Motivasi Menuntut Ilmu

pixabay.com

Menuntut ilmu adalah sesuatu yang sangat berharga bagi saya. Karena dengan sebuah keilmuan Kita dapat membuat jalan hidup kita menjadi lebih jelas dan yakin akan tujuan. Kesadaran menuntut ilmu perlu ditanamkan pada setiap pribadi agar tau bagaimana mudahnya berjalan di atas muka bumi ini menggunakan ilmu.

Di dunia ini memang oaran yang berilmu pasti akan lebih dihargai, mengapa …? Karena derajat orang yang berilmu itu di mata manusia pasti berbeda. Orang yang berilmu biasanya lebih bisa dipercaya & walaupun juga banyak orang yang berilmu namun ilmunya tidak membawa keberkahan.

Seperti apakah orang yang berilmu namun ilmunya tidak berkah, tentu ini juga banyak terjadi di masyarakat. Biasanya oaring yang seperti ini menggunakan otak mereka hanya untuk mewujudkan keinginan pribadinya saja, mereka mencari ilmu hanya untuk meraup keuntungan tanpa memikirkan jiwa sosial.

Nah disini lah akan terlihat orang yang ilmunya masuk ke jiwa mereka dan memaknai ilmu tersebut. Tidak hanya memendam ilmu untuk pribadi namun juga mebagikanya kepada halayak umum, namun ada juga  manusia yang pelit untuk berbagi ilmu karena takut orang yang diajari akan melampauinya.

Ilmu Dunia

pixabay.com

Seberapa penting kah menuntut ilmu, seberapa besarkah dampaknya bagi kehidupan sehari hari, adakah dampaknya untuk ekonomi. Baiklah kita akan kupas satu persatu, namun pada dasarnya semua itu ada kaitanya dengan satu sama lain.

Karena pada dasarnya semua yang kita lakukan ada akibatnya dan berdampak pada sisi lain sebagai contoh kecil adalah “ kita berjalan dan pasti dampaknya adalah kita akan berpindah tempat”. Nah itu adalah sebagai contoh kecil ada sebab ada akibat.

Pentingnya Menuntut Ilmu

pixabay.com

Sangatlah penting menuntut ilmu bagi setiap pribadi karena dengan kita memiliki ilmu (pengetahan). Kita pasti akan mudah membedakan hal yang masuk akal dan menentukan bagai manakah cara menghadapi hal hal sulit dalam kehidupan kita.

Menuntut ilmu tidak sebatas di bangku sekolah saja, karena kebanyakan orang berfikir sekolah itu mahal dan yang di pelajari disana tidak semua berguan untuk menghasilkan materi.  Selain sekolah juga banyak cara kita untuk menambah ilmu yaitu salah satunya  dengan mau membaca.

Membaca adalah salah satu hal faktor utama tebukanya wawasan bagi setiap orang, apalagi pada zaman moderen ini kita dapat menerima informasi umum dengan mudah. Kadang kala ada juga orang yang ingin sekali bersekolah namun tidak memiliki biaya yang cukup.

Inilah tugas kita bersama untuk membantu sesama manusia agar layak mendapatkan pendidikan yang setara. Bersyukurlah anda yang bisa bersekolah sampai saat ini dan jadikan momen ini agar bisa merubah masa depan bersama.

Dampak Bagi Kehidupan

Dapak ilmu pengetahun bagi kehidupan sehari hari sudahlah sangat jelas di sekitar kita, dengan perkembangan sains teknologi sungguh ini benar benar merubah gaya hidup sebagian besar manusia. Dahulu manusia berpergian jauh pasti menggunakan kendaraan dengan tenaga hewan.

Inilah perubahan yang sangat pesat dari ilmu pengetahuan bagi kehidupan kita sehari hari, apalagi pada era ini hampir semua hal bersifat instan & dan bertujuan mempermudah kehidupan sehari hari. Perkembangan teknologi ini tentu dengan ilmu bukan sekedar berjalanya roda  kehidupan ini, semua itu telah memenuhi segala keterbatasan manusia.

Dampak Ilmu Pada Ekonomi

Salah satu perubahan ekonomi tentu didasari oleh ilmu pengetahun, perubahan inipun sungguh sangat jelas. Dahulu semua transaksi dan periklanan dilakukan melalui surat kabar atau dari mulut ke mulut, nah pada saat ini sebagian dari itu semua sudah beralih menuju online, dengan transak si yang lebih mudah dan instan.

Sebagai contoh kita dapat membeli sebuah barang atau makanan tanpa harus keluar rumah dan melakukan pembayaran dengan hanya mentrasfernya. Adapun hal lain yang terjadi pada sistem pertanian yang kian hari makin moderen. Yang dulunya masih menggunakan tenaga manusia atau hewan kini telah digantikan oleh mesin mesin moderen.

Hampir semua bidang di dunia ini telah diwakilkan pekerjaanya kepada robot robot yang telah dirancang untuk bekerja.

Sekolah

pixabay.com

Pengalaman bersekolah bagi saya adalah masa masa yang sangat berkesan karena di sanalah aku belajar segala hal. Walaupun tidak semua ilmu itu saya dapat dari pendidikan bersekolah namun di sanalah tempat untuk memupuk dan mengisi waktu muda dengan segudang ilmu.

Di sini tidak hanya belajar untuk bagaimana menghitung ataupun menambah wawasan. Namun di sini juga aku belajar arti dari sebuah jiwa sosial dan bagaimana menghargai orang lain. Banyak orang yang lulus sekolah mulai berfikir “ngapain dulu saya buang buang waktu di sekolah toh juga jadi kuli”, kuli yang bersekolah pasti ia berilmu nah buatlah target target seperti halnya enkau memulai usaha dari nol.

Disinilah waktu pembuktianbagaiman hal hal yang kita pelajari dulu di sekolah bisa terlaksana atau tidak.  Adapun beberapa penyesalan saya yang baru muncul dan sangat terasa ketika telah menyelesaikan pendidikan. Yaitu ada beberapa hal yang yang saya lewatkan atau tidak saya serusi pada waktu sekolah dahulu.

Ketika telah menyelesaikan pendidikan pasti kalian akan memasuki dunia atau wilayah masyarakat yang sesungguhnya, dimana dirimu akan ikut terlibat dalam penyelesaian masalah yang ada. Nah begitulah, kita pasti akan bertabrakan langsung dengan apa yang kita pelajari dulu wktu bersekolah.

Sebagai contoh, anda adalah lulusan jurusan pertanian pasti anda akan jadi rujukan orang orang di sekitar anda dalam bidang pertanian tersebut. Kenapa bisa seprti itu, tentu saja masyarakat yang cerdas juga akan bertanya pada ahlinya.

Persaingan Dunia Kerja

pixabay.com

Persaingan dunia kerja pada saat ini tentu sangatlah luar bisa mulai dari pegawai sampai pengusaha. Hal tersebut akan dapat mengeliminasi kita apabila kita tidak memiliki basik yang dapat mengalah kan lawan saing. Tentu disini bersaing secara sehat walaupunbanyak juga yang masih menggunakan ilmu yang terlarang dalam agama.

Dalam melamar pekerjaan pasti akan dilakukan tes, nah tes inilah yang akan membuktikan kita seberapa pantaskah kita diterima bekerja pada sebuah instasi atau perusahaan. Karena sebuah perusahaan akan mengambil pekerja yng berkualitan dan tentunya ilmu tadi.

Para pengusaha juga pasti memiliki lawan saing dalam bisnisnya, nah disinilah pembuktian strategi usaha siapakah yang layak bertahan lama di tengah tengah masyarakat. Tentu bagi pengusaha yang berilmu pasti ini hal yang mudah dan telah menyiapkan hal-hal pencegahan dari jauh jauh hari.

Strategi marketing dalam bidang usaha termasuk hal yang berpengaruh besar dari sebuah bidang usaha karena dengan hal tersebut masyarakat umum akan tau tentang apa yang kita tawarkan. Dan dalam menjaga kualitas dan kinerja adalah ha lyang paling penting untuk kestabilan sebuah usaha.

Leave a Comment

%d bloggers like this: