Contoh Paragraf Persuasi

Contoh Paragraf Persuasi- Sering kita temui dalam bahasa Indonesia adalah istilah istilah penting yang merupakan materi pembelajaran yang ada di dalam nya.

Istilah istilah ini adalah salah satu tanda berkembangnya bahasa Indonesia itu sendiri. Istilah yang juga merupakan materi pembelajaran pada jenjang pendidikan.

Sebagai contohnya adalah paragraf deskripsi dan paragraf eksplanasi. Kedua contoh ini merupakan kembangan bahasa dari pembelajaran bahasa Indonesia.

Pada kesempatan kali ini kita tidak akan membahas contoh istilah di atas. Akan tetapi Prasstyle.com akan membahas perihal contoh paragraf persuasi.

Di dalam artikel ini akan kita bahas bersama mengenai contoh paragraf persuasi singkat, apa itu paragraf persuasi, jenis paragraf persuasi, dan contoh paragraf persuasi adalah.

Untuk itu simak pembahasan di bawah ini dengan teliti dan semoga kamu medapatkan wawasan serta ilmu baru yang belum pernah kamu ketahui sebelumnya.

Di bawah ini adalah penjelasan lengkap mengenai pengertian, ciri ciri, struktur, kaidah penulisan, dan contoh paragraf persuasi adalah sebagai berikut.

Semoga bermanfaat šŸ™‚

Contoh Paragraf Persuasi Adalah

contoh paragraf persuasi
pinterest.com

Sebelum menuju pada jenjang pembahasan tentang pengertian paragraf persuasi, alangkah baiknya kita mengenal terlebih dahulu apa itu paragraf.

Paragraf merupakan suatu karangan teks yang berisi dua kalimat atau lebih yang digabung menjadi satu serta memiliki pernyataan sebuah peristiwa dan konsep tertentu.

Apa itu paragraf persuasi? dan Apa yang dimaksud dengan paragraf persuasi? Simak dibawah ini.

Paragraf persuasi adalah sebuah teks, karangan, atau paragraf yang berisi pernyataan tentang mengajak, membujuk, mendorong, atau menyuruh pembaca untuk mengikuti suatu hal yang tertulis pada teks.

Dapat di artikan yakni paragraf persuasi adalah teks yang bersifat mempromosikan sesuatu karena terdapat ajakan pada teks tersebut.

Sifat pada teks ini adalah mengajak yakni pada penulisan memerlukan kata atau kalimat yang dapat mempengaruhi pembaca sehingga muncul minat terhadap sesuatu yang ditulis pada teks tersebut.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), Persuasi memiliki dua makna yaitu yang pertama diartikan sebagai ajakan kepada seseorang dengan cara memberikan alasan dan prospek baik yang meyakinkanya.

Dan makna yang kedua yaitu karangan yang bertujuan membuktikan pendapat. memersuasi/ meĀ·merĀ·suĀ·aĀ·si/vĀ membujuk secara halus; meminta agar meyakini.

Tujuan paragraf persuasi adalah sebagai perintah, bujukan, mengajak, dan mendorong pembaca agar melakukan hal yang tuliskan pada teks. Paragraf persuasi juga bertujuan untuk meyakinkan isi teks kepada pembaca yang didukung data akurat.Ā 

Baca Juga : Contoh Paragraf Deduktif Terlengkap Beserta Penjelasan, Ciri Ciri, dan Jenis Jenisnya

Struktur Contoh Paragraf Persuasi Adalah

contoh paragraf persuasi
pinterest.com

Sama halnya dengan istilah dalam bahasa bahasa Indonesia yang lain, terdapat struktur pembangun pada paragraf persuasi ini.

Struktur ini merupakan kaidah kaidah yang wajib terpenuhi ketika kamu ingin menulis sebuah teks persuasi. Terdapat empat kaidah pembangun paragraf persuasi adalah sebagai berikut :

  1. Pengenalan Isu
  2. Rangkaian Argumen
  3. Pernyataan Ajakan
  4. Penegasan Kembali

Berikut penjelasanya

1. Pengenalan Isu

Kaidah paragraf persuasi yang pertama adalah pengenalan isu. Struktur pengenalan isu merupakan pengantar yang pada umumnya terletak pada bagian awal paragraf.

Pada struktur pengenalan isu berisi isu, topik, atau permasalahan yang akan dibahas pada paragraf tersebut. Bagian ini merupakan pengantar teks yang menjelaskan deskripsi pada awalan teks.

2. Rangkaian Argumen

Kaidah yang kedua adalah rangkaian argumen. Pada struktur rangkaian argumen berisi pendapat dari sudut pandang penulis tentang topik atau isu yang telah dijelaskan pada kaidah pertama.

Pada struktur ini dapat berupa penguatan tentang argumen topik utama dengan melengkapi data valid dan fakta yang relevan guna sebagai pendukung argumen tersebut.

3. Pernyataan Ajakan

Selanjutnya ada pernyataan ajakan yang juga merupakan salah satu ciri ciri paragraf persuasi.

Pernyataan ajakan merupakan struktur yang berisi tentang kalimat dorongan, ajakan, atau bujukan kepada pembaca agar melakukan intruksi yang ada di dalam teks persuasi.

Pada bagian ini merupakan inti dari sebuah topik paragraf persuasi. Diperlukan kalimat atau kata yang mampu mempengaruhi pembaca.

4. Penegasan Kembali

Struktur yang terakhir adalah penegasan. Struktur penegasan berisi tentang penegasan ulang tentang topik utama, pendapat, dan kalimat ajakan.

Penulis perlu menegaskan kembali tentang topik yang dibahas agar pembaca percaya terhadap teks tersebut dan untuk memperkuat fakta pada penyataan argumen sebelumnya.

Baca Juga :

Ciri Ciri Paragraf Persuasi Singkat

buku dan pena
pinterest.com

Sama halnya dengan teks negosiasi, teks persuasif juga memiliki ciri ciri yang menjadi penanda untuk membedakan paragraf persuasi dengan paragraf lainya.

Dibawah ini ciri ciri paragraf persuasi singkat adalah sebagai berikut :

  • Berdasarkan Data dan Fakta
  • Menggunakan Frasa Imperatif
  • Berisi Ajakan dan Membujuk
  • Menggunakan Tanda Seru (!)
  • Menghindari Konflik
  • To The Point

1. Berdasarkan Data dan Fakta

Tujuan paragraf persuasi adalah membuat pembaca terpengaruh oleh teks penulis. Untuk itu diperlukan data valid dan objek yang berdasarkan fakta.

Perlunya dilakukan riset atau dapat melakukan survei langsung sebab data dan fakta ini sangat berpengaruh pada isi teks dan juga dapat menguatkan topik pembahasan pada paragraf persuasi.

2. Menggunakan Frasa Imperatif

Selanjutnya menggunakan frasa imperatif. Yakni frasa atau kata yang bersifat memerintah. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) imperatif bersifat mengharuskan, menyatakan larangan atau keharusan untuk melaksanakan perbuatan.

3. Berisi Ajakan atau Membujuk

Isi dari paragraf persuasi adalah untuk mengajak. Diawali dengan argumen tentang objek dan dilanjutkan dengan ajakan serta penegasan tentang ajakan objek tersebut.

Teks ini harus memuat kalimat ajakan dan perintah agar pembaca melakukan perintah dari teks persuasi. Contohnya : Mari, Yuk, Lakukanlah, Ayo, Penting, Wajib, Segeralah, Hendaknya, Waspadalah, dan lain-lain.

4. Menggunakan Tanda Seru (!)

Perintah dan ajakan adalah sifat utama paragraf persuasi. Untuk itu, dalam menulis teks ini diperlukan tanda seru. Umumnya terletak pada bagian penegasan sehingga teks terkesan dipercaya oleh pembaca.

5. Menghindari Konflik

Ciri ciri yang satu ini perlu dihindari karena teks persuasi merupakan teks ajakan dan ketika menghindari konflik akan mempertahankan kepercayaan pembaca pada topik pembahasan paragraf.

6. To The Point

Yang dimaksud to the point disini adalah isi dari teks persuasi tidak perlu bertele tele. Cukup tuliskan isu yang dibahas, kemudian argumen pendukung, kalimat ajakan, dan tegaskan ulang objek yang di bahas.

Baca Juga :

Contoh Paragraf Persuasi Singkat

contoh paragraf persuasi
pinterest.com

Oke kita berlanjut pada pembahasan terakhir yakni contoh paragraf persuasi. Dibawah ini contoh paragraf persuasi adalah sebagai berikut :

Semua ini dari atas hingga akhir adalah refrensi buat kamu ketika mendapati soal jelaskan yang dimaksud paragraf persuasi?, jelaskan ciri ciri paragraf persuasi?, pengertian paragraf persuasi?, buatlah kerangka paragraf persuasi dengan topik bahaya perokok pasif?, tuliskan dasar pembuatan paragraf persuasi? dan lain sebagainya.

Berikut Contoh Contohnya :

  • Contoh Paragraf Persuasi Tentang Kesehatan Singkat

Berikut contoh paragraf persuasi tentang kesehatan :

Melakukan olahraga dengan teratur dapat dilaksanakan dengan cara yang ringan ringan. Contohnya adalah joging, peregangan, dan senam pagi. Melakukan olahraga secara rutin dapat membunuh semua racun dalam tubuh melalui keringat dan air kencing. Kurang olahraga membuat racun menumpuk dan mudah terserang penyakit. Melakukan olahraga saja tidak cukup, makan secara teratur adalah salah satu cara menjaga tubuh tetap bugar. Oleh karena itu, Biasakanlah olahraga ringan setiap hari minimal selama 30 menit agar tubuh menjadi lebih sehat dan terhindar dari segala penyakit.

  • Contoh Paragraf Persuasi Tentang Pendidikan Singkat

Salah satu sarana untuk menghasilkan masyarakat yang berkualitas adalah pendidikan. Tingkat pendidikan sangat berpengaruh dalam wawasan ilmu pengetahuan dan teknologi pada abad ke-21 ini. Oleh karena itu, Saatnya pendidikan Indonesia menjadi tanggung jawab bersama. Seluruh komponen masyarakat harus ikut andil dalam perkembangan pendidikan bangsa. Seluruh komponen masyarakatlah, yang wajib membantu sesama kepada yang membutuhkan demi majunya pendidikan bangsa.

  • Contoh Paragraf Persuasi Tentang Narkoba

Berikut contoh paragraf persuasi mengenai bahaya narkoba :

Narkoba adalah salah satu ancaman terbesar bagi generasi kaum muda bangsa Indonesia. Jika dilihat dari berbagai sisi, narkoba adalah jenis obat obatan berbahaya yang sangat merugikan dari sudut baik itu segi kesehatan fisik, kecerdasan, maupun mental. Oleh karena itu, Mari camkan gerakan anti narkoba “stay healthy without drugs” untuk generasi muda yang sehat, cerdas, dan religius.

  • Contoh Paragraf Persuasi Tentang Lingkungan Singkat

Global warming merupakan proses peningkatan suhu rata-rata atmosfer bumi, laut, dan daratan Bumi. Permukaan Bumi memiliki rata rata suhu yang telah meningkat sebesar 0.74 Ā± 0.18 Ā°C berkisar selama seratus tahun terakhir.Ā Fenomena Global warming ini dipicu oleh banyak faktor, di antaranya adalah ulah manusia seperti membuang limbah plastik, penggunaan emisi gas berlebih, dan lainnya. Untuk itu, ayo buang sampah pada tempatnya agar bumi kita menjadi lebih sejuk dan nyaman.

  • Contoh Paragraf Persuasi Tentang Bahasa Jawa Tema Pendidikan

Berikut contoh paragraf persuasi bahasa Jawa :

Program pendidikan wajib 12 taun bakal diwiwiti ing wulan Juni 2015. Program iki bakal ditindakake dening kabinet kerja Indonesia. Ancasipun kangge majengaken pendhidhikan Indonesia supados para siswa dados manungsa ingkang langkung sae lan boten ketinggal dening bangsa sanes. Mugi-mugi para siswa Indonesia saged pikantuk pedamelan ingkang prayogi utawi saged nglajengaken kuliyah. Dipunkersakaken para tiyang sepuh saged nyengkuyung program wajib belajar 12 taun menika kanthi ngentasaken putra-putrinipun wonten ing SMP wiwit SD, SMP, SMA ngantos SMA utawi SMA padha karo.

  • Contoh Paragraf Persuasi Tentang Bahaya Merokok Singkat

Merokok adalah salah satu perbuatan yang tidak baik bagi kesehatan tumbuh manusia. Didalam rokok mengandung banyak zat yang berbahaya apabila masuk kedalam tubuh. Merokok mengakibatkan paru paru menjadi hitam dan kotor yang disebabkan adanya asap-asap. Merokok terus menerus disebut peroko aktif sedangkan orang yang merokok jarang atau tidak sama sekali disebut pasif. Perokok pasif memiliki tingkat kerusakan organ lebih besar dari pada perokok aktif, sebab asap langsung terhirup oleh hidung dan menuju paru paru. Untuk itu jangan merokok!, karena mengakibatkan dampak buruk bagi kesehatan pribadi dan orang lain.

  • Contoh Paragraf Persuasi Propaganda

Berikut contoh paragraf persuasi propaganda :

Semakin hari akses informasi semakin mudah di dapat. Jika kita tidak memfilter dengan baik, akan mudah termakan informasi yang salah atau hoax. Informasi hoax dapat disebut dengan disinformasi atau misinformasi. Disinformasi yakni sengaja dibuat untuk menyebarkan kerugian pada pihak tertentu dan misinformasi yakni info yang tanpa disadari mengandung kabar yang menyesatkan. Nah oleh karena itu, kita wajib berhati hati ketika menyebar dan mempercayai suatu informasi dari berbagai pihak. Informasi terpercaya atau asli berasal dari instansi resmi yang kredibilitas dan rekam jejaknya berpredikat baik. Ayo filter informasi dengan benar dan Jangan sebarkan informasi sembarangan yang tidak berdasarakan fakta.

  • Contoh Paragraf Persuasi Politik

Pemilihan Bupati Magetan hanya tinggal beberapa hari saja. Gunakan sebaik mungkin hak pilih kita untuk menentukan siapa yang layak memimpin Kabupaten Magetan tercinta ini . Ayo cegah! dan jangan sampai ada hak suara yang disalahgunakan oleh oknum tidak bertanggung jawab dengan cara menghindari golput (golongan putih atau tidak mencoblos).

  • Contoh Paragraf Persuasi Advertensi

Susu Sunny Go adalah salah satu produk minuman terbaik untuk menjaga kesehatan tubuh. Nutrisi dalam kandungan susu sunny go menjadikan tubuh tetap sehat, kuat, dan bugar. Yuk, sehatkan tubuh kita dan keluarga dengan minum Susu Sunny Go.

  • Contoh Paragraf Persuasi Singkat

Gizi yang terkandung dalam nasi merupakan sumber karbohidrat bagi tubuh manusia.
Karbohidrat dalam nasi berfungsi untuk menutrisi dan sumber energi bagi tubuh. Nasi memberi kita energi untuk melakukan aktivitas sehari hari sehingga kita menjadi kuat dan sehat. Konsumilah nasi! agar tubuh kita sehat dan kuat dalam menjalani kegiatan berat.

  • Contoh Paragraf Persuasi Induktif

Dibawah ini contoh paragraf persuasi adalah sebagai berikut :

Manusia memerlukan berbagai macam vitamin dan mineral yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Vitamin dan mineral bergizi banyak dijumpai pada makanan, buah, daging, susu, dan sayur. Apabila kebutuhan vitamin dan mineral tercukupi tubuh manusia akan sehat dan tidak gampang sakit. Begitu pula sebaliknya, apabila kekurangan vitamin dan mineral tubuh akan lemas dan mudah terserang berbagai penyakit. Agar tubuh kita tetap sehat, ayo konsumsi makanan yang bergizi! dan jangan lupa untuk olahraga secara teratur agar imbang dan tetap bugar.

  • Contoh Paragraf Persuasi Iklan Produk

Shampo Onigasima merupakan salah satu produk terbaik untuk menjaga kesehatan dan kesuburan rambut. Kandungan shampo onigasima membuat rambut tetap sehat, kuat, lembut dan tidak lepek. ayo beli shampo onigasima!, sehatkan rambut anda dan keluarga dengan memakai shampo onigasima.

Leave a Reply

%d bloggers like this: