Berangkat dari itu semua yang saya jadikan modal atau pengalaman untuk menerjang dunia seni di masa ini.

Waktu sekolah saya yang sering terpotong utuk menggambar merupakan imbas yang kuarang baik pada sebuah hobi menggambar, karena saya pernah mengalaminya sendiri. Pada saat itu satya sedang besekolah yang ber pendidikan dnegan basis pondok pesantren.

Pada awalnya saya hanya membuat sebuah ilustrasi sebuah sampul komik & seketiak jadi punsaya mulai memikirkan alur cerita dan membuat gambarnya dengan secara intensif sampai sampai waktu pelajaran di kelas waktu belajar malam dan waktu saya yang lai saya habiskan hanya untuk menggambar.

Itu mungkinterjadi karena faktor kedewasaan Karena pada saat itu saya baru usia smp. Saat itu adalah masa masa di mana seorang abg yang selalu hanya mengiukuti maunya saja tanpa berfikir lebih panjang kedepan.

Ketika memasuki jenjangSMK saya muli mengembangkan hobi saya tersebut  denggan menggambar poada sebuah PC . Dan pada waktu itu saya di terima pada jurusan Teknik Komputer & Jaringan (TKJ),nah ini menjadi kesempatan bagi saya untuk lebih dekat pada sebuah PC di sekolah karena sekolah saya menganjurkan untuk membawa leptop.

Dan pada masa SMK ini saya mulai mendalami desain grafis dan animasi walaupun bukan jurusan Multimedia saya tetap focus pada suatu hari juga pasti aa gunanya.

Perlombaan

prasstyle.com

 

Ini adalah perlombaan pertama saya pada bidang Multimedia walaupunsaya adlah anak TKJ saya tetap percaya diri saja karena jurusan tidak menetukan kemenangan. Ketika memsauki ruangan perlombaan di setiap mata memandang saya hanya meliah baju yang bertulisakan multimedia.

Selesai Perlombaan waktu yang ditunggu tunggu puntiba yaitu waktu pengumuman hasil perlombaan & alhamdulillahya saya medapat peringkat , ya lumayan lah walu pun yang saya lawan adalah anak anak dalam bidang nya seperti melawan singa pada habitatnta.

Selesai prlombaanada brifing untuk bagaimana membuat suatu karya seni sederhana dan maksimal memiliki nilai tinggi yaitu dengan memperpdaukan kerendahan dan keseimbangan warna gradasi.

Prinsip yang saya ambil pada saat itu aalah less is more.

Leave a Comment

%d bloggers like this: