Ikan Guppy Termahal

Published by figur prasojo on

Ikan guppy termahal dan bahkan sampai menembus jutaan rupiah  tentu sudah tidak asing lagi bagi para pecinta ikan. Namun bagi kamu yang ingintau atau baru memulai sebuah hobi baru maka maka kita akan perkenalkan terlebih dahulu tentang ikan guppy ini.

Disini kita akan membahas tentang klasifikasi ikan guppy, habitat, makanan sampai ikan guppy termahal di dunia. Ikan guppy termasuk ikan yang memiliki spesies yang sangat banyak dan sudah tersebar kepenjuru dunia.

Ikan ini banyak di minati karena warnanya yang indah dan ukuran tubuhnya tidak terlalu besar sehingga tidak memperlukan tempat yang besar. Dan tidak heran lago kalau ikan guppy ini memiliki harga tinggi.

 

Morfologi dan Klasifikasi Ikan Guppy

Ikan guppy adalah jenis ikan hias yang sangat populer dan banyak digemari masyarakat, ikan ini pertama kali  ditemukan pada tahun 1859 di Venezuela, Guyana dan juga di kepulauan Karibi.  Ikan ini memiliki bentuk yang indah dan menarik yang dilengkapi dengan warna yang sangat beragam dan bervariasi.

Ikan ini termasuk kedalam ordo cyprinododontiformes dengan famili Poeciliidae. Namun, bersadarkan taksonomi ikan ini  masuk dalam klasifikasikan dan morfologi sebagai berikut :

 

Klasifikasi ikan guppy

Kingdom : Animalia

Filum : Chordata

Kelas : Actinopterygii

Ordo : Cyprinodontiformes

Famili  : Poeciliidae

Genus : Poecilia

Spesies : Poecilia reticulata

 

ikan hias aquascape

Sumber: youtube.com

Ikan guppy adalah salah satu ikan hias yang memiliki ukuran relatif lebih kecil dibandingkan ikan hias jenis lainnya. Ikan jantan pada umumnya memiliki panjang mencapai 2 sampai 3 Cm, sedangkan betina mampu mencapai 4 sampai 6 Cm dan jauh lebih besar di bandingkan dengan ikan jantan.

Ikan guppy menjadi mahal dan banyak di minati karena memiliki warna yang sangat beragam dan juga bervariasi seperti merah, kebiruan, kekuningan dan juga silver serta kombinasi lainnya. Ikan ini dapat berkembang biak dengan baik sekitar 21-20 hari dan tergantung dengan suhu air yang digunakan.

Setiap indukan ikan guppy bisa menghasilkan 80-100 benih atau anakan ikan guppy setiap bertelur. Namun anakan ikan guppy memperlukan perawatan kusus terutama pada suhu air karana sangat rentan terhadap kematian.

Catatan :

Dalam budidaya ikan guppy sebaiknya harus memerhatikan kondisi suhu air maupun lingkungan dengan normal berkisar 270 Celcius untuk mendapatkan hasil yang jauh lebih maksimal. Dalam pembenihan, sebaiknya peternak harus melakukan pemisahan di kolam atau akuarium tertentu, untuk mempermudahkan proses pemijahan pada ikan guppy tersebut.

Makanan Guppy

Ikan guppy lebih menyukai plankton dan bahan organik oleh karena itu ikan ini termasuk kedalam golongan herbivora. Namun dalam pemeliharaan di akuarium, ikan guppy bisa diberikan pellet khusus atau pakan yang biasa di berikan dua kali dalam satu hari, pagi dan sore.

Selain makanan yang telah disebutkan tadi, biasanya para pembudidaya memberikan pakan seperti kutu air, cacing sutra atau artemia. Pemberian pakan alami akan membuat warna ikan ini semakin lebih baik.

 

Ikan Guppy Termahal

Ikan guppy memang memiliki harga yang tidak biasa di pasaran karena bentuk dan warnanya. Ikan guppy termahal bahkan bisa mencapai harga 80 $ , namun harga ini tentunya setara dengan kecantikan ikan guppy ini. Nah berikut ini adalah daftar ikan guppy termahal yang mungkin ingin anda beli.

Guppy Green Red Dragon

ikan guppy terindah

sumber:JualGuppy.com

Jenis ikan yang satu ini memiliki bentuk ekor yang melebar kearah samping dan mashur di sebut ekor delta. Perlu kamu ketahui, jenis yang satu ini mempunyai harga yang sangat lumayan mahal dan berkisar antara Rp 1 Juta keatas.

Karena keunikan dan keindahan warna yang dimiliki ikan ini, para pecinta ikan hias rela merogoh kocek untuk membeli ikan hias yang mahal ini. Ikan ini merupakan primadona dalam jenis ikan ikan guppy lannya di Indonesia karena termasuk ikan yang berkelas.

Guppy Young Pai Champion Purple

ikan guppy terindah

Sumber: livefins.com

Ikan guppy termahal selanjutnya adalah ikan Guppy Young Pai Champion Purple. Ikan ini dapat mencapai harga sekitar 80 $ ,  ini merupakan harga yang luarbisa bagi ikan simungil ini. Salah satu yang membuatnya menarik adalah warna mix dari ungu, biru dan hitam pada tubuhnya.

Guppy Red Blonde

ikan guppy

Sumber: wetwebmedia.com

Harga ikan guppy termahal selanjutnya adalah 77$ untuk jenis Red blonde. Ikan guppy red blonde memiliki warna oranye pada tubuhnya dan ekor yang melebar panjang.

Swordtail Guppy

sword tail, ikan guppy termahal di dunia

Sumber: guppydreams.wordpress.com

Ikan guppy sword tail dapat di bandrol dengan harga 50 $. Ciri unik dari ikan ini adalah mempunyai ekor yang berbentuk seperti pedang dan sangat berbeda dengan guppy lainnya.

Guppy Platinum Half Moon Dragon

ikan guppy termahal

Sumber: jualguppy.com

Ikan guppy termahal yang terakhir adalah ikan guppy halfmoon dragon, ikan ini memiliki ciri warna hitam dan warna cerah yang berpadu elok pada bagian tubuh. Ikan yang satu ini dapat dibandrol dengan harga 55 $ saja.

Nah itu tadi adalah beberapa ikan guppy yang memiliki harga yang lumayan mahal. Akan tetapi bagi penggemar atau para pecinta ikan tentunya rela merogoh kocek lebih dalam untuk mendapatkan ikan hias yang satu ini.

Jenis Ikan Guppy Lokal

Di Indonesia sendiri adalah termasuk penghasil jenis ikan guppy yang sangat beragam. Maupun dari bentuk tubuhnya maupun dari sudut warnanya yang indah. Brrikut adalah beberapa ikan guppy likal yang wajib jkamu jetahui.

Guppy Magenta

ikan guppy murah

sumber:YouTube.com

Harga dari ikan guppy ini berkisar Rp 25 ribu er ekornya. Ciri dari jenis ikan ini memiliki warna dasar pink sehingga membuat unik dan lucu. Ikan ini termasuk kedalam deretan jenis lokal & banyak dikalangan pecinta ikan hias yang memelihara guppy magenta ini.

Guppy Pastel

ikan guppy lokal

Sumber: Pinterest

Ciri yang terdapat pada jenis guppy yang satu ini ialah memiliki warna putih dan dengan ekor yang sangat panjang. Warna tubuh yang dominan dengan warna hitam menjadi ciri unik dari guppy pastel. Dari harganya, ikan ini mempunyai bandrol Rp 15 ribu saja per ekornya.

Guppy Dragon Big Ear

ikan guppy lokal

sumber:JualGuppy.com

Ikan guppy jenis yang satu ini memiliki bentuk sirip dada yang lebar dan besar. Selain sirip dada, pada bentuk ekornya juga besar dibandingkan ikan guppy lainnya. Dari harganya, dragon big ear dapat dibandrol dengan harga Rp 8 ribu per ekornya.

Guppy Yellow Cobra

ikan keren

sumber:YouTube

Ciri unik dari ikan ini adalah mempunyai corak bintik hitam pada tubuh bagian tengah sampai ekor. Harga dari jenis ikan ini adalah Rp 7 ribu sampai 15 ribu rupiah saja per ekornya. Ikan guppy jenis ini memiliki warna yang dominan kuning disekujur tubuhnya.

Guppy Neon

ikan hias air tawar

Sumber: flickr.com

Ikan guppy neon memiliki sirip ekor yang cantik dengan pola yang unik pada tubunya dan memiliki warna kuning terang yang menyelimuti badanya. Ikan ini berkisar Rp 20-30 ribu untuk per ekornya.

 

Nah demikian tadi mengenai beberapa ikan guppy dari jenis ikan guppy sampai yang ikan guppy termahal. Semoga bermanfaat…..


figur prasojo

life is journey, Santri, Desainer and Traveler

1 Comment

ikan · 8 July 2019 at 2:51 pm

Keren bang makasih infonya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: