Contoh Benda Gas yang Ada di Sekitar Kita

Published by iqbal alaudin on

Dalam kehidupan sehari hari kita banyak melihat benda di sekitar kita. Benda benda tersebut memiliki kategori masing-masing diantara nya benda padat, benda cair, dan benda gas. Benda tersebut bisa kita temui di sekeliling kita seperti didalam rumah, lapangan, maupun ruang hampa. Salah satunya adalah benda gas. Contoh benda gas yang sering kita temui adalah gas elpiji yang ada didapur yang digunakan oleh ibu untuk memasak makanan.

Sepertinya sudah tak asing di telinga kita, apa itu Benda gas?

Kali ini saya akan menjelaskan apa itu benda gas beserta sifat dan ciri cirinya.

Simak penjelasan berikut!!

Pengertian Benda Gas

contoh benda gas untuk alat transportasi jaman dahulu

pixabay.com

Benda gas adalah zat gas yang memiliki bentuk dan volume yang berubah ubah menyesuaikan ruang yang kosong. Di kutip dari Wikipedia.com istilah gas berawal dari seorang kimiawan terkenal J.B. van Helmont yang saat itu berada pada abad 17.

Istilah tersebut muncul untuk menyederhanakan sebuah bahasa yunani kuno yaitu χάος Khaos dalam  bahasa belanda yang berbunyi seperti kh dalam kata “akhir”. Kisah lain yaitu saat van Helmont berkata gahst (atau geist), yang bermakna arwah atau tak kasat mata.

Gas bisa disebut sebagai benda. Mengapa gas bisa disebut sebagai benda?. Karena suatu bentuk bisa dikatakan benda ketika bentuk tersebut memiliki sifat dan ciri ciri. Misalnya bentuk meja, meja adalah salah satu benda padat yang terbuat dari kayu. Benda ini juga memiliki sifat yang keras, tidak mudah hancur, dan bisa terbakar oleh api.

Benda gas pun juga memiliki sifat dan ciri ciri layaknya seperti benda padat dan benda cair.

Sifat Benda Gas

Benda gas juga bisa disebut sebagai zat gas. Suatu zat yang tak nampak oleh mata. Salah satu penyebab benda gas tak terlihat adalah molekul yang berpencar pencar. Tapi tidak semua benda gas tak terlihat. dibawah ini beberapa sifat benda gas versi Prasstyle.com

Adapun Sifat Zat Gas Sebagai Berikut:

  1. Memiliki molekul yang berpencar pencar
  2. Letak antar pertikel berjauhan
  3. Susuna partikel yang tak beraturan
  4. Bergerak bebas

Benda gas tidak memiliki bentuk pasti berbeda dengan benda padat dan benda cair, benda gas berubah ubah sesuai pada suatu ruang yang di isi. Itulah mengapa benda tersebut tak terlihat oleh mata. Molekul yang berpencar pencar juga penyebab benda ini memiliki sifat gas.

Ciri Ciri Benda Gas

Benda tersebut tidak memilik struktur pada ciri luarnya. Sebab benda gas tidak memiliki bentuk pasti. Ilmu pengetahuan juga membuktikan bahwa benda gas memiliki warna, bau, dan rasa layaknya benda padat dan benda cair pada umumnya.

Ciri Ciri Zat Gas Sebagai Berikut:

  1. Memiliki volume yang tidak tetap
  2. Mengisi ruang kosong
  3. Ikatan partikel sangat lemah pada benda padat
  4. Mengikuti bentuk tempatnya
  5. Memiliki rasa, bau, dan warna pada jenis gas tertentu

Adapun contoh benda gas di sekitar kita sangat banyak bahkan, hidup berdampingan dengan kita. Asap kendaraan misalnya, adalah salah satu contoh benda gas yang sering kita temui. Asap kendaraan adalah salah satu gas karbon monoksida yang berbahaya bagi tubuh manusia. Adalagi yaitu oksigen, oksigen adalah gas yang kita hirup sehari hari. Makhluk bumi tidak akan mampu bertahan hidup tanpa adanya okisgen disekitarnya

Berapa Contoh Benda Gas

Beberapa contoh benda gas yang sudah kita ketahui dan yang belum kita ketahui :

  • Nitrogen : Nitrogen (N)dalah salah satu benda gas yang tidak memiliki bau, rasa  dan warna. Nitrogen biasanya dipakai untuk campuran pembuatan pewarna, dapat dipergunakan sebagi bahan peledak.
contoh tabung gas yang digunakan di rumah sakit

GasMediaRS-Wordpress.com

  • Oksigen : Oksigen (O2)adalah udara bersih yang kita hirup sehari. Oksigen juga dapat dihasilkan dari tumbuhan disekitar. Pohon menghasilkan oksigen dalam reaksi kimia fotosintesis yang menggunakan karbondioksida dan air untuk membuat gkukosa. Dikutip dari Genpi.co
contoh tabung oksigen untuk alat bantu pernapasan

pixabay.com

  • Karbondioksida : Karbondioksida (CO2) adalah gas atmosfir yang terdiri dari dua atom, yaitu atom oksigen dan atom karbon. Gas ini adalah salah satu gas yang dikeluarkan dari dalam tubuh manusia saat bernafas. Karbondioksida juga dibutuhkan oleh tumbuhan untuk proses fotosintesis. Gas ini juga dihasilkan oleh asap limbah pabrik yang akan membuat udara sekitar menjadi tercemar.
    alat bantu pernapasan

    alodokter.com

  • Karbon Monoksida : Karbon monoksida (CO) adalah gas yang berbahaya bagi tubuh manusia, karena yang menghirupnya bisa mengalami gangguan kesehatan. Karbon monoksida dihasilkan dari pembakaran minyak, kayu, pertol, asap kendaraan, asap rokok, dll. Tak hanya di keluarkan manusia saat bernapas, gas ini juga sama halnya seperti karbondioksida. Sama sama memiliki kandungan yang berbahaya bagi tubuh manusia.
gas karbon monoksida yang dihasilkan dari pembakaran pabrik

merdeka.com

  • Uap Air : Uap air adalah air yang dalam bentuk gas yang terjadi akibat proses pemanasan air (H2O) menjadi uap air. Air yang terdapat didarat dan lautan akan menguap karena terkena panas matahari lalu menjadi awan atau kabut di langit. Air yang terkandung di awan akan turun kembali ke darat dan laut menjadi hujan. Dikutip dari Wikipedia.com
gas yang dihasilkan dari penguapan air

pixabay.com

  • Asap Knalpot : Asap knalpot adalah salah satu gas yang berbahaya bagi tubuh manusia. Gas ini termasuk dalam kategori gas yang mengandung karbon dioksida. Gas ini terjadi akibat pembakaran bahan bakar pada mesin kendaraan bermotor, mesin pabrik, mesin diesel. Hal ini juga dapat menyebabkan global warming. Dan termasuk pencemaran udara sekitar.
contoh benda gas dari kendaraan bermotor penyebab polusi udara

KulitKacang-Wordpress.com

  • Gas Alam : Gas alam adalah bahan bakar fosil yang berasal dari sisa-sisa tanaman, hewan dan mikroorganisme, tersimpan dalam di bawah tanah selama jutaan tahun. Dikutip dari Encyclopaedia Britannica, gas atau yang biasa disebut gas alam, adalah gabungan dari beberapa gas yang terbentuk alami di bawah permukaan bumi. Gas pembentuk gas alam adalah metana, etana, propan, dan butana. Gas alam biasanya terbentuk bersama minyak bumi.
contoh pabrik gas alam

pixabay.com

Dan Beberapa Benda Gas Lainya:

  1. Metana
  2. Awan
  3. Ammonia
  4. Klorin
  5. Ozon
  6. Florin

Itulah penjelasan mengenai arti, sifat, dan ciri benda gas. Bahkan masih sangat banyak lagi contoh benda gas selain contoh diatas. Selain itu bumi juga mengandung banyak gas alam yang sangat melimpah tentunya. Salah satunya adalah gas yang kita hirup saat ini.


0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: