Kumpulan Contoh Teks atau Paragraf Narasi

Published by figur prasojo on

Contoh teks narasi Berikut ini kita akan membahas tuntas mengenai paragraf narasi dari materi saya sebelunya yang menjelsakan jenis jenis paragraf. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai pengertian dan contoh teks narasi, jenis jenis teks narasi, ciri ciri teks narasi, dan contoh teks narasi pendek.

Paragraf narasi adalah teks yang mengandung unsur tokoh, alur, dan latar. Untuk pembahasan yang lebih jelas mari baca penjelasan yang telah saya rangkum lets skuy.

Pengertian Teks Narasi

contoh Paragraf narasi

pixabay.com

Paragraf Narasi adalah paragraf yang menceritakan tentang sebuah peristiwa atau kejadian yang berlangsung berdasarkan kronologi atau urutan waktu. Kejadian yang disampaikan di dalamnya ini bisa berupa cerita nyata (non-fiksi) atau sebuah khayalan saja (fiksi).

Dalam hal ini paragraf narasi membuat seorang pembaca seakan-akan mengalami sendiri peristiwa yang sedang dibacanya. Berikut adalah beberapa contoh bentuk karangan narasi antara lain: cerpen, novel, biografi, roman.

Tujuan ditulisnya karangan narasi secara fundamental:

  • Memberikan informasi dan menambah pengetahuan.
  • Memberikan pengalaman estetis kepada para pembaca.

Ciri-Ciri Paragraf Narasi

Ciri-ciri secara umum:

  • Mengandung unsur-unsur utama, seperti alur/plot, tokoh, konflik, latar.
  • Menggunakan sudut pandang penulis.
  • Berisi tentang pengalaman penulis.
  • Terdapat unsur rangkaian waktu dan informasi didalamnya.
  • Mengutamakan unsur tindakan dan perbuatan.
  • Memiliki latar suasana, tempat dan waktu.
  • Menggunakan tokoh dan perwatakan yang jelas.
  • menggunakan urutan waktu dan tempat yang saling berhubungan.

Berikut ciri-ciri paragraf narasi menurut Gorys Keraf (2000:136):

  • Menonjolkan unsur perbuatan atau tindakan.
  • Dirangkai menggunakan urutan waktu.
  • Menjawab pertanyaan “apa yang terjadi?”
  • Terdapat konflik konfliks.

Jenis Paragraf Narasi

contoh paragraf narasi

pixabay.com

Paragraf narasi terbagi menjadi dua, yaitu narasi ekspositoris dan narasi sugestif.

  • Teks Narasi Ekspositoris

Contoh Teks narasi ekspositoris adalah jenis paragraf narasi yang memiliki target dalam menyampaikan suatu informasi dengan tepat mengenai sebuah peristiwa maupun kejadian. Dan bermaksud agar dapat menambah pengetahuan dan wawasan mengenai cerita pribadi seseorang.

  • Teks Narasi Sugestif

Contoh  Teks narasi sugestif adalah suatu paragraf narasi yang berusaha untuk menyampaikan maksud tertentu atau memberikan suatu amanat yang bersifat terselubung bagi para pembacanya. Jadi terlihat seolah olah pendengar maupun pembaca bisa membayangkan atau tau bagaimana maksudnya.

 

Contoh Teks Narasi Berdasarkan latar

Paragraf narasi bisa dikembangkan dengan berbagai pola pengembangan sebagai berikut :

  • Urutan waktu

Kejadian-kejadian yang diceritakan di dalam dalam pola pengembangan ini disampaikan dengan urutan waktu, dari pagi hingga pagi lagi, dari tahun ketahun, dan lain-lain.

  • Urutan ruang

Kejadian-kejadian yang diceritkan dalam pola pengembangan ini disusun mengikuti bagian-bagian dari suatu tempat, dari timur ke barat, dari bagian dalam ke bagian luar, dan lain-lain.

Menyusun Teks Narasi

paragraf teks kalimat efektif, narasi pendek

pixabay.com

Dalam menyusun paragraf narasi, kita harus memperhatikan hal-hal berikut ini.

  1. Menentukan tema yangakan di tulis.
  2. Merumuskan tujuan cerita yangakan di sampaikan.
  3. Mengumpulkan bahan atau data yang akan di bahas.
  4. Menyusun kerangka cerita.
  5. Mengembangkan kerangka karangan lebih luas.
  6. Memperhatikan EYD.

Menggunakan Kata Ulang Dalam Teks Narasi

  • Perulangan bentuk kata dasar

Perulangan ini juga disebut dengan perulangan utuh atau juga disebut dwilingga. Perulangan ini terdiri dari dua macam yaitu, perulangan bentuk kata dasar dan perulangan bentuk kata berimbuhan. Contoh: makan-makan, jalan-jalan, jenis-jenis, dan lain-lain.

  • Perulangan berimbuhan

Bentuk perulangan yang diberi kata imbuhan atau pengimbuhan. Contoh: keemas-emasan, sepandai-pandainya, selama-lamanya, dan lain-lain.

  • Perulangan sebagian

Perulangan ini disebut dengan kata ulang dwipura, yaitu bentuk kata berulangan yang terjadi hanya pada bentuk dasar atau sebagian suku katanya. Contoh: memanggil-manggil, bertanya-tanya, mengaung-ngaung, merengek-rengek dan lain-lain.

Berikut ini adalah makna kata ulang .

  • Banyak : burung-burung, baju-baju.
  • Bermacam-macam : buah-buahan, sayur-sayuran.
  • Tindakan yang dilakukan berulang-ulang : berteriak-teriak, menendang-nendang.
  • Saling berbalasan (resipokal) : tolong-menolong, bersalam-salaman, maaf-memaafkan.
  • Mirip : kehitam-hitaman, kemerah-merahan.
  • Tingkat paling tinggi (superlatif) : sekuat-kuatnya, sebesar-besarnya.
  • Sangat : keras-keras, tinggi-tinggi.

Contoh Teks Narasi

Contoh Teks Narasi Ekspositoris
  • Kemerdekaan

paragraf narasi sejarah

Pada  tanggal 4 Juli 1927, Partai Nasional Indonesia atau PNII didirikan oleh Soekarno yang bertujuan agar Indonesia bisa secepatnya merdeka. Namun pada kenyataanya pada tanggal 29 Desember 1929, penjajah mengirim ia ke dalam penjara Sukamiskin di Bandung hingga tanggal 31 Desember 1931.

Kemudian ia bebas dan ikut berpartisipasi dengan partindo. Namun  untuk kedua kalinya soekarno ketahuan dan kemudian ditangkap dan diasingkan di Ende Flores di tahun 1933. Kemudian Belanda memindahkannya ke Bengkulu.

Setelah melewati berbagai perjuangan dalam waktu yang cukup lama, pada akhirnya soekarno ditemani oleh Bung Hatta memproklamasikan kemerdekaan Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945.

  • Perang Surabaya

paragraf narasi ekspositoris

Pada tanggal 20 November 1945 munculah suatu pergerakan perlawanan rakyat Surabaya dalam mengusir  penjajah Belanda dan para sekutu di tanah air terutama bagi daerah Surabaya.

Asal mula terjadinya perang ini yaitu di karenakan terbunuhnya salah satu pimpinannya mereka yaitu Brigadir Jenderal Mallaby yang kemudian memicu kemarahan tentara inggris. Karena terbunuhnya pimpinan mereka, pada akhirnya Inggris dan sekutunya menyampaikan Ultimatum bagi semua pejuang yang berada di Surabaya agar secepatnya menyerah.

Namun tiada kata menyerah pagi para pejuang, ultimatum tersebut dinilai sebagai bentuk penghinaan bagi rakyat Surabaya dan para pejuang. Merekapun kemudian mengadakan misi-misi perjuangan guna melawan para pihak Inggris yang mengancam akan melakukan serangan.

Ultimatum tersebut di tolah mentah-mentah dan akhirnya muncul kemarahan besar dari para pihak Inggris dan para sekutunya. Kemudian pada tanggal 10 November di pagi hari Inggris menyerang secara besar-besaran melalui jalur udara, laut dan darat. Mereka mengerahkan sekitar kira-kira 30,000 Infanteri.

Beberapa tank, kapal perang dan pesawat diarahkan menuju kota Surabaya. Dan mereka para pihak sekutu menyerang habis habisan kota Surabaya. Mereka melakukan pengeboman bardir gedung gedung pemerintahan dan melakukan pembunuhan kepada para pejuang.

Seluruh rakyat dan pejuang Surabaya turun ke jalan dan melakukan perlawanan. Setiap pejuang rakyat kota Surabaya memiliki semangat yang membara. Hal ini dikarenakan sesosok Bung Tomo yang membakar semangat rakyat Surabaya di dalam pidatonya.

Saat itu dengan gagah berani Bung Tomo menyampaikan pidato kepada rakyat Surabaya sehingga membakar semua semangat juang yang mereka punya walau sampai titik darah penghabisan.

Pertempuran Surabaya terjadi hingga 3 minggu dan pada akhirnya kemenangan jatuh pada pihak sekutu. Walaupun kota Surabaya berada di tangan sekutu namun perlawanan rakyat Surabaya ketika itu benar benar menginspirasi seluruh masyarakat Indonesia. Dan pada tanggal 10 november yang dikenang sebagai hari pahlawan indinesia.

Contoh Teks Narasi Sugestif
  • Liburan
teks narasi sugestif

newstoday.id

Bagiku, hari libur bukanlah hari untuk bersantai dan beristirahat. Berbeda dengan remaja pada umunya yang berlibur dengan kawan-kawanya pada saat liburan. Diriku yang harus bekerja untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dan membiayai adik-adik saya untuk bersekolah.

Sehingga waktu waktu bersekolah tiba dan menjalani pelajaran dengan penuh semangat agar sukses di masadepan.

  • Pemuda
teks narasi

Prasstyle.com

Di pagi buta sebelum sang mentari memancarkan sinarnya dari ujung timur. Terdapat seorang pemuda yang telah melangkahkan kakinya untuk berjalan di muka bumi untuk menyambut kehidupan yang harus ia jalani. Dengan jaket tebal yang ia kenakan ia menuju tempat keramaian di pagi hari yang baiasa di sebut dengan pasar rakyat.

Dengan mengguanakan motor dan rombongyang ia buat sendiri menggunakan keterampilan yang ia miliki. Sebelum tibanya di pasar ia menemui seorang pria tua di sebuah jalan sepi. Kondisi kakek ini tidak berdaya di karenakan di kekang oleh para preman yang bringas dan tidak memeiliki hati.

Dengan kebraniannya ia spontan berhenti dan mencoba menolong kakek teersebut dari jarahan para penjahat. Bermodalkan ilmu bela diri tangan kososon yang ia pelajari ia berhasil mengalah kan para preman tersebut dengansingkat.

Setelah mengalahkan preman tersebut pemuda ini langsung mengantarkan kakek tersebut menuju keiamanya yang lumayan jauh. Setelah kejadian tesebuat ia kehilangan satu pagi untuk berdagang sayur keliling.

Contoh Teks Narasi Singkat

  • Novel laskar pelangi

Novel laskar pelangi mengisahkan seputar perjuangan seorang anak desa yang ingin bersekolah. Menunjukan kisah inspiratif bagi pembacanya yang kemudian memberi semangat dan motivasi untuk betapa pentingya menuntut ilmu untuk masa depan.

Note : Salah satu jenis paragraf narasi pada keterangan diatas termasuk sugesti dimana menyampaikan cerita seoarang anak yang bersemangat untuk bersekolah pada novel terpopulernya yaitu laskar pelangi.

  • Kejutan Ulang Tahun

Hari ini adalah hari yang tidak bakalan aku lupakan untuk Istri tercinta, lantaran ia sudah memperoleh surprise dari para sahabatnya di kantor. Sebelumnya ia curiga mendapat tingkah laku para temannya yang aneh sekali. Benar saja, sesudah pulang dari kantor, teman teman Istiku memberi sebuah kejutan kue ulang tahun serta hadiah kado ulang tahun.

Note:  Mengisahkan tentang sorang istri yang memperoleh kejutan ulang tahun dari teman temannya. Akan tetapi sebelum itu ia telah menduga lantaran sikap temannya yang amat mencurigakan.

  • Kisah Dua Bocah

Di suatu hutan yang belantara, tinggal dua anak kembar yang sudah tidak memilki oarangtua. Kedua anak kembar tersebut bernama Andofi dan Anjofi. Keduanya bertempat tinggal di satu buah gubuk reot dan kegiatan sehari-hari mereka ada berburu binatang untuk makanan sehari-hari. Sesudah beberapa waktu kemudian, kedua anak tersebut berjumpa dengan saudagar yang kaya sekali yang lagi melakukan perburuan di hutan.

Andofi dan Anjofi pada akhirnya di ambil dan dibawa saudagar tersebut menuju rumahnya dan diangkat sebagai anak angkat.

Note : Permasalan diatas adalah kisah tentang dua orang anak kembar yang tinggal di tengah hutan, ketika mereka sedang melakukan perburuan di hutan, secara kebetulan berjumpa dengan saudagar kaya raya yang sedang berburu. Pada akhirnya saudagar tersebut membawa Andofi dan Anjofi dan dijadikan sebagai anak angkat.

  • Pencari kayu bakar

Di pagi hari yang masih cerah, Dina keluar rumah untuk mencari kayu bakar di hutan belakang rumahnya. Dina tak sendirian sebab pergi ditemani dengan kakeknya yang di sayanginya. Tak di sadari ia menjauh dari kakeknya dan tersesat di hutan yang amat lebat. Terdengar berbagai suara binatang yang mengerikan dan iapun ketakutan lantaran hal tersebut merupakan pengalaman pertamanya datang ke hutan untuk mencari kayu bakar.

Note: Pada kisah diatas memberitahukan kepada kita bahwa Dina yang baru memiliki pengalaman pertama kali pergi ke hutan untuk mencari kayu bakar ditemani dengan kakeknya. Dina takut lantaran mendengar suara suara hewan yang mengrikan di hutan.

  • Pergi Ke Pasar

Tomi menuju pasar dengan sepeda ontelnya tua yang ia miliki, setelah sampainya di pasar ia membeli berbagai keperluan hidup dengan ditemani teman baiknya. Setelah berbagai barang telah dibeli, ia kembali mengayuh kembali sepeda ontelnya dan secepatnya menuju ke rumahnya yang tidak jauh dari pasar.

Catatan: Contoh di atas adalah kejadian Tomi yang berangkat ke pasar untuk membeli keperluan hidup lalu pulang. Tiga peristiwa beruntut menuntut, maka membentuk sebuah kronologi.

  • Sekolah

Di sekolahku, terdapat bermacam-macam tanaman bunga, misalnya mawar merah dan mawar putih. Semua taman-taman kelas pula dihiasi dengan bunga yang beragam. Demikian juga kelas kami, kelas yang kami gunakan sebagai tempat belajar dihiasi dengancorak warna dan ukiran-ukiran tangan para murid yang menghiasi mading kelas tampak begitu artistik.

Di Sekolah kami juga sangatmenjaga kebersihan dan penataannya rapi. Tidak ada sampah yang bergeletakan sembarangan karena di masing-masing kelas terdapat tempat sampah.

  • Mudik Lebaran

Tidak  terasa, bulan puasa telah mendekati akhir dan para pejuang perantauan mulai memenuhi stasiun, terminal, bandara dan pelabuhan. Begitu pula dengan diriku yang telah lama merantau di kota Depok. Esok hari diriku akan berangkat ke jawa timur yaitu kampung halamanku.

Tempat yang pertama kudatangi adalah simpang Depok. Kali ini aku mudik dengan menggunakan bus. Karena selain murah,bus juga cukup nyaman untuk melakukan  perjalanan jauh. Setelah dua jam aku menunggu, akhirnya bus yang ku tunggu datang juga. Melewati lika-liku tol yang membentang demikian panjangnya dari ujung barat pulau jawa hingga ujung timur.

Setelah melewati berbagai kota dan privinsi dalam waktu yang cukup lama dan singgah di berbagai tempat akhirnya saya tiba di jawa timur. Setibanya saya di kota magetan saya menunggu jemputan dari keluarga di terminal maospati.

Saya tiba di kota magetan sekitar pukul 5 : 30, dan setelah jemputan dari keluarga saya datang saya langsung menuju rumah dan beristirahan sambil melepas rindu.

Nah demikin tadi adalah contoh paragraf narasi yang di dalamnya berupa kejadian asli atau cerita fiksi yang mengandung unsur alur tokoh dan latar sehingga membawa pembaca pada laur bacaan yang sedang ia baca. Semoga bermanfaat sekian dan terimakasih….contoh paragraf narasi


figur prasojo

life is journey, Santri, Desainer and Traveler

0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: