Struktur Daun Belajar Biologi

Published by figur prasojo on

struktur daun adalah ilmu pengetahuanyang di bahas pada bidang sain biologi yang membahas mengenai apa saja sih yang terdapat di dalam daun dan apakah daun itu.

Daun adalah suatu bagian dari tumbuhan yang sering kita lihat dan merupakan bagian terpenting untuk memprodiksi atau memasak makanan. Nah pada pembahasan materi kali ini saya akan menutur kan beberapa materi biologi.

Tenntunya materi tersebut berkenaan tentan struktur daun dan apa saja sih yang ada di daun dan saja keguanaanya. Nah mari kamu simah pengertian struktur daun berikut ini dan apa saja lapisan nya.

Manfaat Daun pada Tumbuhan

strutur antonomi daun

Sumber : pixabay.com

Sebelum kamu melihat struktur dari sebuah daun pada tumbuhan, pertama tama yang harus diketahui terlebih dahulu adalah fungsi daun secara umum.

Berikut adalah manfaat dan fungsi daun pada tumbuhan:

  1. Fungsi utama dari daun adalah sebagai tempat terjadinya fotosintesis pada tumbuhan, dimana pada tumbuhan dikotil, fotosintesis terjadi pada jaringan parenkim, dan untuk tumbuhan monokotil, fotosintesis terjadi pada jaringan spons.
  2. Sebagai jalur pengeluaran air melalui proses transpirasi dan gutasi.
  3. Sebagai salah satu bagian tumbuhan yang bertanggung jawab pada proses respirasi, karena daun memiliki stomata.
  4. Daun berfungsi untuk menyerap CO2 dari udara.

Daun Berdasarkan Struktur Luarnya

Setelah mengetahui berbagai fungsi daun beserta bagian daun berdasarkan struktur yang ada di dalamnya, maka selanjutnya adalah melihat struktur daun berdasarkan struktur luarnya atau struktur morfologinya.

Berikut adalah bagian daun berdasarkan struktur luarnya.

Helai Daun (lamina)

Setiap helai daun pada berbagai macam tumbuhan dapat berbeda-beda, ada yang berbentuk tipis ataupun yang berbentuk tebal. Helai daun juga bisa dikatakan bagian yang paling penting karena di helai daun inilah proses fotosintesis pada tumbuhan berlangsung.

Tangkai Daun (petiolus)

Tangkai daun merupakan bagian yang menempel pada bagian batang dan sebagai penopang  daun. Namun, tentu tidak semua tumbuhan memiliki tangkai daun, seperti rumput.

Pelepah Daun (folius)

Pelepah daun berfungsi untuk mendudukan daun pada batang. Pelepah daun ini ada kalanya memiliki tambahan organ pada bagian kanan maupun kirinya. Nah, biasanya pelepah daun memiliki suatu bagian yang dinamakan ketiak daun, dimana dibagian ini terletak sebuah kuncup yang akan berkembang menjadi tunas cabang.

Sebuah daun bisa dikatakan sebagai daun sempurna jika daun tersebut memiliki 3 komponen yang telah disebutkan diatas secara lengkap.

Daun Berdasarkan Struktur Dalamnya

struktur daun dan fungsinya

Sumber : lukmantryatmojo.wordpress.com

Berikut adalah beberapa bagian bagian daun berdasarkan struktur dalamnya :

Epidermis

Jaringan epidermis daun merupakan jaringan dengan sel berlapis satu yang dindingnya mengalami penebalan lignin. Pada jaringan epidermis ini biasanya terdapat stomata yang diapit oleh dua sel penutup. Letak dari stomata pada daun  dapat berbeda-beda menurut dari jenis tumbuhannya.

Ada yang letak stomata-nya berada di lapisan atas, ada yang stomata-nya terletak pada bagian bawah saja, atau bisa juga terletak pada lapisan atas dan bawah.

Jaringan Mesofil

Jaringan mesofil tersusun dari sel-sel parenkim yang tersusun cukup longgar sehingga memiliki ruang antar sel atau rongga antar sel. Jaringan mesofil ini terbagi menjadi 2 bagian, yaitu:

  • Jaringan Palisade – Jaringan palisade atau yang biasa disebut jaringan tiang ini memiliki sel yang berbentuk silinder dan tersusun sangat rapat. Dalam jaringan palisade ini, terdapat banyak kloroplas dan jaringan ini juga berfungsi dalam proses pembuatan makanan.
  • Jaringan Spons – Jaringan spons atau yang biasa disebut dengan jaringan bunga karang ini memiliki sel yang susunannya lebih longgar jika dibandingkan dengan jaringan palisade. Jaringan spons ini memiliki fungsi sebagai penyimpan cadangan makanan.

 

Berkas Pembuluh Angkut

Berkas pembuluh angkut ini yang terdapat pada tulang daun dan fungsinya secara umum adalah alat transpor dan juga sebagai penguat daun. Berkas pembuluh angkut ini terbagi menjadi 2 bagian, yaitu.

  • Xylem – Xylem atau yang bisa juga disebut sebagai pembuluh kayu ini berfungsi sebagai mengalirkan air beserta zat haranya menuju ke daun.
  • Floem – Floem atau yang bisa juga disebut pembuluh tapis yang berfungsi sebagaimenyalurkan hasil fotosintesis tumbuhan dari bagian daun ke bagian tumbuhan yang lain.

Jaringan Tambahan Daun

Jaringan Tambahan Daun ini biasanya meliputi sel-sel kristal maupun kelenjar yang terdapat pada jaringan mesofil pada daun.

Bagian Daun Dikotil Berdasarkan Struktur Dalamnya

daun menjari dan sejajar

pixabay.com

Beikut adalah penjelasan mengenai bagian daun pada tumbuhan dikotil berdasarkan struktur dalamnya. Dan uraian bagian-bagian daun berdasarkan struktur dalamnya.

Epidermis

Jaringan Epidermis pada daun dikotil ini umumnya terdiri dari satu lapis sel dan letaknya terdapat pada lapisan bawah maupun lapisan atas daun. Jaringan epidermis pada daun dikotil ini pada dasarnya memiliki 2 fungsi utama, yaitu:

  • Melindungi lapisan sel daun dari kekeringan.
  • Menjaga struktur bentuk daun agar tidak rusak.

Kutikula

Kutikula pada daun bertipe dikotil umumnya terletak pada permukaan atas dan bawah daun, sama seperti jaringan epidermis. Selain itu, kutikula juga mengalami penebalan dari zat kutin, sama seperti epidermis Namun pada epidermis, kutikula ini lebih bekerja sebagai pelapis permukaan atas dan bawah dari daun.

Fungsi utama dari kutikula ini adalah sebagai mencegah proses penguapan air yang terjadi pada permukaan daun.

Stomata

Sama seperti jaringan epidermis dan kutikula, stomata pada daun dikotil umumnya terletak pada lapisan bawah maupun lapisan atas dari sebuah daun.

Berikut adalah fungsi umum stomata pada daun dikotil :

  • Stomata berfungsi sebagai jalan masuk dan keluarnya udara pada daun, karena stomata merupakan elemen penting dalam proses respirasi tumbuhan.
  • Stomata memiliki sel penjaga yang berfungsi untuk mengontrol proses terbuka dan tertutupnya stomata.

Mesofil

Jaringan mesofil pada daun dikotil terletakn diantara lapisan epidermis atas dan bawah dan memiliki fungsi utama sebagai tempat terjadinya proses fotosintesis. Pada jaringan mesofil daun dikotil ini memiliki beberapa ciri-ciri sebagai berikut.

  • Jaringan mesofil daun dikotil berdiferensiasi menjadi jaringan palisade dan spons.
  • Jaringan palisade pada daun dikotil tersusun sangat rapat dan biasanya berbentuk silinder.
  • Jaringan palisade pada daun dikotil juga mengandung klorofil.
  • Jaringan spons pada daun dikotil berbentuk tidak teratur dan susunan antar selnya sangat longgar. Jaringan spons juga memiliki bentuk yang bercabang-cabang dan berisi kloroplas.

Urat Daun

Urat daun ini terletak pada helai daun dan bisa kamu lihat secara kasat mata. Fungsi utama dari urat daun ini adalah sebagai transportasi zat-zat yang dibutuhkan oleh daun. Daun tumbuhan bertipe dikotil, tulang daunnya berbentuk menyirip atau menjari.

Bagian Daun Monokotil Berdasarkan Struktur Dalamnya

struktur daun dikotil dan monokotil

Sumber : Perpusku

Nah setelah kamu tau tentang bagian-bagian daun dikotil berdasarkan struktur dan bagian dalamnya. Maka selanjutnya akan dijelaskan mengenai bagian-bagian daun pada tumbuhan yang bertipe monokotil.

Berikut adalah penjelasannya :

Epidermis

Epidermis pada daun monokotil ini terdapat pada lapisan bawah maupun lapisan atas daun. Jaringan epidermis pada lapisan daun memiliki manfaat untuk melindungi lapisan sel bagian dalam dari kekeringan dan mencegah terjadinya penguapan air melalui permukaan daun.

Stomata

Stomata berfungsi sebagai jalan masuk dan keluarnya udara, karena memang stomata merupakan salah satu bagian terpenting dari sistem respirasi pada tumbuhan.

Mesofil

Jaringan mesofil dalam daun bertipe monokotil ini tidak berdiferensiasi menjadi jaringan palisade atau jaringan spons. Di dalam jaringan mesofil ini terdapat ruang-ruang antar sel daun yang berkembang dengan baik.

Urat Daun

Urat Daun ini terletak pada helaian daun dan dapat anda lihat secara jelas membentuk pola. Sama seperti daun tumbuhan dikotil, urat daun pada daun monokotil memiliki fungsi secara umum untuk transportasi zat-zat yang dibutuhkan oleh daun.

Yang membedakan adalah jika pada dikotil bentuk urat daunnya berbentuk menyirip atau menjari, pada daun monokotil urat daunnya berbentuk sejajar.

 


figur prasojo

life is journey, Santri, Desainer and Traveler

0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: