Bunga Vinca

Published by figur prasojo on

Bunga vinca merupakan bunga yang banyak di cari untuk di jadikan hiasan pada taman rumah. Bunga ini juga bisa di gunakan sebagai tanaman gantung yang dapat mengisi ruang kosong pada bagian depan rumah anda agar terlihat natural.

Dalam penanamannya pun harus dengan cara yang benar agar bisa mendapatkan hasil yang maksimal. Bunga vinca banyak di gemari karena memiliki warna yang beragam dan jika di padukan akan membuat perpaduan yang sangat seimbang.

Karakteristik Tanaman Bunga Vinca

cara merawat bunga vinca, bunga vinca adalah

Sumber : pixabay.com

Bunga Vinca memiliki nama latin catharanthus roseus, yang merupakan salah satu jenis bunga yang dari madagaskar. Vinca roses atau Bunga tapak dara ini termasuk dalam genus catharanthus dan keluarga Apocynaceae.

Tumbuhan ini tahan terhadap panas, dan dapat tumbuh dengan baik pada jenis tanah baik itu dataran kering sampai yang berpasir dan berbatu. Karakteristik dari bunga ini sendiri memiliki banyak warna yang beragam dan biasanya yang paling di cari adalah bunga vinca ungu.

Tumbuhan ini juga tangguh terhadap serangan penyakit dan dapat di jadikan obat untuk beberapa penyakit. Selain indah bunga ini juga kaya akan manfaat,, nah bagaimana sudah tertarik.

Tips Dekorasi

Cara menanam bunga vinca, bunga vinca juntai, bunga vinca gantung

Sumber : www.freepik.com

Kamu dapat menanam bunga ini pada bagian sudut kosong pada kebun kamu sebagai penghias lahan agar terlihat lebig cerah. Atau juga bisa kamu letakan pada sebuah pot gantung sesua desain kamu, dan letakan pada antara tiang ketiang untuk mengisi ruang kososng.

Perawatan bunga ini juga tergolong mudah, adapaun peletakan tanaman tapak dara ini dapat terlihat lebih indah diletakkan dalam kotak jendela ataupun dalam pot bunga.

Tanaman vinca ini cocok untuk pilihan ketika musim dingin datang. Yang menambah nilai plus pada tanaman ini adalah memiliki kebiasaan unik, yaitu pertumbuhannya yang serempak dan angat kompak.

 

Jenis Jenis Bunga Vinca

Bunga vinca memiliki nama atau sebutan yang berbeda beda di setiap daerah. Nah kamu bisa membedakan beberapa jenis bunga Vinca yang tersedia di tempat penjualan tanaman. Baik yang dijual secara offline di toko bunga maupun dengan cara beli online. Jenis-jenis Vinca ini mungkin akan mudah untuk kamu kenali, karena setiap jenis bunga vinca memiliki bentuk kelopak bunga, warna dan struktur daun yang berbeda-beda.

Nah kamu akan menemukan 4 jenis bunga Vinca yang bisa tumbuh dengan baik di berbagai media tanam. Tentunya mudah ditemukan di Indonesia karena telah dibudidaya oleh para ahli florist profesional. berikut ringkasan mengenai macam macam vinca :

  • Vinca Minor

vinca Minor

Bunga Vinca Minor atau Little Periwinkle adalah jenis tanaman bunga dan termasuk keluarga dogbane. Tanaman Vinca kerdil ini berasal dari daerah Eropa seperti Prancis, Portugal, Belanda, Baltik, Kaukasus dan Turki. Dan tentunya pada setiap negara memiliki sebutan yang berbeda-beda untuk tanaman ini.

Vinca Minor mampu menyebar meluas dengan baik di tanah dan membentuk hamparan padang hijau. Ciri dari bunga ini memiliki warna daun yang cukup pekat dan mengkilat kemudian bertekstur kasar dengan margin bulu yang rapat.

Spesies Vinca Minor memang memiliki hubungan erat dengan Vinca Major. Perbedaanya dengan vinca major, vinca minor memiliki margin bulu yang lebih rapat. Sehingga Vinca Minor seperti adik dari Vinca Major.

Vinca Major pada negara asalnya sering dijadikan sebagai tumbuhan penutup tanah di kawasan beriklim sedang. Kemudian akan berbunga pada musim semi hingga menjelang musim panas.. fakta unik mengenai bunga ini di Amerika Serikat bagian selatan, tanaman satu ini sering dijadikan sebagai tanaman yang diletakkan pada area kuburan.

  • Vinca Major

Vinca major

Bunga Vinca Major atau  Bigleaf Periwinkle  adalah jenis tanaman bunga dan termasuk keluarga Apocynaceae. Tanaman Vinca Besar ini berasal dari kawasan bagian barat Mediterania. Bunga ini memiliki tinggi sekitar 25 cm atau tepatnya 10 inchi dan mampu menyebar tanpa batas. Sehingga kamu harus sering mengawasi tanaman ini agar tidak tumbuh melewati batas tanam yang kamu inginkan.

Sama halnya dengan Vinca Minor, Vinca Major juga digunakan sebagai tumbuhan penutup tanah. Sehingga bunga ini banyak dibudidayakan secara luas oleh para ahli gardening.

Ciri Vinca Major memiliki daun berwarna hijau namun cenderung lebih gelap. Selain itu memiliki struktur daun yang hampir sama dengan vinca minor, hanya saja dibedakan dalam ukurannya yang lebih besar dari daun Vinca Minor.

Dan satu hal lagi vinca major memiliki tekstur daun yang kasar namun mengkilap dan setiap tangkai daun dilengkapi bulu dengan margin lebih renggang. Bunga Vinca Major tergolong hermafrodit, solter dan aksila dengan diameter sampai 5cm. Serta memiliki mahkota berlubang dan kelopak bunga ungu dengan gradasi putih tepat pada bagian tengah.

  • Vinca Difformis

Vinca difformis

Sumber Wikipedia

Bunga Vinca Difformis atau Middle Periwinkle adalah spesies tanaman bunga dan termasuk keluarga Apocynaceae. Tanaman Vinca Difformis ini berasal dari kawasan Eropa barat seperti Italia, Prancis dan Sardinia.

Vinca Difformis masih dalam rangkaian saudara dengan Vinca Major dan Vinca Minor. Yang menjadi pembeda hanya pada ukuran dan jenis bunga yang dihasilkan. Vinca Difformis memiliki ukuran “sedang” yaitu tak sekecil Vinca Minor dan tak sebesar Bunga Vinca Major. Walaupun terlihat memiliki bunga berwarna putih namun terdapat aksen kebiru-biruan yang khas.

Vinca Difformis memiliki tinggi batang hingga setengah meter dengan lebar rambat hingga 1 meter saja. Dengan demikian kurang cocok digunakan sebagai tanaman penutup tanah karena ketinggian tanamandan lebar rambatannya yang tidak terlalu luas. Tanaman Vinca ini biasa berbunga di akhir musim dingin hingga munculnya musim semi. Sehingga kamu akan memperoleh bunga putih dengan kombinasi daun yang pekat.

  • Vinca Herbacea

Vinca Herbacea

Sumber : Shutterstock

Bunga Vinca Herbaceae adalah jenis tanaman rambat dengan bunga dan termasuk dalam keluarga Apocynaceae. Tanaman vinca ini memiliki kawasan penyebaran mulai dari Eropa tenggara dan timur, Austria hingga ke Yunani selatan sampai Crimea, Asia barat dan pegunungan Kaukasus.

Tanaman ini termasuk ke dalam tanaman herbal loh dan dapat hidup abadi karena memiliki kemampuan merambat dengan akar yang kuat. Mampu menyebar pada permukaan tanah dan memiliki tinggi hingga 20 cm atau 8 inci. Bunga vinca ini memiliki struktur pohon yang pendek dengan warna daun hijau mengkilap dan bunga Vinca Herbaceae biasanya mekar pada saat berakhirnya musim panas.

Karakter bunga ini diperkuat dengan warna bunganya yang unik, terdiri dari perpaduan warna biru dan ungu dengan perpaduan warna putih polos. Seperti halnya bunga Vinca yang lain, jenis herbaceae juga memiliki 5 kelopak bunga dengan lubang pada bagian tengah. Jenis bunga Vinca satu ini sering dijadikan sebagai tanaman hias gantung dan tumbuh dengan baik pada iklim sedang dengan tekstur tanah yang berbatu.

Cara Penanaman & Perawatan Bunga Vinca Gantung

bunga vinca, macam macam bunga vinca, Tanaman hias gantung, bunga vinca,cara merawat bunga vinca, bunga vinca adalah

Sumber : www.freepik.com

Berikut adalah cara efektif yang bisa kamu lakukan untuk menanam tanaman vinca gantung salah satunya adalah dengan menyemai biji atau benih tanaman bunga vinca. Kamu juga bisa menanam bunga vinca dengan cara yang lebih cepat dan mudah seperti dengan cara stek batang.

Sebelum anda memulai menanam bunga vinca gantung, sebaiknya kamu mempersiapkan dahulu jenis Bunga vinca yang memiliki warna sesuai dengan selera kamu.

Setelah itu anda bisa mempersiapkan media penyemaian terlebih dahulu apabila ingin menanamnya dengan menggunakan bijinya, hal ini tentu bisa memberikan anda kualitas tumbuhan yang lebih unggul dan tahan lama.

Berikut adalah langkah langkahnya :

  • Persiapkan tempat tanam dengan di sertai tanah
  • Persiapkan pupuk kompos
  • Persiapkan tempat penyemaian
  • Persiapkan botol bekas air mineral
  • Perhatikan untuk memberikan lubang pada media semai sudah diberi lubang supaya air bisa mengalir keluar
  • Ada baiknya untuk membungukus dan memberikan fura dan 3GR untuk mengantisipasi serangga atau hama yang bisa menghambat proses persemaian.
  • Rendam biji vinca dengan air hangat
  • Beri waktu sekitar 2 jam setelah direndam atau langsung untuk menanamnya
  • Siapkan wadah untuk bisa menampung media semai sekitar ¾ bagiannya
  • Tempatkan biji vinca dalam media semai dengan kedalaman kira-kira sekitar 0,5 cm
  • Pastikan jumlah biji tidak terlalu melebihi media semai
  • Timbun dengan tanah
  • Penyiraman menggunakan sprayer agar tidak merusak penyemain
  • Tutup media semai dengan plastik hal ini sifatnya opsional.
  • Tunggu sekitar 7 hari agar bertumbuh
  • Apabila sudah terlihat tumbuh, lepas tutup plastik apabila biji vinca ditutupi
  • Pastikan untuk terus memperhatikan jumlah dari tanaman bunga vinca muda
  • Apabila jumlah daunnya sudah mencapai 4 daun kamu dapat memindahkannya ke tempat yang lebih besar.
  • Setelah dipindahkan, maka lanjutkan dengan pemberian pupuk
  • Lakukan pemangkasan untuk bisa memperindah dan membuat bunga vinca gantung lebih baik.

Melakukan Proses Pitching dan Pruning

Cara merawat bunga Vinca

Sumber : pixabay.com

Untuk bisa membuat bunga vinca gantung yang lebih indah, maka ada baiknya kamu melakukan sebuah proses yang sangat membantu memperindah bunga vinca gantung.

Berikut adalah proses pitching dan pruning yang bisa kamu lakukan :

  • Kamu harus memperhatikan jumlah daun sudah mencapai 6 buah daun
  • Apabila sudah mencapai jumlah tersebut kamu bisa membuang setidaknya 2 bagian daun yang paling atas
  • Kemudian biarkan kembali tumbuh 2 cabang pada tanaman tersebut
  • Lanjutkan lagi dengan memotong 2 daun agar bisa merangsang lebih banyak pertumbuhan
  • Apabila tanaman sudah terlihat dewasa lakukan proses pemangkasan dengan teratur
  • Apabila cara ini sukses maka tanaman vinca bisa kompak dan sejajar

Perawatan Dengan Memupuk

bunga vinca campuran, bunga vinca ungu, bunga vinca juntai, merawat bunga vinca

Sumber : www.freepik.com

Jika kamu menginginkan sebuah hasil yang lebih maksimal, maka anda bisa melakukan perawatan dengan memberinya pupuk. Hal ini sangat penting guna bisa membuat pertumbuhan daun dari tanaman vinca gantung bisa lebih banyak.

Berikut adalah cara pemukukanya :

  • Gunakan sebuah pupuk jenis NPK atau jenis pupuk yang memiliki sebuah kandungan nitrogen yang tinggi
  • Berikan dosis sekitar 1 sendok teh pada setiap pot tanaman , dengan catatan berdiameter sekitar 15 cm
  • Anda bisa memperhatikan kemunculan bunga sekitar 6 minggu, apabila terlalu banyak cabang sebaiknya untuk di potong.
  • Setelah 3 bulan pupuk yang sebelumnya di ganti dengan jenis P tinggi ditambah Ca contohnya adalah seperti pada jenis NPK.
  • Lakukan pemberian pupuk dengan cara penyemprotan sampai bunga vinca gantung berbunga banyak.

 

Nah demikian tadi adalah beberapa cara untuk menanam dan merawat bunga Vinca, semoga bermanfaat sekian dan terimakasih….  🙂

Categories: FloraHobi

figur prasojo

life is journey, Santri, Desainer and Traveler

0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: